10 Manfaat dan Bahaya Tidur Tanpa Busana

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: DieterRobbbins

Tidur tanpa busana? Kebanyakan dari kita pasti akan mengernyitkan dahi mendengarnya. Ya, tidur tanpa busana memang masih belum menjadi sebuah kebiasaan yang populer dan dipahami oleh banyak orang di Indonesia. Berbeda halnya dengan negara-negara barat seperti di Amerika, 8 % penduduknya sudah mempraktekkan kebiasaan tidur tanpa busana ini dalam keseharian.  Padahal, tidur tanpa busana sudah banyak diteliti oleh para ahli dan hasil riset tersebut membuktikan bahwa tidur tanpa busana ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, penasaran bukan? Mari simak uraian manfaat tidur tanpa busana berikut ini.

1. Mengurangi Stress


Source: jill111

Setelah lelah beraktivitas seharian, tidur menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dilakukan untuk memulihkan stamina dan menjaga kesehatan. Saraf dan otot tubuh yang tegang dan kaku akibat aktivitas dan pikiran akan menjadi rileks dan tenang saat tidur dalam kondisi tanpa busana. Bila saraf dan otot rileks, tentu rasa stress dan lelah dapat segera pulih dan teratasi.

2. Melepaskan Hormon Oksitosin


Source: skeeze

Tidur tanpa busana sangat dianjurkan karena saat inilah terjadi proses pelepasan hormon oksitosin dalam kadar yang berlimpah. Hormon oksitosin adalah hormone yang dihasilkan tubuh dengan segudang manfaat, antara lain untuk meningkatkan rasa nyaman dan tenang, menurunkan detak jantung, meningkatkan rasa percaya diri, menambah dorongan seksual, dan mengurangi stress. Hormon ini dilepaskan oleh tubuh saat terjadi kontak kulit dengan kulit. Nah, tidur tanpa busana memungkinkan kulit kita saling bersentuhan sepanjang malam yang memicu produksi hormon oksitosin yang melimpah pula.

3. Meningkatkan Gairah Seksual


Source: nastya_gepp

Tak dipungkiri, bagi pasangan yang sudah menikah tentu menginginkan kehidupan seksual yang hangat dan bergelora setiap harinya. Terlebih bagi pasangan yang sudah memiliki anak dan umur perkawinan sudah sekian lama, terkadang hubungan seksual bisa terasa hambar dan kurang menggigit seperti di awal masa pernikahan. Tidur tanpa busana dapat membantu pasangan untuk meningkatkan gairah seksual berkat rangsangan pada kulit akan akan menstimulasi keinginan untuk bercinta.

4. Meningkatkan Rasa Nyaman


Source: cuncon

Saat tidur, otak tetap bekerja meski dalam aktivitas yang rendah. Oleh karena itu, kadang kita mengalami mimpi buruk, gelisah, atau tidur yang tidak nyenyak karena kita baru saja menjalani aktivitas berat atau sedang memikirkan hal yang berat sehingga aktivitas otak saat kita sedang tidur pun tetap merekam hal tersebut. Tidur tanpa busana dapat menstimulasi otak dengan melepaskan hormone oksitosin yang akan membuat kita merasa lebih nyaman dan tidur juga lebih pulas .

5. Meningkatkan Keromantisan dan Ikatan Cinta bagi Suami Istri


Source: luxstorm

Saat suami istri tidur tanpa busana, kulit mereka saling bersentuhan. Hal itu meningkatkan rasa ikatan yang dalam dan keromantisan yang intens karena pasangan saling merasa jatuh cinta dan nyaman satu sama lain. Semakin lama kulit saling bersentuhan, ikatan dan keromantisan yang terjalin akan semakin dekat.

6. Menyehatkan Kulit


Source: DzeeShah

Tidur tanpa busana juga memiliki manfaat yang besar bagi kulit. Kenapa? Sebab, saat kita tidur, pori-pori kulit membuka dan udara bersirkulasi dengan baik. Dengan tidur tanpa busana, sirkulasi pada pori-pori kulit akan berjalan lebih optimal dan membantu kulit mengatasi berbagai permasalahan seperti jerawat, noda hitam, lebam, dan lain sebagainya.

7. Mengurangi Lemak Pada Perut


Source: PublicDomainPictures

Ingin tubuh lebih langsing? Cobalah untuk tidur tanpa busana secara rutin. Saat kita tertidur di malam hari, suhu tubuh akan turun secara alami dan terjadilah penurunan kadar kortisol sampai level minimum dalam tubuh. Tidur tanpa busana akan membuat penurunan kadar kortisol berjalan lebih optimal dan timbunan lemak pada area perut dapat berkurang perlahan secara alami.

8. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi


Source: cuncon

Pada wanita, salah satu organ reproduksinya yaitu vagina merupakan bagian tubuh yang secara alami memiliki suhu hangat dan lembab. Itulah kenapa vagina adalah tempat yang sangat rentan akan perkembangbiakan bakteri dan jamur. Tidur tanpa busana memberi kesempatan kepada organ reproduksi ini untuk bernafas dan menjadikan sirkulasi udara yang baik sehingga mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.

9. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini


Source: Mark_Mook_Fotografie

Bagi wanita yang sangat peduli dengan kecantikan dan ingin tampak selalu awet muda, tidur tanpa busana wajib dicoba. Pasalnya, saat kita tidur tanpa busana, suhu panas dari dalam tubuh akan dilepaskan dengan lebih dan tidur menjadi lebih nyenyak. Bila kita tidur dengan nyenyak, produksi hormone melatonin dan hormone-hormone pertumbuhan lain meningkat dan membantu mencegah terjadinya proses penuaan dini pada kulit.

10. Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Source: sasint

Percaya atau tidak, tidur tanpa busana terbukti meningkatkan rasa percaya diri 5 kali lipat lebih besar dari sebelumnya. Hal ini tak lain berkat peran hormone oksitosin yang lebih banyak diproduksi saat kondisi tidur tanpa busana. Hormone ini membantu menurunkan stress dan menstimulasi rasa tenang dan nyaman sehingga rasa percaya diri jauh lebih meningkat.

Bahaya Tidur Tanpa Busana

Meski banyak sekali manfaat kesehatan dibalik tidur tanpa busana, namun hal ini juga ternyata memiliki beberapa bahaya bagi tubuh yang perlu diwaspadai. Tidur tanpa busana bisa beresiko mengalami masuk angin akibat suhu dingin pada malam hari yang membuat tubuh terpapar hawa dingin tersebut. Selain itu, tidur tanpa busana juga membuat kulit kita bebas menjadi santapan empuk nyamuk-nyamuk yang berkeliaran di malam hari, apalagi bila kamar kita lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Tidur tanpa busana juga ada resikonya saat terjadi sesuatu yang darurat di tengah malam dan mengharuskan kita untuk segera menyelamatkan diri tanpa sempat memakai baju.

Nah, demikian manfaat dan bahaya dari tidur tanpa busana yang bisa kita cermati dan pahami dengan baik sebelum memutuskan untuk menerapkan hal ini sehari-hari. Good sleeping, good life.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health