10 Manfaat Teknologi Penginderaan Jauh

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

SateliteSource: wikipedia

Penginderaan jauh atau inderaja merupakan teknik ‘melihat’ atau mengukur benda dari jarak jauh, tanpa melihat langsung benda tersebut. Alat yang menggunakan teknik penginderaan jauh misalnya satelit untuk melihat permukaan bumi, atau ultrasonik pada pemeriksaan bayi. Apa saja manfaat penginderaan jauh bagi kehidupan sehari-hari? Simak 10 hal menarik berikut.

1. Memperoleh gambaran peta digital seperti Google Maps


Source: FirmBee

Siapa yang tak kenal Google Maps. Aplikasi peta ini sangat berguna bagi kita untuk menemukan rute jalan, restoran terdekat, atau hotel yang direkomendasikan. Tetapi dari manakah Google Maps memperoleh gambaran petanya? Google Maps memperolah gambaran peta dengan cara penginderaan jauh melalui satelit. Dengan penginderaan jauh, kita dapat melihat berbagai tempat di dunia hanya dengan ujung jari.

2. Mengetahui jumlah satwa yang terancam punah


Source: skeeze

Salah satu manfaat dari penginderaan jauh adalah untuk memantau satwa liar di habitat aslinya. Salah satunya adalah untuk menghitung jumlah beruang kutub di Kutub Utara. Beruang kutub merupakan salah satu satwa yang paling terancam punah karena adanya pemanasan global. Dengan penginderaan jauh melalui satelit, para peneliti dapat memperoleh gambaran beruang kutub di habitat aslinya.

3. Mengetahui tingkat kelembaban tanah


Source: daeron

Mengetahui tingkat kelembaban tanah sangat penting untuk memperoleh gambaran siklus air dan untuk menentukan prakiraan cuaca. Tingkat kelembaban tanah juga memungkinkan kita untuk meramalkan adanya kekeringan atau banjir. Teknik penginderaan jauh digunakan untuk mengetahui kelembaban tanah melalui satelit di luar angkasa. Satelit dari luar angkasa akan memperoleh gambaran kelembaban tanah melalui sensor-sensor khusus yang memancarkan gelombang radiasi.

4. Mendeteksi harta dan properti


Source: Referencement

Kadang orang berusaha menyembunyikan rumah mewah atau vila pribadi dengan kolam renang hanya untuk menghindari pajak. Namun, jangan coba-coba melakukan hal ini di Atena. Ibu kota Yunani ini mendeteksi harta properti penduduknya dengan data satelit. Di tahun 2010, di negara ini terdapat 15.000 kolam renang yang luput pajak. Yunani telah berhasil meningkatkan pendapatan pajak negara dengan teknologi penginderaan jauh.

5. Memprediksi pendapatan dan keuntungan investasi


Source: fill

Bagaimana teknologi penginderaan jauh dapat meramalkan pendapatan suatu bisnis dan untung tidaknya suatu investasi? Mudah saja, dengan memperoleh gambaran tempat parkir dari tempat bisnis tersebut. Dengan satelit, para analis bisnis dapat memperoleh data jumlah kendaraan yang diparkir di sebuah tempat bisnis. Logikanya mudah saja: semakin banyak kendaraan yang diparkir di sebuah tempat bisnis, maka pendapatan bisnis tersebut akan semakin besar.

6. Mencari lokasi dan korban kecelakaan pesawat


Source: JayMantri

Kecelakan pesawat kadang terjadi di tempat yang tidak terduga dan sulit dijangkau, misalnya di tengah lautan atau di dalam hutan. Saat kecelakaan fatal seperti ini terjadi, teknologi penginderaan jauh dengan satelit sangat berguna dalam upaya penyelamatan korban kecelakaan. Dengan penginderaan jauh, tim penyelamat akan dapat mencari lokasi terjadinya kecelakaan pesawat dan mencari korban kecelakaan.

7. Mendeteksi kebocoran minyak di laut


Source: tpsdave

Kebocoran pada kilang minyak lepas pantai dapat mencemari lingkungan laut dan membahayakan makhluk hidup di dalam laut. Kebocoran minyak memerlukan penanganan yang cepat sebelum area yang tercemar semakin meluas. Penginderaan jauh melalui satelit akan dapat mendeteksi area mana yang telah tercemar. Teknologi penginderaan jauh juga dapat mengidentifikasi arah pergerakan polutan minyak.

8. Mengukur kecepatan angin


Source: HonzaCech

Informasi akurat mengenai kecepatan akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menggemari olahraga selancar, terjun paying, atau golf. Bahkan pilot dan para petani pun sangat memerlukan informasi arah dan kecepatan angin. Teknologi penginderaan jauh degan memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi akurat mengenai kecepatan angin. Salah satunya adalah scatterometer QuickSCAT yang sedang dikembangkan oleh NASA.

9. Menciptakan mobil autopilot


Source: Unsplash

Teknologi mobil tanpa pengemudi atau mobil autopilot juga merupakan hasil dari penginderaan jauh. Mobil yang tidak memerlukan manusia untuk mengemudikan ini memadukan teknologi GPS dan satelit untuk ‘melihat’ rambu-rambu lalu lintas, jalan raya, dan bahkan halangan, misalnya orang yang sedang menyeberang jalan. Dengan software khusus yang ditanam dalam mobil, teknologi penginderaan jauh memungkinkan mobil untuk melaju aman tanpa dikemudikan manusia.

10. Memonitor polusi udara


Source: sm-ekb2005

Di beberapa negara, misalnya Cina, tingkat polusi udara sangat tinggi karena polusi asap dari aktivitas industri. Sebanyak 80% dari kota dengan tingkat  polusi tertinggi di dunia berada di Cina. Teknologi penginderaan jauh dengan satelit memungkinkan untuk memetakan tingkat polusi di suatu daerah. Caranya adalah dengan mendeteksi kadar karbon monoksida, yang merupakan polutan utama bagi udara.

Penginderaan jauh memiliki sangat banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan lingkungan hidup. Para peneliti ilmiah pun tidak berhenti untuk terus mengembangkan fungsi dari penginderaan jauh ini. Siapa tahu di masa depan kita akan menemukan manfaat baru dari penginderaan jauh.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle