Cuaca Sedang Panas? Cobalah 10 Minuman Dingin Nan Segar Khas Indonesia Ini

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: WDnetStudio

Indonesia adalah negara tropis. Oleh karena itu, indonesia memiliki banyak potensi alam. Termasuk cuacanya yang panas saat musim kemarau. Nah nenek moyang kita dahulu, membuat berbagai minuman segar untuk menghilangkan rasa panas yang sering sekali hadir di Indonesia. Orang indonesia memanfaatkan dengan baik berbagai macam sumber daya alam di indonesia, sehingga berhasil menciptakan minuman segar yang enak di santap saat cuaca sedang panas. Nah bagi kamu- kamu yang penasaran, minuman segar apa saja yang menjadi khas indonesia? Berikut ini 10 minuman dingin khas indonesia.

1. Es Cendol

healthy 😎 #cendol #indonesia ##dessert #turisme

A post shared by Eron Lebang (@eronlebang) on

Siapa yang tidak kenal es yang satu ini? Es cendol adalah salah satu minuman segar khas indonesa yang terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan air santan dan gula merah cair. Es cendol juga disajikan dengan parutan es. Es cendol adalah salah satu minuman segar khas indonesia yang sangat terkenal. Sehingga mudah ditemukan hampir disetiap propinsi di indonesia.

2. Es Timun

Es timun adalah minuman khas aceh. Es ini terbuat dari parutan timun yang disajikan dengan lemon dan gula. Minuman ini sangat segar, karena timun yang ada di dalamnya. Timun yang di parut, memberikan kesegaran, karena timun mengandung air yang sangat tinggi. Ditambah perasan jeruk lemon, gula, dan sedikit es. Es yang dipakai adalah es parut, sehingga mudah untuk dinikmati. Es timun yang berasal dari aceh, mudah ditemukan di rumah makan khas aceh yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Es Kolak

Es kolak adalah salah satu minuman segar khas indonesia yang memiliki banyak varian. Hal ini karena buah yang di pakai dapat diganti sesuai selera. Ada kolak pisang, nangka, ubi jalar, labu, apel, bahkan durian. Akan tetapi kolak yang paling terkenal, dan umum di masak oleh ibu- ibu adalah kolak pisang dan kolak nangka. Kolak terbuat dari buah, yang disajikan dengan santan dan gula aren. Berbeda dengan cendol, kolak harus direbus dalam proses pembuatannya. Kolak dapat disajikan hangat, tetapi jauh lebih nikmat saat di campur dengan es.

4. Es Dawet

Es dawet juga menjadi salah satu minuman yang terkenal. Bahkan es ini dapat di temukan hampir di seluruh indonesia. Es dawet sendiri terbagi menjadi dua, yautu dawet ayu asal banjarnegara dan es dawt asal jepara. Perbedaan kedua dawet ini adalah, es dawet ayu memakai tepung beras dan tepung ketan. Sedangkan es dawet hanya memakai tepung beras. Es ini disajikan dengan gula merah cair,atau juga dapat di tambah nangka, sehingga terasa lebih sedap.

5. Es Teller

#EsTeller #JavaNine

A post shared by Deny Eka (@denyekalovephotography) on

Es teller adalah es yang berisi macam- macam. Es teller juga mudah ditemukan hampir di seluruh indonesia. Es teler adalah es yang berisi alpokat, nangka, mutiara, agar- agar, yang di campur dengan sirup, susu, dan es parut. Es teller juga biasanya di tambahkan potongan kecil roti. Es ini sangat segar, karena buah- buahan di dalamnya. selain itu, es ini juga enak, dan mudah ditemukan.

6. Lahang

Lahang adalah minuman yang terbuat dari sadapan dari nira pohon aren. Karena berasal dari pohon aren, lahang sudah memiliki rasa manis, tanpa perlu tambahan gula. Lahang juga memiliki manfaat karena memiliki kemampuan mengembalikan ion tubuh. Sehingga lahang adalah minuman isotonik yang alami. Lahang sangat segar, jika diminum dalam kondisi dingin. Apa lagi jika diminum sesaat setelah di ambil dari pohonnya.

7. Es Oyen

Es oyen adalah minuman khas Bandung. Es oyen sering dipakai sebagai menu untuk berbuka puasa, karena rasanya yang segar. Es oyen terbuat dari kumpulan buah- buahan, yang di campur dengan pacar cina, es, dan susu kental manis. Buah- buahan yang di pakai biasanya nangka, alpokat, melon, dan semangka. Es oyen disajikan dengan parutan es, sehingga menambah kesegaran. Es oyen terkadang di tambah jeruk manis, kolang kaling, serta durian.

