Berlibur ke Jogja Kurang Lengkap Tanpa Mengunjungi 10 Atraksi Wisata Berikut Ini

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

JogjaSource: Joseph82

Menjaga kelastarian budaya merupakan kewajiban bagi kita, para penerus bangsa. Karena melestarikan budaya, artinya kita juga menghargai apa yang menjadi sejarah dari para leluhur kita. Jogja atau Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang nilai budaya masih sangat terawat dan selalu menjadi tempat tujuan wisata bagi turis dalam maupun luar negri sebagai tujuan untuk melihat wisata budaya. Nah, berikut ini adalah 10 atraksi di Jogja yang dapat menjadi tujuan wisatamu jika kamu berkunjung ke Jogja. Sesungguhnya tidak hanya ada atraksi budaya. Atraksi wisata lainnya pun cukup banyak ditampilkan di Jogja yang mampu memikat para turis. Jadi, simaklah ulasan berikut ini.

1. Ramayana Ballet


Source: Jim Maes

Ramaya Ballet bisa dibilang merupakan atraksi yang sangat terkenal di Jogja. Atraksi yang memadukan antara tarian dan cerita drama ini dilakukan di panggung terbuka, tepatnya di Canti Prambanan, Sleman, sehingga juga sering dikenal sebagai Prambanan Ramayana Ballet. Atraksi yang satu ini sesungguhnya sudah cukup tua karena pertama kali diadakan di tahun 1961 dan diusung oleh GPH Djatik0esoemo, yang merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang pertama. Ide datang karena beliau ingin sekali melestarikan budaya bangsa sehingga budaya Indonesia dapat dikenal oleh dunia. Atraksi tari tanpa dialog ini biasanya diadakan hanya di bulan-bulan tertentu, yaitu sekitar bulan Mei hingga Oktober.

2. Pagelaran Kraton Yogyakarta


Source: Travis

Kamu sedang berjalan-jalan ke pusat kota Jogjakarta dan ingin menonton atraksi budaya secara gratis? Maka sebaiknya kamu berkunjung ke Kraton Yogyakarta yang terletak di Jalan Rotowijayan. Di sini, kamu dapat melihat atraksi kesenian tari yang dipadukan dengan alunan musik gamelan serta nyanyian lagu dari suara lembut seorang sinden. Cerita yang ditampilkan merupakan cerita tradisional dari tanah Jawa. Kamu dapat menontonnya secara gratis setiap Hari Minggu pukul 9 pagi. Kraton Yogyakarta sendiri dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang dan kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah. Sangat murah, bukan?

3. Pagar Nusa Jogja

Atraksi yang 1 ini cukup unik, yaitu merupakan sebuah atraksi pencak silat yang diadakan oleh Paseduluran Angkringan Silat (PAS) yang merupakan komunitas Pencak Silat di Yogyakarta. Acara ini juga turut didukung oleh Dinas Kebudayaan. Berbeda dengan kebanyakan acara kebudayaan lainnya, acara Pagar Nusa Jogja rutin dilakukan setiap 2 tahun sekali, di mana awalnya acara ini merupakan acara pengganti Pencak Malioboro Festival (PMF). Ada banyak sekali perguruan silat se-Jogja yang turut meramaikan acara ini sehingga atraksi tersebut sangat memikat turis baik dalam dan luar negri.

4. Saparan Bekakak

Saparan Bekakak merupakan acara kirap budaya yang rutin diadakan setiap tahun di Sleman yang dilakukan setiap bulan Islam, yaitu bulan Syafar (yang dalam bahasa Jawa menjadi “Sapar”). Pada awalnya atraksi budaya yang satu ini dilakukan untuk membuat permohonan keselamatan kepada penunggu gunung karena longsor gunung Gamping yang kerap terjadi setiap bulan Sapar. Sedangkan Bekakak artinya adalah persembahan, yaitu persembahan baik dalam bentuk hewan maupun manusia. Konon sejak acara ini rutin diadakan, bencana longsor tersebut tidak lagi datang sehingga acara ini rutin diadakan setiap tahun pada bulan Sapar.

5. Festival Kesenian Yogyakarta

Apakah kamu ada rencana berlibur ke Jogja sekitar bulan Juni dan Juli? Maka jangan lewatkan festival budaya yang 1 ini! Festival Kesenian Yogyakarta merupakan acara dengan berbagai macam pameran serta atraksi kesenian yang selenggarakan oleh pemerintah Yogyakarta dan rutin diadakan setiap bulan Juni dan Juli. Acara Festival Kesenian Yogyakarta berpusat di Benteng Vredeburg, Malioboro. Festival yang satu ini sudah cukup tua umurnya. Pertama kali diadakan pada tanggal 7 Juli 1989 bersamaan dengan peresmian Monumen Jogja Kembali. Selain berbagai atraksi seni dan budaya, Festival Kesenian Yogyakarta kini juga menjadi tempat untuk melakukan pameran dagang, lomba, serta bazar kuliner.

