Inilah 10 Penyebab dan Tips Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: SerhiiKuchyrka

Tentunya para Ibu akan sangat senang atas kehadiran buah hati setelah mengalami proses melahirkan. Anda ingin sekali merasa menyentuh dan mengurus bayi yang baru saja anda lahirkan. Tetapi terkadang permasalahan tubuh akibat dari dampak setelah persalinan terjadi pada Ibu yang baru saja melahirkan. Hal ini mungkin akan membuat Ibu kerepotan dan merasa tidak nyaman bahkan bisa menimbulkan trauma melahirkan yang berkepanjangan. Salah satu dampak setelah persalinan yang umumnya dirasakan oleh Ibu adalah kaki bengkak setelah melahirkan. Mengapa hal ini bisa terjadi pada Ibu yang baru melahirkan? Apakah kaki bengkak setelah melahirkan adalah tanda-tanda penyakit berbahaya? Berikut akan dijelaskan penyebab dan tips cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan:

1. Kaki Bengkak Setelah Melahirkan Tidaklah Berbahaya


Source: ashokorg0

Walaupun kaki Ibu terasa sangat berat dan membengkak sehingga menyulitkan Ibu ketika berjalan. Tetapi jangan khawatir, kaki bangkak setelah melahirkan adalah hal umum yang sering terjadi pada setiap Ibu yang baru melakukan persalinan. Hal ini disebabkan oleh adanya penambahan cairan darah saat Ibu masih mengandung janin dalam rahim. Seluruh darah setelah melakukan persalinan tidak semuanya keluar dari tubuh Ibu. Cairan darah ekstra tersebut akan berkombinasi dengan retensi cairan darah dan juga perubahan hormonal pasca melahirkan yang akan menyebabkan pergelangan kaki bengkak setelah melahirkan.

2. Perubahan Hormon Setelah Melahirkan


Source: FeeLoona

Perubahan hormon tubuh Ibu setelah melahirkan juga bisa menjadi penyebab kaki bengkak setelah melahirkan. Hormon progesteron akan dihasilkan oleh tubuh secara berlebih saat Ibu melahirkan. Kelebihan hormon progesteron ini menyebabkan retensi air dan natrium dalam tubuh yang menyebabkan membengkaknya bagian tubuh Ibu yang baru saja melahirkan. Bagian tubuh yang berpotensi membengkak bukan hanya kaki namun juga bagian tubuh yang lainnya seperti betis, tangan, wajah, bahkan kelopak mata.

3. Akibat Persalinan Nomal


Source: one_life

Bagi setiap Ibu tentunya ingin merasakan proses kelahiran secara normal karena dari sanalah pengorbanan Ibu akan teruji. Setelah anda melakukan persalinan dengan proses normal biasanya akan menimbulkan gajala kaki bengkak setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan saat proses melahirkan normal berlangsung, Ibu mengejan dengan sangat kuat sehingga menyebabkan banyak aliran darah ekstra mengalir ke bagian tangan dan juga kaki Ibu. Untuk itu bagian tangan dan kaki akan lebih berpotensi membengkak dari pada bagian tubuh yang lainnya.

4. Penekanan Pada Pembuluh Darah


Source: blanca_rovira

Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan selanjutnya adalah akibat penekanan pembuluh darah karena terjadinya pembesaran pada rahim saat anda mengandung. Pembesaran rahim ini akan menekan aliran darah dalam tubuh sehingga aliran darah balik dari kaki ke jantung menjadi terhambat dan mengakibatkan kaki bengkak setelah melahirkan. Biasanya kaki bengkak juga akan dialami oleh Ibu yang sudah mendekati waktu persalinan, karena terjadinya penekanan pada pembuluh darah yang berhubungan dengan pemompaan darah oleh jantung yang menjadi terhambat saat Ibu mengandung.

5. Akibat Cairan Infus


Source: Jorah Mormont

Ibu yang tidak melakukan persalinan secara normal yaitu dengan cara caesar juga bisa menyebabkan kaki bengkak setelah melahirkan. Hal ini karena dalam operasi besar Ibu biasanya akan diinfus sebelum dan setelah proses oprasi caesar. Kelebihan cairan akibat infus belum lagi kelebihan cairan setelah melahirkan akan berpotensi bagian tertentu tubuh Ibu akan membengkak salah satunya adalah bagian kaki. Namun Ibu tidak perlu merasa khawatir dengan hal ini karena biasanya gejala kaki membengkak akan menghilang seiring berjalannya waktu.

