Ketahui 10 Penyebab Bibir Bengkak dan Lakukan Perawatan dengan Tepat

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Bessi

Bibir bengkak baik pada satu bagian atau kedua- duanya terjadi karena adanya penumpukan cairan atau peradangan pada jaringan bibir. Kondisi tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya masalah pada tubuh, dan memerlukan penanganan dengan segera. Karena bibir bengkak dapat terasa sangat menyakitkan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Simak apa saja penyebab dan bagaimana mengatasi kondisi bibir bengkak tersebut.

1. Alergi Makanan

Source: Unsplash

Bibir bengkak merupakan gejala yang umum adanya alergi yang menyerang tubuh. Pada seseorang yang memiliki alergi pada bahan makanan tertentu sangat mungkin akan mengalami pembengkakan pada bibir. Makanan yang seringkali dapat memicu alergi misalnya telur, produk susu, kacang – kacangan dan juga kerang – kerangan. Pembengkakan pada bibir hanya awal reakai alergi dan kemungkinan akan berlanjut gatal – gatal pada wajah hinga kesulitan bernapas. Segera berikan bantuan media jika kondisi semakin memburuk, penanganan yang cepat dan tepat dapat menghindarkan bahaya yang mungkin terjadi.

2. Sengatan Serangga

Source: PublicDomainPictures

Pembengkakan pada bibir juga bisa terjadi karena reaksi alergi dari gigitan serangga, tawon misalnya. Mungkin bagi sebagian orang gigitan serangga tidak akan terlalj memberi pengaruh hingga membuat bibir bengkan. Namun akan lain kondisinya jika yang terkena gigitan serangga adalah seseorang yang memiliki alergi, sebab tak hanya bibir saja yang bengkak kemungkinan bisa membuat sesak napas hingga jantung berdebar- debar dan pusing kepala. Segera periksakan kondisi tersebut pada petugas medis untuk mendapatkan pengobatan secara tepat.

3. Faktor Lingkungan

Source: Tudor44

Bibir yang tak memiliki rambut atau dengan kata lain tak memiliki perlindungan menjadikannya sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan yang buruk. Misalnya saja seperti karena paparan sinar matahari sehingga membuat bibir kering dan terlihat bengkak. Pemberian perlindungan dan perawatan yang tepat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut, misalnya dengan menaplikasikan produk perawatan khusus bibir seperti lip balm atau krim bibir untuk mencegah iritasi.

4. Akibat Cedera

Source: Unsplash

Penyebab dari bibir bengkak yang selanjutnya ialah karena adanya cedera, baik disengaja ataupun tidak. Cedera tersebut misalnya berkaitan dengan kecelakaan yang mengakibatkan memar pada bagian bibir yang mungkin didapat pada saat sedang berolahraga, atau kecelakaan lainnya. Kondisi bibir bengkak tersebut bisa sembuh dengan sendirinya tergantung dari tingkat keparahan yang dialami. Konsultasikan segera pada dokter atau petugas medis terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih tepat.

5. Iritasi Penggunaan Kawat Gigi

Source: Oswaldoruiz

Memasang kawat pada gigi memang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan gigi dan mulut. Namun pemasangan yang tidak sesuai dengan prosedur dan atau menggunakan jasa pemasangan yang bukan petugas medis yang berkompetwn dibidangnya bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti bibir bengkak dan iritasi lainnya. Dan jika ingin melakukan pemasangan kawat gigi atau behel ataupun perawatan gigi dan mulut lainnya, lakukan pada ahlinya bukan pada tukang gigi di pinggir jalan karena keamanannya tidak diketahui.

6.  Makanan Pedas

PepperSource: LoggaWiggler

Mengkonsumsi makanan yang memiliki citarasa pedas memang dapat menggugah selera makan, namun hal ini juga dapat membuat bibir terlihat bengkak. Pembengkakan pada bibir ini terjadi karena bibir mengalami iritasi dan mati rasa karena konsumsi makanan pedas yang berlebihan, namun tak perlu khawatir sebab bibir bengkak akan kembali seperti semula dengan memberikan kompres air dingin. Karenanya kurangi menyantap hidangan yang memiliki rasa pedas, lagi pula juga kurang baik untuk pencernaan.

7. Konsumsi Obat Tertentu

Source: Brett_Hondow

Dalam beberapa kasus alergi karena konsumsi obat, seseorang bisa saja mengalami pembengkakan pada bibirnya. Obat – obatan yang mungkin dapat menimbulkan reaksi alergi misalnya saja obat anti inflamasi, anti biotik tertentu, dan juga obat penurun tekanan darah. Dan bila memiliki alergi pada obat – obatan segera konsultasikan kondisi tersebut agar dokter dapat memberikan obat secara tepat dan resiko alergi yang ditimbulkan dapat dihindari.

 8. Kompres Dingin Sebagai Pertolongan Pertama

Source: Ponce_photography

Segera setelah terjadi pembengkakan pada bibir berikan kompres dingin untuk pertolongan pertama. Selain itu pemberian kompres dingin juga cukup ampuh dalam meredakan bengkak yng terjadi. Ambil es batu kemudian bungkus dengan handuk tipis kemudian kompreskan pada bibir yang bengkak, lakukan setidaknya selama 10 menit lalu hentikan sebentar. Kemudian lanjutkan ulangi lagi hingga pembengkakan mereda sepenuhnya. Bisa juga menggunakan sendok yang  didinginkan pada freezer atau buah – buahan beku. Perlu diingat jangan pernah mengompreskan es batu secara langsung karena dapat membuat bibir ikut membeku dan terasa cukuo menyakitkan

9. Berikan Madu Sebagai Anti Bakteri

Source:Ponce_photography

Madu merupakan bahan alam yang biasa dipergunakan sebagai penyembuh alami karena memiliki sifat anti bakteri. Karena sifat itulah yang membuat madu menjadi cukup efektif dalam mengurangi peradangan yang membuat bibir bengkak. Selain itu madu juga dapat menjaga bibir tetap lembap, mencegah infeksi dan pembengkakan dan juga rasa nyeri. Oleskan madu pada bibir yang bengkak menggunakan kapas, diamkan setidaknya selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin, jika perlu ulangi penggunaannya hingga peradangan pada bibir mulai berkurang.

10. Aloe Vera Anti Inflamasi Alami

Source: Punnamjai

Aloe vera atau lidah buaya memang dikenal luaa karwna jutaan manfaatnya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Hal ini karena didalamnya terkandung sifat anti inflamasi alaminya yang sangat ampuh dalam mengatasi peradangan yang membuat bibir bengkak dan juga memgurangi rasa terbakar pada bibir akibat pembengkakan karena iritasi gigitan serangga. Gunakan ekstrak gel lidah buaya pada bibir dan beri pijatan lembut agar mengurangi rasa sakitnya. Untuk hasil yang lebih maksimal ulangi penggunaannya setidaknya tiga kali sehari selama pembengkakan terjadi.

Bibir yang bengkak bisa terjadi karena adanya trauma pada bibir yangbterjadi pada jaringan kulit bibir yang mengakibatkan peradangan. Penyebabnya bisa karena banyak hal, misalnya saja karena iritasi, infeksi atau kondisi lainnya. Penanganan dengan cepat dan tepat dapat meminimalisir keadaan tersebut.

Karenanya jaga kondisi tubuh dengan sebaik-baiknya!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kesehatan