6. Atraksi Dirgantara Yogyakarta

Nah, atraksi yang 1 ini memang bukan atraksi budaya. Namun kehadirannya mampu memikat banyak turis, loh! Atraksi Dirgantara Yogyakarta sesungguhnya merupakan salah satu dari serangkaian acara yang diselenggarakan dalam Gebyar Dirgantara yang rutin diadakan setiap tahun oleh FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) bekerja sama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementrian Pariwisata (Kemenpar). Acara ini merupakan acara yang berskala internasional karena turut dihadiri oleh peserta dari negara lain seperti Malaysia, Korea Selatan dan Australia. Jadi, jika kamu sedang tidak ingin menonton atraksi budaya, maka atraksi yang 1 ini bisa menjadi pilihanmu.

7. Pawai Budaya Tugu Jogja

Ulang tahun Jogja selalu diadakan dengan sangat meriah oleh pemerintah Yogyakarta setiap tahunnya, tepatnya setiap tanggal 7 Oktober. Salah satu acara perayaan ulang tahun Jogja adalah acara Pawai Budaya Tugu Jogja ini. Acara pawai yang 1 ini menampilkan berbagai macam atraksi kesenian yang dijamin, pasti akan memikat para turis. Selalu dimulai setelah pukul 18.30 dan biasanya selalu diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di Jogja, yang mana biasanya masing-masing kecamatan diwajibkan untuk menampilkan atraksi seni dengan tema wayang. Rute Pawai Budaya dimulai dari Jalan Sudirman ke arah Tugu Jogja dan pada setiap tahunnya dilakukan memiliki yang berbeda-beda.

8. Reog Dhodhog Gunung Kidul

Gunungkidul merupakan salah 1 wilayang wisata di pulau Jawa yang sangat terkenal, bahkan oleh para turis mancanegara berkat atraksi keseniannya yang sangat tersohor. Di Gunungkidul terdapat atraksi seni yang khas, yaitu atraksi Reog Dhodhog. Yang menjadi ciri khasnya dibandingkan dengan atraksi reog lainnya adalah pada kisah yang diceritakan dalam serangkaian tariannya, di mana secara garis besar tarian tersebut bercerita tentang perseteruan dua buah kubu, kiri – kanan, hitam dan putih yang pada akhirnya dimenangkan oleh kubu putih. Biasanya tarian ini ditampilkan oleh sebanyak 26 penari yang mengenakan berbagai macam kostum keseian khas Jawa.

9. Atraksi Satwa di Gembira Loka Zoo

Kamu sedang berlibur ke Jogja dan ingin bertamasya ke kebun binatang bersama keluarga? Jangan lewatkan atraksi satwa yang selalu diadakan di Gembira Loka Zoo ini. Atraksi satwa yang ditampilkan antara lain atraksi dari beberapa hewan penghuni kebun binatang, yaitu beberapa diantaranya adalah atraksi gajah, burung kakak tua, hingga atraksi beruang. Pada atraksi ini, pengunjung dapat berinteraksi dengan para satwa dengan memberi makan. Jika kamu membawa anak-anak, mereka pasti akan menyukainya dan dapat semakin memupuk kecintaan mereka terhadap satwa. Harga tiket masuk Gembira Loka Zoo sebesar 20.000 dari Hari Senin hingga Jumat dan 25.000 di akhir pekan dan jadwal bukanya adalah dari pukul 7.30 hingga 17.30.

10. Jogja Dragon Festival

Di Jogja juga terdapat acara rutin yang diadakan setiap momen tahun baru Imlek. Terdapat serangkaian acara menarik yang tergabung dalam acara Pekan Budaya Tionghoa Jogja, di mana salah satu acaranya merupakan atraksi kesenian etnis Tionghoa, Jogja Dragon Festival. Selain menampilkan atraksi kesenian dari etnis Tionghoa, di sini sesungguhnya juga menampilkan atraksi budaya keseniat nusantara yang ikut menyemarakkan acara, loh! Diselenggarakan pada malam hari dengan rute karnaval dari Taman parkir Abu Bakar Ali hingga Alun-alun Utara. Yang menarik lainnya adalah, selain dapat menonton atraksi seni, acara ini biasanya ditutup dengan acara kembang api.

Nah, itulah beberapa atraksi menarik di Jogja yang dapat melengkapi serangkaian acara wisata kamu dan keluarga. Dijamin, kamu akan menikmatinya dan ingin menghadari acara-acara tersebut jika kembali lagi ke Jogja.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Trip and Travel