10 Cara Mudah Diet dengan Jeruk Nipis

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Couleur

Kita tahu bahwa beberapa buah bisa dimanfaatkan dalam program diet seperti diet pisang yang sudah sangat popular. Namun tahukah kamu, bahwa selain pisang yang bisa dimanfaatkan untu program diet, jeruk nipis juga bisa kamu manfaatkan. Buah kecil yang asam ini sangat mudah ditemukan di Indonesia sebagai tambahan perasa pada masakan. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh sehingga bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Selain itu, bila dikonsumsi secara rutin, jeruk nipis bisa memperbaiki metabolisme dalam tubuh dan juga menjaga kesehatan sistem percernaan.

 

1. Minumlah Air Perasan Jeruk Nipis Setiap Hari


Source: Silviarita

Dalam diet jeruk nipis hal yang paling utama adalah memasukan jeruk nipis kedalam menu kamu setiap hari. Air perasan jeruk nipis bisa membakar lemak yang tumbuh di tubuhmu dan dapat dengan cepat mengurangi berat badan. Vitamin C yang kaya pada perasan jeruk nipis berfungsi menyerap kalsium yang terdapat dalam sel-sel lemak di tubuh. Vitamin C juga merupakan senyawa yang di butuhkan untuk proses sintesis cartinin. Cartinin sendiri adalah sebuah molekul yang berfungsi menkonversi lemak dalam tubuh menjadi energi. Sehingga tidak keliru bahwa diet jeruk nipis bisa meluruhkan lemak dalam tubuhmu.

2.Diet Jeruk Nipis dan Air Hangat


Source: Congerdesign

Jeruk nipis bukanlah buah yang sulit ditemukan di Indonesia, bahkan di Indonesia perasan jeruk nipis digunakan untuk menambah citarasa pada masakan. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di dapurmu. Cara membuat resep diet jeruk nipis sangat mudah, belahlah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras jeruk nipis hingga sari airnya keluar dari buah. Tambahkan perasan jeruk nipis dengan air hangat dan minumlah secara rutin setiap hari di pagi hari. Di jamin dalam beberapa minggu saja tubuhmu akan menjadi lebih langsing.

3. Diet Jeruk Nipis dan Madu


Source: Onefox

Kita semua tahu bahwa rasa jeruk nipis sama dengan rasa jeruk yang berukuran besar, namun jeruk nipis lebih asam dan cenderung agak pahit di lidah. Untuk meminimalisir rasa asam pada jeruk nipis, kamu bisa mencampurkan madu dalam program diet jeruk nipismu. Caranya tambahkan perasa jeruk nipis dengan sedikit madu, kemudian tambahkan air hangat. Untuk menambah kesegarannya kamu bisa menambahkan beberapa helai daun mint dan juga beberapa butir es batu dalam minumanmu.

4. Minumlah Segelas Air Jeruk Di Pagi Hari


Source: Jill111

Mungkin sebagian orang akan merasa nyeri mendengar cara diet jeruk nipis yang harus di minum pada pagi hari. Kunci dalam diet jeruk nipis ini adalah meminum segelas air jeruk nipis di pagi hari saat perut kamu masih kosong. Jangan khawatir itu akan berbahaya bagi lambung atau pencernaanmu karena rasa asam jeruk nipis kadang membuat kita sakit perut. Mungkin pertama kali melakukan diet ini, kamu akan merasa tidak nyaman dibagian perut, namun jika dilakukan setiap hari pencernaan kamu akan terbiasa. Selain itu, meminum air jeruk nipis sebelum makan juga memiliki beberapa manfaat diantaranya membantu membersihkan tubuh (detoksifikasi alami), meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencerahkan kulit, dan bahkan bisa meningkatkan mood kamu setiap harinya.

5. Selalu Ingat Untuk Berolahraga


Source: Skeeze

Ingatlah selalu untuk berolahraga setiap harinya. Tidak masalah bila kamu melakukan olahraga dengan durasi yang sebentar namun kamu melakukannya secara rutin, atau setidaknya dua kali dalam seminggu dengan durasi waktu yang lebih lama. Olahraga bisa membantu membakar lemak karena lemak dalam tubuh digunakan sebagai energi saat kamu berolahraga. Dengan memasukkan olahraga dalam program diet jeruk nipis, kamu bisa mendapatkan hasil lebih cepat untuk menurunkan berat badanmu.

