10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Alexas

Penampakan bekas luka di bagian tubuh seringkali menimbulkan rasa tidak percaya diri. Kamu menjadi tidak bebas mengenakan pakaian yang kamu sukai karena harus menutupinya. Apalagi jika bekas luka tersebut berada di bagian yang mustahil ditutupi seperti tangan, wajah dan leher. Tentunya hal ini membuat kamu semakin tidak nyaman. Tenang aja, di sini ada 10 cara menghilangkan bekas luka secara alami yang bisa kamu praktikan di rumah:

1. Cocoa butter


Source: TinaKirk

Cocoa butter atau mentega cokelat adalah produk alami yang dapat menyingkirkan jaringan parut atau bekas luka. Bahan yang terkandung di dalamnya bersifat melembabkan dan melunakkan jaringan kulit. Perlahan-lahan bekas luka akan pudar dengan sendirinya jika rutin memijat area bekas luka setiap hari. Untuk hasil yang efektif, lakukan pijatan menggunakan cocoa butter di area bekas luka sebanyak empat kali sehari.

2. Gunakan minyak vitamin E

Vitamin OilSource: wikipedia

Minyak vitamin E sangat populer digunakan sebagai obat bekas luka di seluruh dunia. Hal itu karena minyak vitamin E mampu melembabkan dan bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Vitamin E dapat memperbaiki kulit yang rusak dan membuatnya menjadi lebih mulus. Campurkan suplemen vitamin E dengan minyak zaitun atau kamu bisa membeli minyak khusus vitamin E. Gunakan sedikit pada kulitmu. Jika tidak terjadi reaksi alergi berarti kamu aman untuk menggunakannya. Balurkan di bekas luka dan pijat perlahan searah jarum jam.

3. Lemon


Source: William Warby

Jus lemon adalah salah satu cara terbaik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak karena memiliki efek memutihkan kulit. Jus lemon bertindak sebagai sebagai exfoliator yang mampu mengupas jaringan yang rusak sekaligus mencerahkan kulit. Potong lemon segar dan oleskan pada bekas luka. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari hingga bekas luka menghilang.

4. Lidah buaya


Source: Unsplash

Bekas luka bisa disamarkan dengan sering-sering mengolesinya dengan lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Olesi bekas luka dengan lidah buaya, pijat perlahan dan diamkan selama 30 menit. Lalu, kamu bisa mencucinya hingga bersih. Lakukan secara rutin dua kali sehari selama satu bulan, dan rasakan bedanya.

5. Mentimun


Source: krzys

Mentimun adalah pengobatan yang efektif untuk memecah jaringan parut pada kulit sekaligus mendinginkan dan menenangkan kulit yang meradang. Bahkan mentimun dapat digunakan untuk mengobati luka ringan yang baru. Kupas ketimun, potong-potong dan haluskan di blender. Gunakan pasta mentimun pada bekas luka. Kamu bisa menyimpan sisanya di kulkas dan menggunakannya kembali nanti. Jika ingin hasil yang lebih efektif, campurkan dengan jus lemon dan lidah buaya.

6. Madu


Source: Three_shots

Madu juga merupakan pelembab alami yang dapat menyingkirkan bekas luka secara alami. Pastikan menggunakan madu mentah, bukan madu olahan. Oleskan pada bekas luka dengan dipijat selama 3 menit. Lalu, tutupi dengan handuk hangat. Tunggu hingga handuk dingin, lalu seka madu pada bekas luka hingga bersih. Untuk hasil yang lebih baik, campurkan dua sendok makan madu mentah dengan dua sendok makan baking soda.

7. Baking soda


Source: evitaochel

Bagi kamu yang sering menggunakan bahan alami untuk memutihkan kulit, pasti sudah tahu kegunaan baking soda. Yap, baking soda merupakan exfoliator yang efektif mengelupas kulit mati, termasuk bekas luka. Campurkan baking soda dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pada bekas luka dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

8. Lakukan body scrub



Untuk menyingkirkan kulit mati, lazimnya menggunakan teknik eksfoliasi dengan menggunakan scrub atau sikat bulu. Kalau kamu ingin menyamarkan bekas luka, maka rajin-rajinlah menerapkan body scrub pada kulitmu, khusus di bagian yang terdapat bekas kulit. Pengelupasan kulit mati akan berlangsung lama, sehingga kamu harus sabar dan rajin, ya. Hasilnya akan sepadan, karena kulit tidak saja menjadi mulus, tetapi juga lebih cerah lho.

9. Kentang


Source: PublicDomainPictures

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam kentang mampu menyehatkan dan menyembuhkan kulit. Gunakan jus kentang segar untuk memudarkan bekas luka atau cukup irisan tipis kentang ditempelkan pada bekas luka. Pijat-pijat sebentar, lalu diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Kamu bisa menggunakan kentang ini setiap hari lho. Pastikan memilih kentang organik agar tidak ada efek sampingnya, ya.

10. Lakukan pijatan


Source: rhythmuswege

Memijat tubuh secara teratur, khususnya pada bagian bekas luka, dapat membantu melancarkan peredaran darah pada kulit. Bekas luka ditimbulkan oleh jaringan fibrosa yang terhambat sehingga membentuk jaringan parut. Pijatan melancarkan hambatan tersebut sehingga mempercepat regenerasi sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru. Hasil lainnya, tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Hasil dari cara-cara di atas sangat tergantung dengan ketebalan jaringan parut dan usia bekas luka. Semakin besar luka dan semakin lama umur bekas luka, maka untuk menyamarkannya juga memerlukan waktu yang lama. Kamu harus tekun mengaplikasikan cara-cara di atas untuk mendapatkan hasil maksimal yang cepat.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health