10 Kebun Binatang Populer di Indonesia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Irul

Jika Anda berenca untuk liburan, tidak ada salahnya untuk mengagendakan kunjungan ke kebun binatang. Anda bisa mengenalkan berbagai jenis hewan pada anak- anak ketika berkunjung ke kebun binatang. Berikut adalah ulasan 10 kebun binatang popular di Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Taman Margasatwa Ragunan


Source: Wikimedia

Kebun binatang paling populer di Indonesia adalah Taman Margasatwa Ragunan. Kebun binatang binatang yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. Areanya sangat luas dan dihuni oleh 295 spesies hewan. Untuk menuju ke Taman Margasatwa Ragunan Anda bisa menggunakan transportasi umum atau pun mobil pribadi.

2. Batu Secret Zoo

Kebun binatang terpopuler ke-2 se-Indonesia yakni Batu Secret Zoo. Kebun binatang ini berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo berada satu kawasan dan merupakan bagian dari Jatim Park 2. Beberapa hewan yang bisa dilihat di kebun binatang ini diantaranya adalah kijang afrika, singa putih, berbagai jenis reptil, berbagai spesies burung, harimau dan Gajah. Anda bisa melihat satwa sesuai dengan kondisi di habitatnya. Fasilitas kebun binatang ini juga lengkap. Terdapat savannah atau terowongan berdinding kaca yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat ekosistem hewan yang berasal dari afrika. Ada juga fantasy land, river adventur, tiger land dan fasilitas lainnya yang bisa Anda nikmati.

3. Taman Safari Indonesia I


Source: arisdp

Taman Safari Indonesia ke-1 adalah taman safari pertama yang dibuat di Cisarua, Bogor -Indonesia. Taman Safari sedikit berbeda dengan kebun binatang lainnya. Hewan- hewan di Taman Safari dibiarkan berkeliaran seperti di habitat aslinya. Pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang disediakan oleh pengelola. Konsep Taman Safari membuat pengunjung bisa berinteraksi lebih dekat dengan satwa. Terdapat 2500 satwa berasal dari seluruh dunia yang bisa Anda lihat di sini. Beberapa fasilitas rekreasi yang ada di taman safari Indonesia diantaranya berupa bus safari, sepeda air, kereta mini, kincir raksasa, baby zoo, atraksi hewan dan banyak lainnya.

4. Taman Safari Indonesia II

Jika Anda ingin berkunjung ke taman safari tetapi rumah Anda jauh dari Bogor, Anda bisa berkunjung ke Taman Safari Indonesia 2 yang berada di Jawa Timur. Lokasi tepatnya adalah Kecamatan Prigen, Pasuruan- Jawa Timur. Taman Safari Indonesia 2 ini bahkan diklaim sebagai taman safari terluas se-Asia.Fasilitas dan koleksi satwanya tak kalah lengkap dari Taman Safari Indonesia I. Terdapat berbagai jenis mamalia seperti singa, harimau, lumba- lumba, gajah, banteng, beruang, zebra dan orangutan. Fasilitas rekreasi yang ditawarkan berupa water park dan berbagai atraksi live show seperti elephant education.

5. Bali Safari and Marine Park


Source: Wikimedia

Bali Safari and Marine Park ini merupakan nama lain dari Taman Safari Indonesia 3. Lokasinya berada di Gianyar, Bali. Taman safari Indonesia 3 ini tak jauh beda dengan taman safari sebelumnya. Keunikan dari Bali safari ini adalah adanya kombinasi antara kebudayaan masyarakat bali dengan kehidupan hewan liar di habitat aslinya. Bali safari juga dijadikan sebagai tempat rehabilitasi satwa endemik Indonesia yang hampir punah. Untuk menikmati berbagai fasilitas yang Anda di Bali safari, Anda dikenakan tiket masuk seharga 135.000 samapi 150.000 per orang.

6. Kebun Binatang Gembira Loka

Jika Anda berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi kebun binatang Gembira Loka. Lokasinya berada di Rejowinangun, Kota Gede, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebun binatang ini mepunyai area yang sangat luas. Di tengah kebun binatang terdapat danau buatan yang menyediakan fasilitas kapal katamaran dugong. Fasilitas lain yang bisa dinikmati berupa perahu engkol, kereta mini, reptile park, bird park, dan laboratorium Gembira Loka.

7. Kebun Binatang Bandung

Edisi ngasuh c kasep

A post shared by Octhaviia Ikka (@octhaviiaikka) on

Setelah mengulas kebun binatang di Jakarta dan Yogyakarta, kini saatnya mengenal kebun binatang Bandung. Seperti namanya, kebun binatang ini terletak di Kota Bandung- Jawa Barat. Lokasi tepatnya berada di Jalan Kebun binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong dan bersebelahan dengan gedung kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Kebun binatang yang dulu disebut dereten ini memiliki 213 jenis koleksi satwa. Tujuh puluh Sembilan diantaranya adalah satwa yang dilindungi keberadaanya. Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, kebun binatang Bandung juga difungsikan sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat, serta tempat perlindungan dan pelestarian flora dan fauna.

8. Taman Burung  Bali


Source: Stevebidmead

Satu lagi tempat wisata di Bali yang menyuguhkan pemandangan kehidupan satwa, yakni Taman Burung Bali atau Bali Bird Park. Kebun binatang ini berlokasi di Batubulan, Gianyar- Bali. Luasnya sekitar 2 hektar dengan koleksi burung berjumlah 5000 ekor. Diantara jenis burung yang bisa dilihat oleh pengunjung yakni Jalak Bali, Cendrawasih, Elang, Rajawali dan juga burung dari benua lain seperti Makaw, Toucan dan burung Beo.

9. Kebun Binatang Bukittinggi


Source: Wikimedia

Kebun binatang bukittinggi disebut juga Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Lokasinya berada di Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, Sumatera Barat. Kebun binatang ini merupakan salah satu kebun bintang tertua di Indonesia. Selain melihat kehidupan satwa, pengunjung juga dapat melihat Rumah Gadang yang dibangun di area kebun bintang.

10. Kebun Binatang Pematang Siantar


Source: Wagino

Kebun binatang lain yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Pulau Sumatera adalah kebun binatang Pematang Siantar. Kebun bintang ini berlokasi di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Setidaknya terdapat 183 spesies hewan yang bisa dilihat di kebun binatang terlengkap di Sumatera Utara ini. Popularitas dan kelengkapan satwanya bahkan mengalahkan kebun binatang Medan yang areanya jauh lebih luas. Pengunjung bisa melihat satwa langka khas Sumatera seperti harimau Sumatera, siamang dan harimau putih.

Itu tadi sepuluh kebun binatang yang banyak di kunjungi di Indonesia. Anda harus menyempatkan waktu untuk melihat satwa- satwa langka di kebun bintang, karena berwisata di kebun binatang tak kalah seru dari tempat wisata lainnya. Selamat mengunjungi kebun binatang!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel