10 Makanan Unik Di Indonesia

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Jyleen21

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan kuliner yang begitu terkenal di dunia. Banyak negara asing yang suka dengan kuliner khas Indonesia, dan bahkan rela datang ke Indonesia demi merasakan lezatnya kuliner nusantara yang kaya akan rasa. Indonesia tidak hanya punya makanan yang khas saja lho, tapi ada banyak sekali makanan unik yang dapat kamu rasakan di Indonesia. Mau tau seperti apa makanan unik dari Indonesia ?? yuk simak 10 makanan unik yang berikut ini.

1. Gado-Gado

A post shared by Cal Tavera (@cal_tavera) on

Makanan unik yang satu ini menjadi makanan yang sangat popular Indonesia, makanan ini sangat unik karena menggunakan berbagai macam sayuran di dalamnya. Tahukah kamu jika Gado-Gado adalah salah satu makanan Indonesia yang masuk dalam makanan terbaik di dunia. Makanan ini banyak dijual di warung ataupun restoran yang ada di Indonesia, dan harga dari makanan unik yang satu ini relatif terjangkau. Dengan uang Rp. 10.000,- hingga Rp. 25.000,- kamu sudah bisa mendapatkan Gado-Gado dengan rasa yang lezat.

2. Botok Tawon

Jika pada umunya Tawon hanya dimanfaatkan madunya, tapi lain hal nya dengan orang-orang yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Orang-orang biasa memanfaatkan Tawon untuk dimasak menjadi botok, biasanya mereka menambahkan ikan teri atau parutan kelapa muda. Makanan ini menjadi salah satu makanan terunik yang ada di Indonesia, dan makanan ini rasanya sangat lezat sekali.

3. Ulat Sagu

A post shared by OLI_88 (@oli_88) on

Jika beberapa orang menganggap Ulat adalah hewan yang menjijikan, tapi lain halnya dengan orang-orang di Papua dan NTB. Ulat Sagu adalah makanan yang sangat lezat bagi mereka, dan bahkan mereka biasa memakan Ulat Sagu ini mentah-mentah sebagai obat kuat. Ulat ini biasanya ditemukan di pohon sagu atau pohon kelapa yang sudah mati.

4. Sate

Sate adalah makanan yang biasa bagi orang Indonesia, tapi lain halnya dengan orang yang berada diluar Indonesia. Sate adalah makanan yang unik dan lezat rasanya, makanan ini sangat unik karena daging yang digunakan ditusukkan pada bamboo dan dibakar diatas arang. Biasanya sate terbuat dari ayam, sapi ataupun kambing. Hanya dengan Rp. 15.000,- hingga Rp. 25.000,- sate sudah bisa dinikmati dengan lontong ataupun nasi.

5. Ceker Setan

Jika pada umumnya ceker ayam tidak dimakan atau dibuang, maka lain halnya dengan orang-orang di Indonesia. Ceker adalah salah satu makanan khas yang ada di Indonesia, biasanya ceker ini di masak dengan bumbu rempah dan caabai sehingga mendapatkan rasa yang pedas. Ceker Setan bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp. 10.000,- satu porsi dan bisa kamu makan dengan lontong ataupun nasi hangat.

6. Belalang Goreng

A post shared by Fifi Kuo (@vv_luv_eat) on

Makanan unik yang selanjutnya adalah belalang goreng, terdengar sangat aneh bukan ?? Jika kamu pergi ke Manado belalang goreng adalah makanan yang sangat merakyat disana. Biasanya mereka memberikan sedikit garam dan menggoreng belaalng tersebut dengan minyak yang sangat panas hingga krispi. Belalang goreng biasanya dimakan sebagai lauk atau sebagau camilan di sore hari.

7. Rujak Cingur

Rujak pada umumnya berasal dari buah, sayur dan kulit sapi, tapi kali ini rujak cingur tebuat dari mulut sapi. Kedengarannya memang sangat aneh dan menakutkan. Tapi tahukah kamu jika rujak cingur ini adalah makanan yang sangat disukai banyak orang, bahkan orang-orang dari luar negeri. Rujak cingur biasanya dimakan dengan nasi atau lontong, serta di beri toping bumbu kacang diatasnya ddan kerupuk udang. Rujak cingur bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp. 8000,- hingga Rp. 15.000,- di warung atau restoran di Indonesia.

8. Sate Buaya

A post shared by Cahyo (@cahyo_bs) on

Makanan unik yang berikutya adalah sate buaya ala Indonesia. Makanan unik ini mejadi salah satu makanan favorit dan berguna untuk mengobati kelainan pada kuit. Sate ini memang jarang sekali dijual, dan hanya restoran tertentu saja yang menjual sate buaya ini. Harga yang dibandrol untuk sate buaya ini harganya cukup mahal mungkin diatas Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000,-.

9. Sate Kerang

A post shared by Lisa Marzelina (@lisamarzel) on

Sate kerang adalah sate yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, makanan unik yang satu ini biasanya ditusuk dengan batang bambu tipis. Selain itu sate kerang biasanya ditambahkan dengan rempah ataupun sambal untuk rasa yang pedas. Kamu bisa mendapatkan makanan ini hanya di beberapa daerah di Indonesia, dan harga dari sate kerang ini sekitar Rp. 5000 ,- .

10. Tikus Panggang

Tikus adalah hewan hama yang biasa di basmi semua orang, tapi lain halnya dengan beberapa orang di Indonesia. Tikus bisa dimakan dengan cara di panggang, biasanya tikus panggang ini diberi bumbu rempah dan kecap untuk mendapatkan rasa yang gurih dan lezat. Harga dari tikus panggang ini sekitar  Rp. 15.000 keatas tergantung ukuran tikus itu sendiri. Selamat Mencoba !

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Makanan