8. Selendang Mayang

Selendang mayang ini enak sekali dinikmati di berbagai situasi, bisa dicampur dg es Batu atau dimakan biasa aja juga tetep enak…. Yang paling aku suka iku kuah santan + gula merahnya, harum banget lo… Ini aq share resepnya yaa…. SELENDANG MAYANG ———————————————————— BAHAN : 1 bungkus tepung hunkwe 4 sdm gula pasir / sesuai selera Pewarna makanan secukupnya (merah, hijau) 500 ml air BAHAN KUAH : 6 butir gula merah ukuran kecil Gula pasir secukupnya jika dirasa kurang manis 1 sachet santan kara ukuran 65 ml 700 ml air 3 lembar daun Pandan CARA MEMBUAT : cmpur tepung hunkwe bersama dg air, gula pasir, aduk sampai tercampur rata, kemudian baru di masak dan di aduk diatas api kecil saja, aduk terus sampai mengental dan meletup2, setelah itu angkat dan bagi menjadi 3, masing2 beri warna merah dan hijau sisanya biarkan putih saja, kemudian cetak atau tuang dalam loyang diamkan dan biarkan dingin kemudian potong2. Untuk membuat kuahnya, campur semua bahan jadi satu aduk diatas api sedang sampai tercampur rata, kemudian tunggu mendidih dan matikan api. Untuk penyajian bisa dimakan selagi hangat atau bisa juga dg campuran es Batu #selendangmayang #fotokusedap #fotomasak #sajiansedap #belajarbaking #doyanbaking #masakid #shareresep #berbagiresepkue #berbagiresep #ykmk2014 #ykmk2014_recipes #resepmasakan #resepyummy #resepkokiku #reseproemah #hobbycooking #bisabikin #anekamasakandankue #cakedankue #jajanpasar #kuetradisional #indonesianfood #instafoodie #foodlovers #yummy #foodphotography #foodposts #foodporn

A post shared by Rifqyatus surfi (@rifqyatussurfi) on

Selandang mayang adalah minuman khas betawi. Minuman segar ini terbuat dari sagu aren yang di bentuk seperti agar- agar dengan warna yang bermacam- macam. Akan tetapi, kini di betawi sendiri, selendang mayang semakin jarang ditemukan. Selendang mayang di sajikan dengan air santan dan gula jawa yang dicairkan. Lalu ditambah dengan es yang telah diserut. es ini sendiri masih dapat dijumpai di daerah gelodok. Walau jarang ditemukan, es selendang mayang, masih menjadi minuman penyegar, dikala panas di jakarta.

9. Limun Sarsaparilla

Limun Sarsaparilla adalah minuman khas kaum ningrat di yogyakarta. Hal ini, karena harga Limun Sarsaparilla yang tidak murah. Hanya kaum berada dan memiliki uang lebih yang dapat meminum minuman ini di Yogyakarta pada jaman dahulu. Limun Sarsaparilla adalah minuman berkarborasi, sehingga saat di minum serasa sedang meminum air soda. Selain itu, bau mint yang di hadirkan oleh minuman ini, membuat minuman ini mampu melegakan tenggorokan dan hidung. Limun Sarsaparilla kini dapat disantap oleh semua orang, karena menjadi salah satu oleh- oleh khas Yogyakarta.

10. Es Doger

Did you know that ES DOGER is one of the most popular traditional es campur in Indonesia?? (Coba search Google deh klo ga percaya 😉) . Asalnya dari Jawa Barat, tapi di Tekko juga ada ES DOGER lo… terbuat dari santan asli (bukan yang ready-made), dan isi nya lengkap.  Ada apukat, tape singkong, tape ketan item, mutiara, kelapa muda dan nangka.. topped with susu kental manis.. UENAKKK e POLLL 😍😍 one of TEKKO'S BEST DESSERTS.  Be sure to try this one when you visit Tekko next.. 😊 . Only at Tekko, Jl HR Muhammad 41 A, Telp: 031-738-5777 dan tersedia di Go Food. . #tekkoribs #tekkosurabaya #ribs #iga #kuliner #kulinersurabaya #surabayakuliner #kulinersby #makan #makanan #enak #enakbanget #maknyus #yummy #yummyfood #delicious #tasty #indonesianfood #family #khassurabaya #surabayafoodies #surabayafood #esdoger #santan #kelapamuda #apukat #tape #mutiara #nangka

A post shared by The Original Indonesian Ribs (@tekko_ribs) on

Es doger adalah salah satu jenis es yang biasa hadir menjadi salah satu menu di acara- acara hajatan yang ada di indonesia, terutama di wilayah betawi. Es ini terbuat dari doger, yang dicampur air santan. Pada perkembangan jaman, es doger mulai mengalami penambahan, dengan ditambahkannya alpukat, pacar cina, hingga ketan hitam, sehingga rasa es doger semakin enak. Es doger yang disajikan dengan es serut, membuatnya menjadi minuman segar yang disukai oleh semua orang.

Nah itu tadi, 10 minuman segar khas indonesia. Karena indonesia memiliki iklim tropis, banyak minuman dingin yang diciptakan oleh nenek moyang, untuk memberikan kesegaran di saat cuaca sedang panas- panasnya. Nah bagi kamu yang sedang haus, dan ingin mencoba yang segar- segar, cobalah minuman segar khas indonesia ini. Dijamin dahaga langsung hilang, dan badan lebih segar, karena minuman khas indonesia ini terbuat dari bahan alami, yang tidak berbahaya bagi tubuh. Selamat Menikmati.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary