10 Manfaat Pohon Cemara Bagi Manusia Dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: JayMantri

Pohon cemara banyak terdapat di sekitar kita, terlebih bagi mereka yang tinggal di dataran tinggi. Namun tahukah Anda kalau pohon cemara ternyata menyimpan banyak manfaat yang mengejutkan bagi manusia dan dunia kesehatan? Benar, cemara bukan hanya sebagai pohon yang identik dengan hari raya umat Nasrani sedunia. Buat tahu manfaat lain pohon cemara, simak yuk ulasan manfaat cemara di artikel ini.

1. Manfaat Cemara: Meredakan Stres

Source: RyanMcGuire

Dr Birgitta Gatersleben, seorang ahli psikologi lingkungan yang berasal dari University of Survey menjabarkan jika pohon cemara dapat meredakan stres yang dialami seseorang. Kemampuan pohon cemara menghilangkan stres dikaitkan dengan makna pohon cemara yang berarti kesejahteraan dan kepuasan dalam kehidupan. Hal tersebut berarti pohon cemara bisa memberikan suasana alam yang secara tak langsung mengatasi stress dan meringankan penyakit mental.

2. Manfaat Cemara: Mengatasi Bronchitis Dan Batuk

Source: bykst

Aroma menyegarkan dari pohon cemara tidak cuma untuk pengharum ruangan, tapi dia punya efek menyembuhkan untuk keluhan batuk-batuk maupun bronchitis. Minyak yang diolah dari pohon cemara dikenal ampuh mengatasi keluhan paru-paru, baik batuk-batuk, sinus, hingga bronchitis. Caranya pun mudah. Anda cukup meneteskan minyak cemara ke air hangat, lalu hirup uap yang terbentuk dari campuran minyak cemara itu secara perlahan-lahan.

3. Manfaat Cemara: Mengobati Cacingan

Source: Pexels

Akar cemara digunakan secara turun temurun untuk mengobati anak yang terserang cacingan. Akar pohon ini dikenal sebagai obat tradisional  yang ampuh untuk mengobati cacingan sebelum ditemukannya resep obat konvensional yang mudah didapatkan di apotik seperti sekarang ini. Jika pohon cemara tumbuh di sekitar lingkungan Anda, maka peliharalah dengan baik karena pohon ini menyimpan banyak khasiat.

4. Manfaat Cemara: Mengandung Vitamin C

Source: frogfra

Pinus yang dihasilkan pohon cemara ternyata mengandung senyawa vitamin C. Dan ternyata kandungan vitamin C dalam pinus tidak kalah atau setara dengan sumber vitamin C lain yang sudah dikenal lebih lama seperti jeruk maupun jambu. Temuan ini pun sudah diteliti sebelumnya dan peneliti menemukan flavanol dan juga bioflavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

5. Manfaat Cemara: Untuk Bumbu Masakan

Source: 82192

Tidak hanya akar dan pinusnya saja yang bisa dimanfaatkan manusia, kambium pohon cemara juga berguna sebagai bumbu pelengkap masakan. Masakan yang menggunakan pohon cemara biasa lebih mudah dijumpai di kawasan-kawasan dataran tinggi di mana pohon cemara tumbuh dengan sangat rimbun. Bumbu tambahan dari cemara ini sangat berkontribusi ke rasa olahan masakan yang dibuat.

6. Manfaat Cemara: Mencegah Abrasi

Source: RyanMcGuire

Pohon cemara memiliki akar-akar yang dalam dan kuat sehingga pohon cemara sering ditanam di wilayah pantai dengan tujuan untuk mencegah abrasi pantai. Selain memiliki akar yang kuat, pohon cemara tahan guncangan dari tiupan angin pantai yang kencang sehingga pohon ini sangat ideal untuk mencegah pengikisan daratan yang diakibatkan oleh abrasi pantai.

7. Manfaat Cemara: Menyuburkan Tanah

Source: estherbosma

Pohon cemara yang tinggi  memliki dedaunan yang lebat dan rimbun. Dedaunan pohon cemara itulah yang akan menyuburkan tanah ketika gugur dari batangnya dan menjadi humus. Rontoknya daun cemara akan menggemburkan tanah di sekitarnya dan hal ini baik untuk menyuburkan lahan pertanian, sekaligus menguntungkan bagi petani dan para penggarap lahan di mana deretan pohon cemara tumbuh.

8. Manfaat Cemara: Untuk Hiasan Rumah

Source: PublicDomainPictures

Cemara sudah lama dimanfaatkan sebagai hiasan rumah dalam variasi yang sangat beragam. Pinus, daun, hingga tangkainya sudah menjadi hiasan dekorasi rumah sejak lama. Beberapa juga ada yang memanfaatkannya dengan mengolah produk cemara menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual. Selain itu banyak yang membentuknya sedemikian rupa hingga memiliki nilai seni yang tinggi.

9. Manfaat Cemara: Menyehatkan Kulit

Source: cuncon

Manfaat cemara yang satu ini erat kaitannya dengan tingginya kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya. Kandungan vitamin C, sekaligus antioksidan dari flavanol dan bioflavonoid ialah agen yang ampuh untuk perawatan kulit. Ke semua zat tersebut telah teruji secara klinis mencerahkan kulit dan mengusir tanda-tanda penuaan dini hingga kulit senantiasa awet muda dan segar berseri.

10. Manfaat Cemara: Dimanfaatkan Sebagai Pohon Natal

Source: jill111

Ini dia manfaat cemara yang paling populer. Cemara sudah dimanfaatkan sebagai pohon yang dihias saat natal dengan berbagai dekorasi di rumah keluarga yang merayakannya. Walausekarang pohon cemara sering digantikan pohon cemara imitasi yang dibuat dari plastik dan karet,  tetap saja pohon cemara identik sebagai pohon natal yang dihiasi berbagai macam dekorasi dan lampu warna-warni nan semarak.

Wah, wah, ternyata banyak sekali ya manfaat cemara. Setelah membaca artikel ini kamu sudah seharusnya lebih menghargai pohon tersebut karena dia memberi banyak keuntungan bagi manusia, baik dari segi materi atau non materi. Jangan lupa juga untuk selalu melestarikan tanaman apa saja, karena jika mereka punah manusia lah yang paling dirugikan.

Semoga artikel ini membuka wawasan dan bermanfaat bagi kita semua!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health