10 Hal Tentang Bayi 3 Bulan dan Cara Menanganinya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : dinhnguyenungdung0

Di usianya yang memasuki 3 bulan, bayi mulai berhasil meraih barang-barang yang ada di dekatnya, terutama benda berwarna-warni yang menarik perhatian. Bayi mulai dapat berguling dan lebih aktif sehingga Anda harus memberikan ekstra perhatian. Berikut merupakan 10 hal lainnya mengenai bayi yang berusia 3 bulan yang perlu Anda ketahui :

1. Ukuran Fisik Bayi 3 Bulan

Source : PublicDomainPictures

Tentunya saat berumur 3 bulan bayi masih terus berkembang yang ditunjukkan dengan bertambahnya berat badan serta panjang bayi. Umumnya, bayi laki-laki yang berumur 3 bulan memiliki bobot sekitar 5,1-7,9 kilogram, dengan panjang tubuh 57,6-65,3 cm. Sedangkan bayi perempuan akan memiliki panjang tubuh 55,8-63,8 cm dengan berat sekitar 4,6-7,4 kilogram.

2. Senang Bermain

Source : ClaudioSilva

Di usianya yang memasuki 3 bulan, bayi mulai senang bermain. Permainan pertama yang paling disukainya adalah tangannya sendiri. Anda masih harus menjaga agar ia tidak terus-menerus menghisap jarinya. Di usia 3 bulan, bayi mulai berkasil membuka tutup jari, mengamatinya dengan fokus, juga menyatukan kedua tangannya.

3. Perkembangan Indera Peraba

Source : Cimabue

Tangan bayi yang berusia sekitar 3 bulan mulai peka untuk merasakan berbagai jenis tekstur benda, dari mulai halus, kasar, berbulu, berongga, dan sebagainya. Oleh karena itulah bayi akan mulai sering menggenggam benda. Di usia 3 bulan bayi sudah cukup aman untuk diberikan berbagai mainan seperti kerincingan, berbagai mainan yang terbuat dari bahan yang aman jika tidak sengaja dihisap oleh bayi, boneka yang lembut, atau berbagai mainan yang memiliki bunyi tertentu.

4. Menendang Lebih Kencang

Source : Rainer_Maiores

Bayi akan lebih sering menendang-nendang karena memang sendi-sendi dibagian lutut serta panggulnya semakin fleksibel. Menendang juga merupakan salah satu cara untuk melatih kekuatan ototnya. Sebaiknya ketika bayi menendang-nendang Anda tidak menghalanginya demi pertumbuhan dan perkembangan kaki yang optimal.

5. Seakan Bisa Mengerti Pembicaraan

Source : Pexels

Saat diajak bicara, bayi berusia tiga bulan mampu menatap langsung orang yang mengajaknya bicara serta sedikit bergumam, seakan-akan bisa mengerti pembicaraan dan ingin menimpalinya. Walaupun belum mengerti, sering-seringlah mengajak bayi berbicara. Penelitian menunjukkan bayi yang diajak bicara semenjak kecil akan tumbuh lebih pintar dan cerdas.

6. Mulai Mengenali Keluarganya

Source : sheldonl

Saat berada di keramaian, ia mulai dapat mengenali siapa orangtuanya. Jika Anda datang kepadanya, ia bisa tersenyum atau menggerak-gerakkan tangannya ke segala arah. Di usia tiga bulan ia juga cenderung menjadi seorang pemilih yang curiga terhadap orang asing dan hanya bisa didiamkan oleh orang yang ia kenali dari wangi tubuh serta suaranya.

7. Gendong Ia Di Keramaian

Source : Pexels

Bayi berusia 3 bulan bisa menangis jika tidak digendong oleh orang yang biasa menggendongnya. Jika menghirup wangi tubuh yang asing, instingnya akan segera bekerja dan ia mulai menangis. Oleh karena itu, saat Anda mengajak bayi untuk berinteraksi dengan orang lain, usahakan selalu gendong bayi, buat ia nyaman sehingga tidak terganggu dengan adanya orang asing yang jarang ditemui.

8. Jadwal Tidur Mulai Stabil

Source : Pinsetti

Setelah memasuki umur 3 bulan, bayi mulai tidur dengan stabil dan tidak mudah terbangun seperti sebelumnya. Di siang hari, bayi bisa tidur sebanyak 2-3 kali. Namun, waktu tidur ini juga sedikit berkurang jika ia lebih memilih untuk bermain dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya atau sedang terobsesi terhadap suatu benda.

9. Asupan Bayi 3 Bulan

Source : 3217178

Bayi 3 bulan masih memerlukan ASI eksklusif, tanpa digantikan dengan susu formula atau makanan pengganti ASI. Bayi bisa menyusu sebanyak 7-8 kali sehari dan masih dapat dikatakan normal. Jika Anda termasuk wanita karir yang bekerja, sebaiknya tidak mengabaikan kebutuhan ASI bayi dengan cara memompa ASI sebelum bekerja sehingga dapat diberikan sewaktu-waktu bayi lapar.

10. Curiga Jika Terjadi Hal Berikut

Source : riad135

Untuk bayi berusia 3 bulan, Anda patut curiga jika bayi tidak dapat menegakkan kepalanya, penglihatannya terlihat tidak bisa fokus, belum bisa tersenyum, sulit menggenggam benda-benda, tidak ada respons terhadap suara keras. Karena tubuhnya yang makin aktif, jauhkan pula dari benda-benda berbahaya dan sebaiknya tidak ditinggal sendirian ketika terbangun dan ingin bermain.

Demikianlah 10 hal yang harus Anda ketahui mengenai bayi 3 bulan yang masih lucu-lucunya walau terkadang sedikit merepotkan karena keaktifannya.

Selamat menjaga bayi yang mulai aktif bergerak!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Anak