10 Dekorasi Kelas Unik Yang Bisa Jadi Inspirasimu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

back-to-schoolSource: Mimzy

Kelas dimana kita belajar atau mengajar pastinya harus bisa membuatmu lebih semangat dan merasa nyaman. Dekorasi kelas yang unik juga bisa menjadi salah satu pemicu agar murid atau guru tidak mudah bosan berada di kelas. Nah, untuk mendapatkan kelas yang nyaman dan membuatmu lebih semangat, tidak ada salahnya untuk mendekorasi ruangan kelas dengan sedikit sentuhan unik dan beda dari yang lain. Jika kamu butuh inspirasi, sepuluh dekorasi kelas unik ini bisa kamu tiru. Simak terus ulasannya!

1. Warna-warni Dinding

Dinding kelas bisa jadi satu objek yang kamu kreasikan dan biasanya dinding menjadi media utama untuk meletakkan berbagai macam peralatan di dalam kelas seperti papan tulis, frame foto atau lainnya. Supaya kelasmu lebih unik, cobalah menghiasnya dengan mengecatnya dengan warna-warni cerah atau berikan aksen tertentu pada dinding jika tidak ingin mengubah cat dasarnya misalnya dengan memberikan wallpaper atau memasang kertas beraneka warna. Kamu juga bisa menjadikan dinding sebagai tempat meletakkan hasil karyamu atau yang dikenal dengan majalah dinding.

2. Dekorasi Pintu

Kelas yang unik tentu punya pintu yang beda dari yang lain. Cobalah untuk mendekorasi pintu semenarik mungkin dengan mengecatnya atau menghiasnya dengan berbagai ornamen. Berikan juga tulisan yang terbuat dari kertas atau stiker pada pintu agar murid atau guru yang lain akan tersenyum saat mulai memasuki kelas. Kamu juga bisa menghias pintu kelas sesuai dengan tema kelas itu sendiri misalnya ruang seni, ruang sains atau sesuai tema ruangan.

3. Hiasan Papan Tulis

Papan tulis juga bisa jadi dekorasi kelas yang menarik lho, Guys! Kamu bisa menghias sisi-sisi papan tulis dengan menggunakan cat warna-warni atau dengan menggunakan kertas wallpaper yang unik. Selain itu hiasan papan tulis juga bisa dibuat dari stiker yang ditempelkan pada setiap sudut papan tulis atau sisi-sisinya. Berikan juga tulisan yang bisa memotivasi murid agar lebih giat belajar.

4. Dekorasi Meja

Murid dan guru menghabiskan sebagian waktu belajar dikelas dengan duduk diatas kursi dan diam pada meja mereka masing-masing. Agar kelas terlihat lebih hidup kamu bisa mengajak murid-murid untuk menghias meja mereka masing-masing tentunya dengan tema yang sama dan tidak berlebihan. Misalnya dengan meletakkan sebuah whiteboard yang terpasangan pada meja agar murid bisa bermain dan mencoret-coret meja tanpa mengotorinya.  Bentuk meja juga bisa divariasikan agar murid betah belajar dan bekerja dalam kelompok.

5. Kabinet Cantik

Kabinet atau tempat meletakkan alat-alat dalam kelas juga bisa jadi dekorasi kelas yang menarik. Agar tidak membosankan hiaslah kabinet dengan warna-warni cantik atau buatlah kabinet terlihat lebih unik dengan menambahkan hiasan yang terbuat dari kertas atau bahan lainnya.

6. Poster Motivasi

Menempelkan poster unik yang berisi kata-kata motivasi dalam kelas tentu akan membuat ruang kelas terlihat lebih menarik dan unik. Jangan gunakan poster yang biasa-biasa saja, cobalah untuk berkreasi dengan kertas hitam dan menuliskan kata-kata dengan tulisan yang indah dan dekoratif. Hiasan ini pasti akan disukai oleh siapapun yang melihatnya. Temple poster tersebut di dinding tapi perhatikan juga tempat menempel dan jaraknya dengan dekorasi lain agar tidak membuat dinding terlalu ramai.

7. Sudut Kelas

Jangan biarkan sudut kelas tetap terlihat kosong, kamu bisa mendekor sudut ruang kelas dengan sesuatu yang unik misalnya dengan meletakkan karpet kecil dan bantal serta buku-buku agar murid bisa membacanya saat istirahat. Mereka juga bisa menghabiskan waktu dengan teman-teman disudut kelas jika pelajaran tidak sedang berlangsung. Jika tidak, letakkan saja beberapa tanaman hias atau replika tanaman hias agar sudut kelas tidak terlihat kosong.

8. Hiasan Meja Guru

Meja guru juga tidak boleh luput untuk didekorasi. Meletakkan vas bunga dengan warna yang cantik dan unik bisa membuat suasana ruang kelas terlihat lebih hidup. Kamu bisa meletakkan sesuatu dalam vas misalnya balok huruf atau angka untuk menahan bunga didalamnya sehingga meja guru akan tampak lebih indah dan menarik serta berbeda dari biasanya.

9. Kursi Yang Unik

Kelas yang unik tentu akan punya kursi yang unik juga ya guys! Agar terlihat lebih unik, kursi murid bisa didekorasi sedemikian mungkin atau dengan memesan kursi tertentu pada produsen furniture. Dengan meletakkan kursi yang cantik dan unik diruang kelas, pastinya murid-murid akan selalu bersemangat belajar didalam kelas.

10. Kotak Penyimpanan

Di dalam kelas atau suatu ruangan dalam sekolah biasanya terdapat beberapa kotak penyimpanan dimana murid biasa meletakkan peralatan menulis dan lainnya. Hiasan pada kotak penyimpanan akan membuat kelas terlihat lebih unik dan tentunya saat menghiasi kotak penyimpanan sebaiknya sesuaikan dengan warna kabinet atau tempat meja dimana kotak tersebut diletakkan agar terlihat lebih serasi.

Itulah beberapa dekorasi kelas unik yang bisa kamu coba dan terapkan pada kelasmu. Untuk menghias kelas jangan ragu untuk memainkan imajinasimu dan ajaklah murid atau guru lainnya untuk ikut serta menghias kelas. “Be creative and have a fabulous classroom”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Lifestyle