Inilah 10 Cara Makeup untuk Bibir Tebal

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: magicphoto

Kamu yang berbibir tebal seringkali merasa tidak percaya diri dan ingin membuatnya terlihat lebih tipis. Kini tidak perlu berpikir tentang opsi operasi plastik yang mengandung risiko dan berbiaya mahal. Dengan kecanggihan kreasi makeup, kamu bisa membuat bibirmu nampak lebih kecil dengan mengikuti 10 cara makeup untuk bibir tebal berikut ini:

1. Sikat bibirmu


Source: Robert & Mihaela Vicol

Di bibir seringkali ada semacam serpihan yang mengelupas yang membuat bibir terlihat berkerut. Tahukah kamu kalau kerut-kerutan ini membuat bibir nampak semakin tebal. Bibir juga menjadi kekurangan cahaya sehingga sulit ditonjolkan. Sebelum menggunakan makeup, sikat bibirmu perlahan dengan menggunakan sikat berbulu lembut. Jangan terlalu keras, karena bibirmu bisa luka. Dengan disikat, peredaran darah lebih lancar dan memberikan efek kemerahan yang akan mendukung makeup.

2. Hilangkan rambut halus di sekitar bibir


Source: Bessi

Seringkali bibir nampak semakin besar dengan kehadiran bulu-bulu halus di sekitar bibir. Jika demikian, maka kamu dapat menghilangkan bulu-bulu tersebut dengan menggunakan metode waxing atau laser. Sebaiknya kamu menghindari metode bercukur atau menggunakan krim karena bulu akan tumbuh lebih lebat nantinya. Krim dan bercukur tidak menghilangkan bulu hingga ke akar-akarnya.

3. Gunakan lip balm


Source: Francesca Cesa Bianchi

Gunakan pelembab bibir (lip balm) sebelum kamu menggunakan apapun di bibirmu. Lip balm akan membuat bibir lebih lembut sehingga lipstik bisa menempel sempurna nantinya. Lip balm juga bisa meminimalisir efek samping dari lipstik yang kerap membuat bibir kering dan pecah-pecah. Diamkan beberapa saat, lalu  gunakan tisu dengan cara ditekan untuk menghapus kelebihan pelembab dari bibirmu. Setelah itu, kamu mulai bisa mengikuti langkah selanjutnya.

4. Gunakan alas bedak pada bibir


Source: Lisy

Foundation atau alas bedak membuat bibirmu mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Pilihlah warna alas bedak yang sesuai warna kulitmu. Oleskan tipis-tipis pada bibir sehingga menyatu dengan warna kulit. Kamu bisa dapat hasil yang lebih jika menggunakan alas bedak ke seluruh wajah sehingga warna bibir blend dengan alas bedak di wajah. Jangan lupa pilihlah alas bedak yang sesuai dengan jenis kulitmu.

5. Gunakan pensil bibir


Source: Cihan

Gunakan lip liner atau pensil bibir untuk membentuk bibir yang terlihat lebih kecil sebagaimana keinginanmu. Gambar garis bibir di dalam bibir dengan meninggalkan  sedikit ruang antar garis bibir buatanmu dengan garis bibir alamimu. Jangan lupa untuk memilih pensil bibir yang sama dengan lipstik yang akan kamu kenakan, ya. Kalau sudah selesai, kamu siap mengenakan lipstik.

6. Warna lipstik yang tepat


Source: lightstargood

Saat mengenakan lipstik pilihlah warna yang netral atau yang mendekati warna asli bibirmu. Kamu yang terbiasa mengenakan lipstik berwarna gelap perlu mempertimbangkan lipstik yang berwarna cerah seperti pink atau peach. Lipstik yang berwarna gelap dapat membuat bibirmu kelihatan lebih lebar dan tebal. Lipstik warna pink yang lembut adalah warna lipstrik yang sangat direkomendasikan untuk menyamarkan bibir yang tebal.

7. Perhatikan tekstur lipstik


Source: Pexels

Saat ini pilihan lipstrik bertekstur basah dan mengkilap banyak menjadi pilihan karena kepopulerannya. Namun, jika kamu berbibir tebal sebaiknya lupakan saja pilihan lipstik dengan tekstur ini karena dapat membuat bibir nampak semakin besar. Biasanya mereka yang berbibir tebal akan condong memilih lipstik matte untuk menunjang penampilan. Lipstik matte memberikan kesan seksi dan lebih misterius, sementara lipstik basah memberikan kesan glamor.

8. Eyeliner yang dramatis


Source: msuperwmn

Berikan efek yang dramatis dengan menggunakan warna-warna eyeliner atau eyeshadow yang lebih berani. Menonjolkan warna eyeliner dapat mengalihkan fokus ke bagian wajah yang lain sehingga membuat bibir tidak nampak terlalu tebal. Gaya eyeliner yang bisa kamu coba semisal gaya smoky eyes. Gunakan eyeliner hitam di sekeliling mata, lalu sapukan eyeshadow berwarna lembut seperti hijau atau biru muda. Pastikan warnanya serasi dengan pilihan warna lipstikmu, ya.

9. Pakai maskara


Source: Pexels

Pemakaian maskara digunakan untuk membuat bulu mati menjadi lentik dan sekaligus menonjolkan bentuk mata agar terlebih lebih besar. Sama seperti mengenakan eyeshadow yang dramatis, menggunakan maskara juga dapat mengalihkan fokus pandangan ke matamu sehingga mengurangi volume bibir. Sebaiknya kamu memilih warna maskara yang hitam ketimbang warna bening. Warna hitam akan memberikan kesan kuat pada matamu.

10. Gunakan blush on


Source: haidi

Blush on berfungsi memberikan kontur pada wajah sehingga wajah bisa dibuat kelihatan lebih tirus tergantung arah sapuan dan ketebalannya. Bagi kamu yang berbibir tebal pastikan menggunakan blush on dengan sapuan dari pipi ke atas (ke arah telinga) sehingga bibirmu akan ikut terlihat seperti ditarik ke atas dan memberikan kesan lebih tipis pada bibirmu. Tidak perlu terlalu tebal karena dapat memberikan kesan menor. Gunakan warna blush on yang serasi dengan lipstikmu.

Itulah 10 cara makeup yang membuat bibir tebalmu nampak lebih tipis, ya. Namun sebenarnya kamu harus bersyukur jika memiliki bibir tebal. Di masa lalu memang hanya bibir tipis lembut berwarna pink menjadi preferensi kecantikan tapi kini bibir tebal pun mendapat tempat istimewa. Sejak kemunculan Angelina Jolie hingga kepopuleran Kadarshian Bersaudara, bibir tebal identik dengan seksi. Kylie Jenner yang menjadi idola remaja putri ini juga selalu menonjolkan pesona bibirnya yang penuh.

Tetap percaya diri, ya.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan