10 Manfaat dan Resep Jus Sirsak Untuk Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: wikimedia

“Don’t judge a book by it’s cover”, sama halnya dengan buah sirsak walau dari luar buahnya dilapisi duri, tapi manfaat dan rasa dari buah sirsak sangatlah luar biasa. Buah sirsak dipercaya bisa mengatasi berbagai masalh kesehatan, entah itu pencegahan atau penyembuhan penyakit. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus yang manfaatnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena itu dibawah ini ada beberapa ulasan mengenai manfaat jus sirsak dan resepnya untuk Anda.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat jus sirsak yang paling umum adalah ,meningkatkan kekebalan atau imun tubuh Anda. Kandungan vitamin C pada buah membuatnya sebagai anti oksidan yang mencegah datangnya racun radikal bebas atau racun yang akan mengendap dalam tubuh Anda. Dengan begitu tubuh Anda tetap sehat dalam menjalani aktifitas walaupun cuaca sedang tidak bersahabat.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan


Source: Brett Hondow

Pencernaan yang baik adalah mengkonsumsi jenis makanan sehat dengan banyak serat, sama halnya dengan buah sirsak, ketika dijadikan jus, sangat terlihat jelas seratnya bukan? Ya, jus sirsak memiliki kandungan serat larut yang dipercaya dapat melancarkan saluran pencernaan seperti sembelit. And atidak perlu lagi repot-repot minum obat pencahar untuk melancarkan buang air besar.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dan Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Didalam buah sirsak, ada zat penting bernama “niacin”, setelah melalui studi oleh para ahli ditemukan zat ini mampu meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) dan mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat (LDL) yang biasa terjadi di dinding pembuluh darah dan kalau dibiarkan tanpa penanganan bisa sangat fatal bahkan bisa mengakibatkan kematian yang biasa terjadi karena penyumbatan pembuluh darah.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


Source: PublicDomainPictures

Tulang dan gigi Anda pun tidak lepas dari manfaat jus sirsak, buah manis, asam, dan berduri ini pada dasarnya juga mengandung kalsium dan fosfor yan notabene merupakan kebutuhan nutrisi tulang dan gigi Anda. Dengan begitu, pengeroposan tulang, plak, gigi berlubang, dan gusi berdarah tidak akan pernah menjadi halangan Anda untuk mendapatkan gigi yang sehat dan kuat.

5. Memiliki Zat Anti Kanker

Buah sirsak mengandung zat yang dinamakan “fitokimia”, para ahli menyebutnya sebagai zat dengan sifat anti-kanker. Zat ini yang sangat efektif mencegahan pertumbuhan sel kanker pada usia manula. Resiko terkena penyakit kanker memang sangat kecil, namun masih ada disetiap kemungkinan kecil tersebut Anda terkena kanker, apalagi diusia yang sudah tidak muda lagi. Karena itu selalu minum jus sirsak untuk tabungan kesehatan Anda sendiri.

6. Mencegah Anemia


Source: Geralt

Zat besi juga terkandung sempurna pada buah sirsak, karena itu pembentukan sel darah merah akan terjamin sehat. Jadi bisa dipastikan Anda akan terhindarkan dari yang namanya resiko terkena anemia atau segala macam masalah tentang hemoglobin Anda seperti darah rendah, vertigo, ataupun darah tinggi. Karena itu selalu sediakan jus sirsak dikulkas rumah Anda.

7. Meningkatkan Fungsi Otak Bagi Janin


Source: White77

Untuk ibu hamil, jus sirsak sangat bagus untuk pembentukan otak si kecil. Karena asam folat akan terserap secara optimal dan membuat tumbuh kembang otak pada calon bayi Anda akan semakin sempurna dan Anda pun tidak akan kekurangan nutrisi penting lainnya. Sebagai ibu pasti senang kan memiliki anak yang cerdas dan kreatif dalam bidang akademik?

8. Meningkatkan Energi dan Stamina


Source: Jill111

Karena jus sirsak memiliki kandungan fruktosa yang kerjanya meleburkan gula dalam darah dan mengubahnya menjadi energi otomatis proses tersebut membuat stamina Anda pun semakin meningkat. Anda bisa menjalani aktifitas setiap hari didalam maupun diluar ruangan dengan aktif dan segar. Kemanapun kaki Anda melangkah, tidak akan ada cerita tentang rasa lelah ataupun lesu.

9. Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala


Source: Stevpb

Sakit kepala penuh atau sebelah (migrain) juga bisa dicegah dan disembuhkan dengan meminum jus sirsak atau buah sirsak secara langsung. Karena buah sirsak mengandung zat “riboflavin” yang menurut beberapa studi yang dilakukan oleh para ahli, konsumsi makanan yang kaya akan riboflavin dapat mencegah sakit kepala penuh, sakit kepala ringan, ataupun migrain.

10. Mencegah Kram Otot dan Kesemutan


Source: Hans

Karena jus sirsak juga mengandung kalium yang bermanfaat membantu fungsi kontraksi otot maka sendir dan otot pun akan terjaga dengan baik. Kekurangan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan otot lemah dan kram otot. Dengan selalu menyediakan bahan untuk membuat jus sirsak dan mengkomsumsinya, dijamin kontraksi kram otot, kesemutan, hinga nyeri sendi tidak akan Anda alami lagi.

Bahan-bahan

  • 1 buah sirsak matang
  • 3 sdm gula pasir (bisa diganti dengan madu)
  • 5 sdm susu kental manis
  • Air putih
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

Pertama-tama kupas kulit buah sirsaknya, lalu pisahkan daging dengan bijinya. Setelah itu, masukan daging buah sirsak kedalam blender dengan susu kental manis, gula pasir atau madu dan es batu. Lalu blender hingga halus, jus buah sirsak pun siap di minum.

 

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health, Lifestyle