6. Melakukan Peregangan Kaki


Source: Jorah Mormont

Salah satu cara untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan adalah dengan melakukan peregangan kaki. Ibu bisa melakukan sedikit pemanasan olahraga yang melibatkan kaki anda bergerak, tidak usah terlalu berat dalam melakukannya. Anda bisa melakukan lari kecil diĀ  halaman rumah untuk membuat sirkulasi darah anda lancar dan pembengkakan kaki bisa teratasi. Hindari juga duduk terlalu lama dan disarankan melakukan kegiatan yang menggerakkan otot kaki anda setiap harinya. Dijamin kaki anda yang membangkak akan dengan cepat teratasi.

7. Hindari Konsumsi Garam Secara Berlebihan


Source: andreas160578

Anda dianjurkan untuk tidak memakan makanan yang mengandung garam secara berlebih. Hal ini karena garam akan memicu berkumpulnya timbunan cairan di bagian tubuh anda menjadi lebih parah. Karena itu untuk sementara anda tidak diperkenankan mengkonsumsi garam secara berlebih untuk sementara sampai gajala kaki bengkak setelah melahirkan berkurang. Lebih baik anda banyak mengkonsumsi susu rendah lemak dan juga sayuran hijau yang akan menyehatkan badan anda setelah persalinan.

8. Meninggikan Posisi Kaki


Source: holdosi

Ketika tidak sedang melakukan aktvitas seperti sedang duduk bersantai untuk menidurkan bayi anda jangan biarkan kaki anda berada pada posisi sejajar terlalu lama. Posisikan kaki anda lebih tinggi dari badan anda, hal ini berguna untuk membuat cairan tubuh tidak menumpuk di kaki anda yang akan menyebabkan otot kaki anda mengencang dan keram. Anda bisa menggunakan tumpukan bantal untuk mengganjal posisi kaki anda sehingga gejala keki bengkak setelah melahirkan bisa sedikit berkurang.

9. Jangan Menahan Buang Air Kecil


Source: Zorro4

Menahan buang air kecil akan memperburuk gejala kaki bengkak setelah melahirkan. Zat-zat metabolisme dalam tubuh seperti urine yang dihasilkan dalam tubuh kita harus segera dikeluarkan untuk membantu tubuh melakukan metabolisme dalam tubuh dengan sempurna. Untuk itu Ibu yang baru melahirkan jangan menahan buang air kecil terlalu lama yang akan memperparah gegala pembengkakan kaki pada Ibu. Sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan oleh semua orang bukan hanya oleh Ibu yang baru melahirkan agar proses metabolisme dalam tubuh berjalan dengan sempurna.

10. Mengoleskan Ramuan Alami


Source: changephoto

Kaki bengkak setelah melahirkan bisa diatasi dengan ramuan alami yang bisa anda buat sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan campuran garam, asam, dan beras kencur yang telah dihaluskan. Oleskan pada kaki dengan melakukan pijatan halus pada tubuh atau anda juga bisa menyewa jasa tukang pijat yang ahli untuk melakukan pemijatan pada Ibu yang baru melahirkan dengan menggunakan ramuan ini. Ramuan alami ini dipercaya bisa mengurangi gejala pembengkakan di kaki sedangkan pijatan halus di kaki bisa membantu memperlancar darah di kaki anda. Sehingga pembengkakan pada kaki akan lebih cepat mengecil.

Itulah beberapa penyebab dan tips cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Anda bisa melakukan beberapa hal tersebut untuk mengurangi gejala pembengkakak kaki dengan cepat pasca melahirkan. Yang terpenting adalah menjaga kondisi Ibu dengan makanan yang bergizi dan juga sering melakukan olehraga ringan untuk kaki anda. Selamat atas kelahiran bayi anda, semoga anda dan bayi anda diberikan kesehatan selalu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dalam memberikan informasi mengenai tips cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health