10 Sample Model Minimalist: Shape and Style

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Bernard Spragg. NZ

Beberapa tahun belakangan ini, semua serba minimalis, mulai desain foto, model pakaian, hingga model rumah yang akan saya bahas dalam artikel ini. Menjamurnya tren minimalis selama beberapa tahun belakangan menggerakkan saya untuk menulis artikel tentang 10 contoh model rumah minimalis ini dengan penerapannya yang unik dan berbeda-beda. Berikut adalah contoh-contohnya, masing-masing dibagi atas bentuk rumah dan gaya rumah:

1. Bentuk Rumah Sederhana Tetapi Mewah


Source: GregoryButler

Ini dia “bintang”-nya model rumah minimalis secara bentuk. Minimalis yang paling klasik namun juga paling menarik pandangan ini dapat dikatakan sebagai salah satu model rumah minimalis yang paling banyak dipesan. Modifikasinya yang dapat melebar serta memuat berbagai fasilitas tambahan seperti taman atau kolam renang dalam jumlah petak yang masuk akal juga menarik banyak orang untuk memburu desainnya.

2. Bentuk Rumah Sederhana Saja


Source: paulbr75

Model bentuk rumah yang paling tradisional ini juga dapat menjadi ide untuk merombaknya jadi makin kekinian, yakni secara minimalis. Agar kesan minimalis makin terasa, rumah yang biasanya dirancang maksimal 2 lantai ini dapat dirancang memanjang ke belakang, sehingga dapat memuat barang-barang yang dibutuhkan. Beberapa tempat menyediakan tempat parkir dengan warna yang menyatu dengan warna rumah, sehingga kesan minimalis juga makin kuat.

3. Bentuk Rumah Serba Kotak


Source: MichaelGaida

Mungkin ini adalah bentuk rumah minimalis yang paling unik dan lain dari pada yang lain. Bentuk model rumah minimalis satu ini memang jarang dijumpai di Indonesia, namun, itulah yang menjadikannya salah satu ide bagus untuk pengembangan bentuk model rumah minimalis di Indonesia selanjutnya. Lagipula, model rumah serba kotak ini merupakan model rumah yang efisien untuk menyimpan barang-barang kebutuhan rumah tangga di dalamnya, di mana ini sangat cocok untuk negara dengan jumlah penduduk usia produktif yang banyak seperti Indonesia.

4. Bentuk Rumah Kontemporer


Source: Wonderlane

Terkadang kita menjumpai beberapa rumah yang bentuknya keluar dari model-model pada umumnya, yakni kotak, persegi panjang, atau segitiga. Saya pikir, beberapa rumah dengan desain yang “berani” ini patut dijadikan salah satu contoh inspirasi model rumah minimalis. Selain membuat penampilan rumah terkesan lebih menonjol, Anda juga akan mendapat keuntungan dari fondasinya yang kokoh.

5. Bentuk Rumah “Alam Terbuka”


Source: Unsplash

Maksud yang ingin saya sampaikan adalah begitu menyatunya rumah ini dengan pemandangan alam, maka saya sebut sebagai bentuk model rumah “alam terbuka”. Bukan rumah-rumah yang dibatasi oleh gorden besar atau sekat-sekat lainnya yang sejenis, model rumah ini sungguh-sungguh menyatu dengan kehidupan alam luar yang kaya oksigen. Bahkan, interior rumah pun seringkali dibuat dari kayu, yang memberi kesan “minimalis yang ramah lingkungan”.

6. Gaya Rumah “Amerika”


Source: Ken Ratcliff

Mengapa saya beri tanda kutip? Sebab, gaya rumah ini memang terinspirasi dari Amerika, namun kenyataannya secara lokasi tetap dapat diterapkan di Indonesia. Soal gaya rumah, mungkin gaya rumah Amerika ini yang paling trending. Gaya rumah 2 lantai satu ini berkesan tidak terlalu lebar, tetapi juga cukup tinggi untuk memuat seluruh anggota keluarga. Selain itu, halaman teras luas, namun tidak terlalu banyak ditumbuhi tanaman. Gaya rumah ini biasanya memiliki warna putih minimal 60% dari keseluruhan model rumah minimalisnya.

7. Gaya Rumah “Eropa”


Source: floatypoe

Sama dengan gaya rumah “Amerika”, gaya rumah minimalis Eropa ini juga saya beri tanda kutip karena inspirasi yang datang dari Eropa. Menjamurnya pengguna fashion vintage selama beberapa tahun ini berbanding lurus dengan permintaan konsumen terhadap desain rumah minimalis gaya Eropa yang sangat mendukung pengguna fashion vintage. Kombinasi desain garis-garis dengan lingkaran, serta kesan bangunan yang simple namun antik, membuat model rumah minimalis gaya Eropa menjadi salah satu favorit.

8. Gaya Rumah “Korea”

Berbeda dengan gaya rumah dengan “tanda kutip” sebelumnya, inspirasi dari gaya rumah satu ini cukup unik. Terinspirasi dari drama Korea yang sudah mewabah hingga ke Indonesia, gaya rumah minimalis a la “Korea” ini lebih dahulu populer di beberapa tempat CBD di Indonesia. Gaya rumah minimalis “Korea” ini biasanya merupakan gabungan antara bentuk rumah kontemporer dengan serba kotak. Yang paling menonjol dari desain ini adalah jendelanya yang berukuran besar dan terbuka, sehingga mendapat ekspos cahaya lebih dari luar.

9. Gaya Rumah Lokal: Daerah Tropis

Seperti namanya, gaya rumah model minimalis ini cocok diterapkan pada negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. Bukan hanya kemampuannya untuk menghijaukan lingkungan sekitar, tetapi juga kekokohannya yang kerap kali mengalahkan bentuk “alam terbuka” pada poin sebelumnya. Hal ini dikarenakan gaya rumah model ini dibangun di atas fondasi batu yang kokoh dan tahan banjir.

10. Gaya Rumah Lokal: Daerah Pedesaan


Source: lumix2004

Apapun bentuknya, ciri khas model rumah minimalis gaya pedesaan adalah berukuran kecil. Pada model minimalis gaya satu ini, ukuran kecil tidak lagi hanya sekedar mengefisienkan letak barang rumah tangga, namun juga menjanjikan inklusivitas antar anggota keluarga. Karena model dengan gaya ini biasanya tidak ada space untuk penyimpanan, semua harus keluar untuk memantau jemuran ataupun menimba air. Kegiatan inilah yang menciptakan kerukunan antar warga.

Uraian di atas menggambarkan 10 contoh bentuk dan gaya model rumah minimalis, di mana antar bentuk dan gaya ini ada yang berhubungan dan ada yang tidak. Bagaimanapun juga, baik bentuk maupun gaya perlu dipertimbangkan saat ingin mendesain rumah baru Anda, di samping juga mempertimbangkan keadaan lingkungan sekitar.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Home, Lifestyle