10 Alasan Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Alamnirvana

Indonesia punya berbagai jenis tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang menjadi pilihan keluarga adalah kebun binatang. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, kebun bintang yang sering menjadi tujuan wisata adalah Taman Margasatwa Ragunan. Kebun binang Ragunan ini tak pernah sepi dari pengunjung, terutama ketika musim liburan tiba. Kira- kira apa yang membuat mereka datang berkunjung ke Ragunan? Berikut adalah 10 alasan mengunjungi kebun binatang Ragunan. Let’s check this out.

1. Tempatnya Masih Asri

Jakarta sebagai ibukota negara mempunyai banyak gedung perkantoran dan pabrik- pabrik industri. Ini membuat udara di Jakarta menjadi pengap dan penuh dengan polusi. Tapi tak semua wilayah di Jakarta berpolusi, kebun binatang Ragunan adalah salah satunya. Bahkan margasatwa ini diklaim menjadi satu- satunya objek wisata di Jakarta yang masih asri. Karena itulah masyarakat Jakarta banyak yang memilih berkunjung ke kebin binatang Ragunan ketika liburan.

2. Koleksinya Lengkap


Source: Midori

Alasan kedua berkunjung ke kebun binatang adalah karena koleksinya yang lengkap. Terdapat sekitar 210 spesies dengan total koleksi sebanyak 2000 ekor hewan yang dapat dilihat di kebun binatang Ragunan. Kamu bisa mengajak keluarga terutama anak- anak kecil untuk mengenal hewan- hewan yang tidak bisa mereka temui di alam bebas.

3. Wisata Edukasi


Source: Gunawan Kartapranata

Berlibur ke kebun binatang tidak hanya membuatmu senang karena bisa melihat kehidupan hewan yang lucu- lucu. Tapi kamu juga bisa memperkenalkan dan mengajarkan kepada anak- anak tentang kehidupan hewan dan bagaimana perilaku mereka. Berlibur sambil belajar. Di setiap anjungan kebun binatang Ragunan terdapat informasi mengenai satwa yang bisa menambah wawasan tentang satwa tersebut.

4. Lokasinya Strategis


Source: Gunawan Kartapranata

Salah satu dari sekian alasan mengunjungi kebun binatang Ragunan adalah lokasinya yang strategis. Lokasi tepatnya adalah Jalan Harsono RM nomor1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini tak jauh dari pusat kota sehingga mudah ditemukan.

5. Mudah Dijangkau


Source: Seika

Alasan lain untuk berkunjung ke kebun binatang Ragunan yakni karena tempatnya mudah dijangkau. Ada banyak sekali moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke kebun binatang Ragunan. Jika kamu tak memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa naik transportasi umum seperti transjakarta. Selain itu, kebun binatang Ragunan juga bisa diakses menggunakan KRL dengan jurusan stasiun Lenteng Agung. Kalau mau lebih praktis lagi, tinggal pesan ojek online saja.

6. Harga Tiket Murah

Berkunjung ke kebun binatang Ragunan merupakan wisata yang murah meriah tapi tetap berkualitas. Jika tidak ada kenaikan harga, harga tiket masuk  kebun bintang ini tak lebih dari 10.000. Tepatnya hanya 4000 rupiah saja untuk dewasa, dan 3000 rupiah untuk anak- anak. Kamu juga bisa menggunakan Jakcard untuk membayar tiket kebun binatang Ragunan. Tarif parkirnya pun relatif murah. Hanya 3000 rupiah untuk sepeda motor, 6000 rupiah untuk mini bus, dan 15.000 rupiah untuk bus besar.

7. Kebun Binatang Terbesar di Asia


Source: Seika

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebun binatang Ragunan memang wisata yang murah meriah tapi berkualitas tinggi. Mengapa demikian? Ini dikarenakan status Taman Margasatwa Ragunan sebagai kebun binatang paling besar di Indonesia, bahkan di Asia. Jika dilihat dari skala dunia, kebun binatang ini menempati urutan kedua terluas di dunia setelah Kanada Zoo. Luar biasa bukan?

8. Bersih dan Nyaman

Kebersihan dan kenyamanan kebun binatang Ragunan selalu dijaga. Itulah alasan lain dari banyaknya pengunjung di kebun binatang ini. Petugas kebersihan senantiasa membersihkan area kebun binatang. Di setiap sudut juga tersedia tempat sampah. Toilet umum di sana sangat nyaman untuk digunakan karena terjaga kebesihannya. Jika tempat wisatanya sudah bersih, pengunjung juga harus senantiasa menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

9. Terdapat Pusat Primata


Source:
Serenity

Pusat primata di kebun binatang Ragunan disebut dengan Schmutzer. Kamu bisa melihat jenis- jenis primata dari berbagai belahan dunia hanya dengan berkunjung ke Schmutzer ini. Beberapa primata itu diantaranya yakni orangutan sebagai primata asli Indonesia, simpanse dan gorilla.

10. Punya Aplikasi Peta Digital

Kebun binatang Ragunan memiliki luas 140 hektar. Area ini amat sangat luas untuk dikelilingi. Karena luasnya area yang akan dijelajahi, pengunjung bisa saja berputar- putar atau bingung saat ingin keluar. Tapi jangan khawatir karena pengelola membuat sebuah aplikasi peta digital yang bisa digunakan di smartphone android. Peta digital ini berfungsi sebagai pemandu bagi para pengunjung. Pengunjung bisa dengan mudah mengetahui posisi hewan yang ingin dilihat. Fasilitas seperti restoran dan toilet juga bisa ditemukan dengan mudah.

Itu tadi 10 alasan mengunjungi kebun binatang Ragunan. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu semua. Selamat berlibur!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel