10 Hal yang Penting Dijaga oleh Ibu Menyusui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Nursing MotherSource: PublicDomainPictures

Tidak hanya ibu hamil, ibu yang sedang menyusui pun wajib menjaga beberapa hal untuk kesehatannya dan si kecil. Memiliki produksi ASI yang cukup terkadang membutuhkan beberapa upaya lebih. Dan jika berbicara tentang menyusui, sama saja dengan membahas banyak aspek yang dapat menentukan kesuksesukan seorang ibu dalam menyusui anaknya hingga lebih kurang 2 tahun lamanya. Tidak hanya soal payudara, namun akan merambah ke hal-hal lainnya seperti masalah hormon serta kondisi psikilogis si ibu. Nah, berikut ini adalah 10 hal yang penting dijaga oleh ibu menyusui agar ibu bisa sukses menyusui si kecil tanpa rasa khawatir berlebihan.

1. Menjaga Asupan Makanan


Source: Wow_Pho

Makanan merupakan faktor terpenting yang perlu dijaga oleh seorang ibu yang sedang menyusui. Sesungguhnya ibu menyusui  tidak hanya harus banyak makan karena akan terus menerus merasa lapar. Tapi ibu menyusui juga harus tetap memperhatikan kandungan nutrisi dari apa saja yang dimakan. Sehingga air susu ibu yang dialirkan memiliki banyak kandungan bermanfaat yang penting untuk pertumbuhan bayinya. Hindari memakan makanan yang mengandung terlalu banyak MSG serta makanan berpengawet. Banyaklah memakan sayur-sayuran hijau serta buah-buahan segar agar air susu ibu mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh bayi.

2. Menjaga Kebersihan Payudara


Source: Pexels

Bayi yang baru lahir memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah. Oleh karena itu, sebisa mungkin apapun yang berada di sekitar bayi diusahakan sesteril mungkin agar bayi tidak mudah terkena bakteri dan kuman. Mengurus bayi yang sehat sudah sangat menguras tenaga ibu, apalagi jika bayi sakit. Itulah kenapa menjaga kebersihan payudara juga merupakan hal penting demi kesehatan bayi yang disusui. Bersihkan payudara sesaat akan menyusui dengan air hangat dan bilas kembali payudara setelah bayi selesai menyusu. Menggunakan pakaian dalam serta baju yang bersih juga sangat dianjurkan agar kesehatan bayi tetap terjaga.

3. Menjaga Pikiran


Source: PublicDomainPictures

Tahukah Anda bahwa menjaga pikiran agar selalu tetap tenang dan positif merupakan salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan menyusui bayi hingga 2 tahun? Adalah sangat penting untuk menjaga pikiran agar selalu optimis dan percaya bahwa Anda akan mampu menyusui bayi Anda hingga 2 tahun. Jangan khawatir berlebihan jika ASI Anda kurang karena justru itulah yang akan menghambat produksi ASI. Semakin Anda bisa berpikir postitif dan tetap tenang, maka hal tersebut akan membantu memperbanyak produksi ASI. Hindari stress yang berlebihan agar bayi Anda pun juga dapat menyusu dengan nyaman.

4. Menjaga Stamina Badan


Source: PublicDomainPictures

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kesuksesan dalam menyusui juga dikarenakan faktor kesehatan si ibu. Jika ibu memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan mudah sakit, maka produksi ASI nya pun juga akan terhambat. Namun, jika ibu memiliki badan yang bugar, maka hal tersebut akan semakin memperlancar proses produksi ASI. Jadi, jagalah kesehatan tubuh Anda dengan rutin melakukan olahraga serta makan makanan yang bergizi. Selain itu, beristirahatlah di saat ada waktu sehingga Anda dapat menghemat tenaga yang akan terus terkuras di masa awal pertumbuhan bayi Anda. Berbagi tugaslah dengan pasangan agar kesehatan tubuh serta pikiran Anda tetap terjaga.

5. Menjaga Kenyamanan saat Menyusui


Source: Laure

Ada banyak faktor yang bisa menentukan kesukseskan seorang ibu dalam menyusui. Namun sayangnya, faktor-faktor tersebut tidak selalu abadi. Mungkin saat ini ada ibu yang produksi ASI nya sedikit, namun di dalam waktu yang lain dan dalam kondisi yang berbeda, si ibu berhasil mengeluarkan banyak ASI. Hal ini juga dikarenakan rasa nyaman. Rasa nyaman di sini diantaranya ditentukan oleh tempat di mana ibu menyusui bayinya (Apakah tempatnya layak? Apakah menyusui di tempat yang terbuka dan dapat dilihat orang banyak?), bagaimana baju yang ibu kenakan saat menyusui (Apakah ibu menggunakan bra menyusui yang nyaman? Apakah bahan baju yang ibu kenakan tidak mempersulit proses menyusui?) hingga nyaman dari sisi psikologis (Apakah ibu sedang stress dan tertekan?). Jadi, jagalah rasa nyaman Anda ketika Anda hendak menyusui si kecil karena faktor ini juga menentukan produksi ASI.