6. Menjaga Pola Makan Sehat

Mudahnya program diet jeruk nipis tidak serta merta membuatmu bebas memakan makanan yang tidak sehat setiap harinya. Lebih baik jika kamu mengubah pola makan dengan pola makan yang sehat. Misalnya jangan berlebihan memakan gorengan yang mengadung banyak lemak, secukupnya dalam mengkonsumsi karbohidrat, dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Gantilah pola makanmu menjadi konsumsi makanan yang sehat, imbangi makanan yang mengandung sayuran hijau, buah-buahan, vitamin dan juga protein.

7. Banyaklah Bergerak


Source: Congerdesign

Aktiflah bergerak meski kamu sedang dalam program diet jeruk nipis. Melakukan aktivitas seperti membersihkan rumah, menyapu, mengepel lantai, ataupun mambaca buku bisa mengurangi lemak dalam tubuh anda. Beberapa aktivitas saat melakukan diet berfungsi untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh yang digunakan sebagai energi saat beraktivitas. Jika kamu aktif melakukan aktivitas saat kamu berdiet, niscaya lemak dalam tubuhmu akan berkurang dan kamu akan mendapatkan tubuh langsing dengan cepat dan alami.

8. Gantilah Cemilan Kamu dengan Cemilah Sehat

Kebiasaan mengemil memang sulit untuk dihilangkan bagi sebagian orang khususnya wanita. Merasa lapar saat sebelum jam makan membuat kita sering mengambil cemilan untuk meredakan rasa lapar. Sebenarnya mengemil diperbolehkan asalkan kamu mengganti cemilanmu menjadi cemilan yang sehat dan bergizi tinggi. Saat kamu berdiet hal ini sangatlah penting, agar program dietmu tidak sia-sia hanya karena kamu sangat berhasrat untuk mengemil makanan yang tidak sehat. Kamu bisa memakan kacang, jus buah, sayuran, salad, dan buah-buahan untuk mengganti cemilanmu.

9. Minum Lebih Banyak Air Jeruk Nipis Lebih Baik


Source: WDnetStudio

Dalam diet jeruk nipis, meminum air jeruk nipis lebih banyak itu lebih baik karena tubuhmu akan terdetoksifikasi lebih cepat. Namun perlu diperhatikan jangan meminum air perasan jeruk nipis saat kamu sedang merasa sangat lapar kecuali di pagi hari. Di pagi hari perutmu cenderung belum merasa sangat lapar berbeda dengan lapar yang kamu rasakan di siang atau sore hari. Sebelum meminum air jeruk nipis sebaiknya isi perutmu dengan sedikit makanan seperti roti gandum atau sepiring kecil nasi.

10. Jangan Lupa Untuk Minum Air Putih


Source: Photoshot

Dalam diet jeruk nipis memang kita diharuskan meminum air perasan jeruk nipis setiap harinya. Namun perlu diingat bahwa segelas air jeruk nipis tidak bisa menggantikan pentingnya air putih untuk tubuh kita. Tubuh kita akan selalu membutuhkan air putih untuk proses detoksifikasi tubuh secara alami meski kita telah banyak mengkonsumsi air perasan jeruk nipis. Jika kita tidak mengimbangi dengan meminum air putih yang cukup dalam diet jeruk nipis, dikhawatirkan fungsi ginjal kita akan terganggu. Untuk itulah selalu ingat untuk meminum air putih yang cukup saat melakukan diet jeruk nipis.

Diet jeruk nipis memang telah dibuktikan berhasil menurunkan berat badan secara singkat oleh beberapa orang. Namun kamu harus tetap memperhatikan cara diet jeruk nipis yang baik dan benar sehingga dietmu tidak sia-sia dan juga tidak membuat tubuhmu sakit. Diet jeruk nipis bisa menjadi pilihan alternatif diet secara alami, daripada kamu mengkonsumsi pil-pil diet yang tidak jelas manfaatnya. Selain bisa melangsingkan tubuh, jeruk nipis juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan baik untuk kesehatan kulitmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang memilih cara diet sehat dengan bahan alami. Selamat berdiet!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Gaya Hidup, Kecantikan, Kesehatan, Makanan