10 Tips untuk Mengetahui Jenis Warna Kulit (Termasuk Kulit Sawo Matang!)

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

white girlSource: lightstargod

Saat ini, maraknya fitur edit foto membuat orang susah membedakan jenis warna kulit. Semakin sulit dengan adanya beberapa orang yang menggunakan teknologi kedokteran terkini untuk menyamarkan warna kulit, terutama untuk kulit sawo matang. Kesepuluh tips ini akan membantu kita untuk mengetahui jenis dan warna kulit kita, termasuk warna kulit sawo matang yang sering susah dibedakan antara coklat atau kuning:

1. Melihat pada Urat Nadi


Source: nhabongstudio

Cara pertama ini paling banyak digunakan untuk mengetahui warna dasar (rona) kulit. Dengan memeriksa urat nadi pada salah satu dari kedua tangan, kita dapat mengetahui warna asli kulit melalui warna urat nadi yang kita lihat. Warna yang biru menandakan kulit yang berwarna terang atau dingin, warna hijau artinya kulit yang berwarna hangat (termasuk sawo matang dan tonetone warna cokelat di atasnya), dan warna yang susah dibedakan dengan warna kulit berarti warna kulitnya netral.

2. Membandingkan Wajah di Cermin dengan Kertas Putih


Source: composingfun

Caranya, ambil sebuah kertas HVS putih polos, kemudian berdirilah di depan cermin dengan wajah menghadap ke cermin. Kemudian, dekatkan kertas putih tersebut dengan pipi kanan atau kiri sesuai pilihan Anda. Kertas putih yang seperti berubah warna menjadi merah muda menandakan warna kulit yang putih atau terang, sementara kulit sawo matang dapat dikenali dari kertas putih yang berubah warna seperti agak kekuningan.

3. Membandingkan dengan Warna Rambut


Source: Gael Varoquaux

Umumnya, mereka yang berkulit terang akan memiliki atau lebih baik mempunyai warna rambut yang gelap. Kalau mereka mengecat rambut dengan warna-warna terang, hasilnya akan tampak pucat. Tidak demikian dengan mereka yang berkulit sawo matang atau gelap, sebab apabila mereka memiliki atau mengecat rambut dengan warna terang, mereka akan nampak lebih fresh.

4. Meminta Bantuan Orang Sekitar Melihat Bagian Belakang Telinga


Source: Travis Isaacs

Cara lain yang dapat ditempuh untuk menentukan warna kulit adalah dengan meminta tolong orang sekitar untuk melihat tone kulit di bagian belakang telinga. Seseorang yang warna kulitnya terang, bagian belakang telinganya akan berwarna seperti merah muda. Sebaliknya, apabila sifat warna kulit seseorang gelap atau hangat (termasuk di dalamnya kulit sawo matang), warna bagian belakang telinganya pasti kekuningan.

5. Mencoba Perhiasan


Source: Aleksey Gnilenkov

Emas dan perak merupakan dua macam bahan perhiasan paling laris sepanjang masa. Karenanya, mengapa tidak mencoba mengetahui jenis warna kulit dari perhiasan yang dipakai? Wajah seseorang dengan warna kulit sawo matang atau lebih gelap akan bersinar apabila memakai perhiasan yang berwarna emas, sementara seseorang dengan tone kulit yang lebih terang atau pucat akan lebih baik menggunakan perhiasan berbahan dasar perak.

6. Mencocokkan dengan Warna Pakaian


Source: Robert Bejil

Dari yang saya lihat, mereka yang jenis warna kulitnya hangat–yakni kulit sawo matang atau lebih gelap–, akan cenderung memakai pakaian yang warnanya mencolok seperti merah marun atau oranye terang. Mereka yang berwarna kulit netral biasanya memakai pakaian warna biru, merah muda, hijau, atau hitam. Sementara itu, jenis warna kulit yang terang atau pucat cocok memakai warna pakaian apapun kecuali hitam dan warna-warna lembut, karena akan membuat terlihat makin pucat.

7. Melihat dari Produk Kecantikan yang Sering Dipakai


Source: Qijin

Produk kecantikan dapat berbicara banyak mengenai diri seseorang, termasuk jenis warna kulit aslinya. Kita bisa melihat seseorang yang memiliki kulit sensitif, kemerahan, terang, atau pucat, hanya dengan melihat produk-produk kecantikannya yang didominasi oleh produk yang lembut dan ramah di kulit. Mungkin juga ia mengenakan sunblock ber-SPF tinggi supaya kulitnya tidak mudah terbakar. Namun, mereka yang memiliki kulit sawo matang mungkin lebih membutuhkan banyak koleksi minyak atau parfum beraroma sebagai ganti sunblock.

8. Mengekspos pada Cahaya Matahari


Source: Unsplash

Ini cara yang ekstrim untuk mengetahui jenis warna kulit. Untuk lebih amannya, alih-alih langsung mengekspos pada panas sinar yang berlebihan, kita dapat mencoba sinar yang intensitas terangnya sedang ke rendah. Pastikan juga saat melakukan cara ini, tidak ada make-up, sunblock, lotion, atau sejenisnya yang menempel pada kulit kita. Berbahagialah kalian yang berkulit sawo matang hingga yang lebih gelap, karena kulit kalian tidak akan berbintik-bintik merah dengan adanya ekspos pada cahaya matahari.

9. Melihat pada Area Tersembunyi Kulit


Source: Maria Morri

Sepengamatan saya, nama lain dari jenis warna kulit adalah undertone. Secara harafiah, undertone sendiri berarti warna kulit bagian dalam atau bawah. Pikiran saya langsung tertuju pada area tersembunyi kulit, misalnya bagian tekukan lutut atau ketiak. Warna kulit yang tidak melalui proses semacam bleaching dan lain-lainnya tidak akan berbeda jauh dengan warna kulit di area tersembunyi. Artinya, apabila area tersembunyi kulit warnanya berbeda atau belang, hampir dapat dipastikan jenis warna kulit aslinya juga berbeda.

10. Mencocokkan dengan Tabel Jenis Warna Kulit


Source: stux

Cara terakhir ini cocok untuk kalian yang tidak mau repot-repot. Mengingat tabel jenis warna kulit sudah banyak beredar di media online, mengapa tidak menggunakannya sebagai bahan untuk mencocokkan dengan warna kulit yang kita miliki? Misalnya, kita akan tahu kalau tidak selamanya kulit sawo matang itu identik dengan gelap. Ada yang bernama ‘tan‘, ‘medium tan‘, ‘tannish yellow‘, atau nama-nama serupa lainnya… Siapa tahu, ternyata selama ini kita punya kulit sawo matang?

Demikianlah kesepuluh tips untuk mengetahui jenis warna kulit yang kita miliki. Dengan mengetahui jenis warna kulit, tentu kita akan semakin dapat menghargai kecantikan dan pesona warna kulit yang berbeda-beda. Siapa tahu, ternyata kita sendiri pun berkulit terang atau bahkan gelap, tapi tidak menyadarinya…?

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty