10 Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Putih

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: JerzyGorecki

Kunyit putih adalah salah satu tanaman herbal yang memberikan manfaat bagi manusia. Tanaman ini biasa tumbuh dipekarangan rumah, atau bisa juga kita budi dayakan agar tidak punah atau bahkan mudah ditemukan orang-orang disekitarnya. Tanaman ini sangat mudah sekali lho perawatannya, tidak perlu menggunakan cara khusus untuk membuat tanaman ini bertahan hidup. Tapi tahukah kamu jika ternyata kunyit putih juga dapat mengakibatkan efek negatif pada tubuh kita. Jika kamu belum tahu tentang hal ini, yuk simak 10 poin yang berikut ini, tentang manfaat dan efek samping kunyit putih.

1. Sembelit

Jika kamu sering mengalami sembelit ketika pagi, maka kali ini kamu akan mendapatkan tips untuk melancar BAB. Zat yang terkandung dalam kunyit mampu membantu untuk melancarkan BAB mu setiap pagi. Cara memanfaatkanny cukup mudah lho, cukup memotong kunyit putih tipis-tipis dan menjemurnya dibawah sinar matahari. Setelah mengering kamu bisa menghaluskannya dan merebusnya dengan air bersih. Setelah air rebusan kunyit hangat kamu bisa meminumnya dengan mencampurkan gula merah.

2. Anti Oksidan

Mencegah radikal bebas bisa dengan mengonsumsi kunyit putih lho. Kandungan curcumin dalam kunyit putih mampu menangkal berbagai sumber radikal bebas, yang hendak menyerang tubuh mu. Cara memanfaatkanny cukup mudah lho, cukup memotong kunyit putih tipis-tipis dan menjemurnya dibawah sinar matahari. Setelah mengering kamu bisa merebusnya dengan air bersih, dan meminumnya ketika sudah hangat atau dingin.

3. Maag

Tahukah kamu jika maag dapat menyebabkan kematian, tentu hal tersebut sangat tidak diinginkan semua orang. Tapi jangan khawatir karena kunyit putih dapat meredahkan maag yang kambuh sewaktu-waktu. Cara memanfaatkannya cukup mudah lho, cukup memotong kunyit putih tipis-tipis dan menjemurnya dibawah sinar matahari. Setelah mengering kamu bisa merebusnya dengan air bersih, dan meminumnya ketika sudah hangat atau dingin.

4. Pencegah Kanker

Tahukah kamu jika kunyit putih mengandung enzim yang mampu melawan sel kanker pada tubuh. Kandungan curcumin pada kunyit putih mampu melawan radikal bebas yang menyerang tubuh kita. Cara memanfaatkan kunyit putih ini cukup mudah lho, hanya dengan memarut dan memeras air pada kunyit lalu meminumnya. Dengan meminum air perasan kunyit sel kanker pada tubuh akan melemah dengan sendirinya, dan sel kanker akan semakin melemah dan mudah mati jika kunyit putih dikonsumsi secara rutin.

5. Mencegah Depresi

Kunyit putih ternyata dapat mengurangi depresi pada diri manusia lho. Kandungan pada kunyit putih mampu mengoptimalkan fungsi neurotropik yang berfungsi sebagai obat anti depresi. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah lho, hanya dengan memarut dan merebus parutan kunyit putih dengan air bersih, lali menyaringnya dan meminum air tersebut ketika hangat secara rutin. Dengan begitu depresi pada seseorang akan meredah, karena fungsi neurotropiknya sudah optimal.

6. Gangguan Lambung

Mengonsumsi kunyit putih berlebihan ternyata dapat menyebabkan gangguan pada lambung kita. Hal ini diakibat karena rasa kunyit yang pedas atau pahit sehingga asam lambung cepat naik, dan dengan demikian mengonsumsi kunyit putih berlebihan dapat membahayakan kesehatan lambung kita.

7. Mengganggu Kehamilan

Pada wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit putih, karena sifat kunyit putih dapat mendorong keluar aliran darah menstruasi. Dan oleh sebab itulah mengapa kunyit putih dapat melancarkan menstruasi, jika wanita hamil mengonsumsi kunyit putih dapat mengakibatkan efek pendarahan atau bahkan keguguran. Jika kamu saat ini sedang hamil, sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit putih karena bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Susah Diserap Tubuh

Kunyit putih sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia, seperti misalnya meredahkan maag, melancarkan menstruasi, mencegah kanker, mencegah depresi dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. Tapi tahukah kamu jika zat-zat yang terkandung dalam kunyit putih tidak semuanya dapat diserap oleh tubuh manusia dengan baik. Oleh sebab itulah terkadang tubuh tidak mendapatkan manfaat kunyit putih secara maksimal.

9. Menurunkan Efek Kemotherapi Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan jika kunyit putih terbukti dapat menurunkan efek kemotherapi pada tubuh seseorang. Oleh sebab itu sangat tidak disarankan bagi orang yang sedang menjalankan kemotherapi mengonsumsi kunyit putih dalam bentuk jamu, makanan atau suplemen dan lain sebagainya. Sebaiknya alternatif lain seperti mengonsumsi brokoli, buah bit, habbatussauda dan lain sbagainya.

10. Anemia

Ternyata mengonsumsi kunyit putih berlebihan dan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan anemia lho. Kunyit putih sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang karena dapat merusak sel darah putih dan sel darah merah manusia. Mengapa demikian ? karena kunyit putih dapat memicu penurunan kadar gula dalam tubuh kita, sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh kita mengalami kekurangan gula darah. Salam Sehat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health