6. Menjaga Kesehatan Payudara


Source: Foundry

Bukan hanya kebersihan, tapi kesehatan payudara ibu menyusui juga perlu mendapat perhatian. Di saat pertama kali menyusui, payudara ibu akan mendapat cukup banyak masalah. Misalnya payudara bengkak karena produksi ASI banyak namun tidak bisa keluar dengan deras karena beberapa faktor. Misalnya, bayi belum bisa menyusui dengan benar sehingga payudara lecet atau payudara terkena bakteri sehingga aliran ASI tersumbat. Untuk itulah menjaga kesehatan payudara penting sekali. Sebaiknya jika payudara Anda bermasalah dalam mengeluarkan ASI, berkonsultasilah kepada konselor laktasi atau dokter agar masalah kesehatan payudara Anda dapat ditangani dengan baik.

7. Menjaga Diri dari Asap Rokok


Source: eko susanto

Tidak hanya ibu hamil saja yang harus menjaga diri dari paparan asap rokok, tapi ibu menyusui juga. Tahukah Anda apabila Anda masih aktif merokok di dalam masa menyusui maka itu akan membahayakan bayi Anda? Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa ASI yang dikeluarkan dari payudara ibu yang aktif merokok dapat menyebabkan bayi mual, muntah, diare bahkan keram perut berkepanjangan. Selain itu, bayi juga lebih beresiko terkena asma dan memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Sebisa mungkin hindari asap rokok di saat Anda masih menyusui bayi demi kesehatan dan keselamatan buah hati Anda.

8. Menjaga Konsumsi Minuman Tertentu


Source: shixugang

Apakah ibu menyusui boleh minum kopi? Jawabannya adalah iya. Apakah ibu menyusui boleh meminum minuman bersoda? Jawabannya juga iya. Minuman-minuman ini sesungguhnya bukan pantangan untuk ibu menyusui. Hanya saja, sebisa mungkin dihindari dan diminum dalam jumlah yang sangat terbatas. Sesungguhnya bahaya kafein bagi produksi ASI tidak begitu signifikan meskipun beberapa penelitian membuktikan bahwa kafein mampu membuat produksi ASI menurun hingga membuat bayi tetap terjaga sepanjang malam. Konsumsilah kopi dan minuman bersoda seperlunya saja untuk menjaga kualitas air susu Anda.

9. Menjaga Frekuensi Menyusui dan Memompa Payudara


Source: Caitlin Regan

Di dalam konsep laktasi, ada istilah “supply and demand”. Di mana artinya, semakin banyak permintaan terhadap air susu, maka air susu yang diproduksi juga akan semakin banyak. Dengan kata lain, jika Anda ingin produksi ASI Anda meningkat, maka rajin-rajinlah “mengeluarkan” ASI atau mengosongkan payudara Anda dengan rajin menyusui si kecil dan memompa payudara secara rutin. Cara ini dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI dengan signifikan dan menjaga air susu untuk selalu mengalir sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda. Mungkin Anda merasa terlalu lelah untuk sering menyusui atau memompa payudara. Namun, lihatlah bayi Anda dan jadikan motifasi agar produksi ASI Anda meningkat.

10. Menjaga Kestabilan Hormon


Source: skeeze

Jika berbicara tentang ASI, maka konselor laktasi dan dokter akan sering menyebutkan perihal hormon. Ya, hal ini dikarenakan produksi ASI sangat erat kaitannya dengan hormon-hormon yang ada dalam tubuh si ibu. ASI sendiri bisa keluar dari payudara karena adanya hormon prolaktin dan oksitosin yang diransang oleh isapan bayi pada payudara. Inilah kenapa untuk menjaga produksi ASI, maka bayi harus sering mengisap payudara ibu karena hanya dengan memompa payudara saja dan memberikannya kepada si kecil tidak begitu berhasil untuk meningkatkan produksi ASI. Jadi, teruslah menyusui bayi Anda untuk menjaga kestabilan produksi ASI.

Nah, itulah 10 hal penting yang harus dijaga dan menjadi perhatian khusus bagi ibu menyusui. Jika Anda ingin berhasil menyusui bayi hingga 2 tahun, ajaklah pasangan Anda bekerja sama dengan memberi perhatian lebih pada poin-poin di atas.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Children, Health, Pregnancy