10 Cara Mudah Diet Tanpa Olahraga

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Michael Stern

Memiliki badan ideal tentunya menjadi hal yang sangat diimpikan terutama oleh para wanita. Untuk itu tidak jarang beberapa wanita melakukan diet untuk mencapai berat badan idaman. Sebenarnya diet sangat identik dengan olahraga agar penurunan berat badan akan menunjukan hasil yang lebih cepat. Namun olahraga bagi sebagian wanita akan menjadi hal yang sulit apabila mereka tidak mempunyai waktu untuk melakukannya ataupun mereka tidak menyukai olahraga. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk berolahraga namun kamu bisa berdiet dan berat badan kamu bisa turun dengan cepat. Ini adalah beberapa tips cara diet tanpa olahraga yang bisa kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari.

1. Makanlah Sebelum Lapar dan Berhentilah Sebelum Kenyang


Source: Sean MacEntee

Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum perutmu merasa kenyang adalah salah satu cara berdiet yang bisa kamu lakukan. Penelitian modern menunjukkan menahan lapar terlalu lama akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan yang bila dibiarkan akan menjadi masalah kesehatan yang serius di kemudian hari. Selain itu jika kamu makan saat perut merasa sangat lapar kamu akan makan lebih banyak. Banyak program diet wanita yang gagal karena mereka lebih banyak menahan rasa lapar mereka. Selain itu kamu juga diharuskan berhenti memakan apapun sebelum perutmu merasa kenyang. Cobalah untuk membiasakan diri dengan kebiasaan ini dan berat badan kamu beangsur-angsur akan turun. Untuk melakukannya kamu harus bisa memperkirakan waktu makanmu, dan makan sebelum perutmu merasa lapar. Perkirakan juga porsi makanan yang cukup untukmu yang tidak membuatmu merasa terlalu kenyang.

2. Minumlah Segelas Air Sebelum Makan


Source: Enid Martindale

Ini juga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan nafsu makanmu sehingga kamu akan merasa kenyang dan tidak akan banyak memakan makanan. Biasanya otak mengirimkan rangsangan rasa lapar saat kamu merasa haus juga, jadi bisa saja selama ini kamu keliru bila rasa lapar yang kamu rasakan sebenarnya adalah respon bahwa tubuhmu membutuhkan air mineral. Untuk itu jika kamu merasa lapar minumlah segelas air, jika ternyata sesudah minum kamu tidak merasa lapar lagi berarti itu adalah bentuk ransangan rasa lapar karena tubuhmu membutuhkan air. Air mineral juga berfungsi untuk mencegah makanan memasukan kalorinya dalam tubuh.Usahakan kebiasaan ini sebelum kamu memulai makan apapun baik cemilan ataupun sebelum waktu makan. Ini akan membuat kamu makan lebih sedikit.

3. Cukup Tidur


Source: Timothy Krause

Jangan remehkan tentang pola tidur kamu yang berantakan. Pola tidur yang berantakan akan membuat kamu merasa sangat lelah dan kurang tidur juga menyebabkan tubuh merasa lebih banyak membutuhkan energi sehingga akan menimbulkan rasa lapar lebih sering. Biasakan utamakan tidurmu minimal 6-8 jam per hari. Dalam keadaan tidur, tubuh akan melakukan metabolismenya dengan baik. Artinya jika waktu tidurmu kurang dari 6 jam perhari, metabolisme tubuhmu akan menurun dan dapat menghalangi proses pembakaran lemak. Seperti yang kita tahu bahwa pembakaran lemak dilakukan pada saat tubuh kita sedang beristirahat. Dengan memperbaiki pola tidurmu, berat badanmu akan turun lebih cepat.

4. Makan dengan Piring Kecil


Source: Caroline

Maka dengan piring kecil bisa membantu memberi sugesti pada diri kamu sendiri bahwa porsi makanmu hanya sebesar piring kecil itu dan kamu tidak diperbolehkan untuk menambah lagi. Ini adalah cara untuk mengelabui otak bahwa kamu makan banyak daripada porsi yang sebenarnya. Sebaliknya jika kamu makan dengan piring besar itu akan membuat porsi makanmu terlihat sedikit dan kamu akan cenderung mengambil lebih banyak makanan lagi. Untuk melakukannya simpan makanan tidak sehat dalam piring kecil dan makanan sehat dalam piring yang besar, makanlah dengan kedua piring tersebut secara bersamaan.  Pada awalnya mungkin akan terasa sulit namun jika sudah terbiasa tubuhmu juga akan terbiasa untuk merasa cukup dengan porsi piring yang kecil.

5. Makanlah Perlahan


Source: Joshua Rappeneker

Jangan makan dengan terburu-buru. Makan dengan terburu-buru membuatmu tidak menikmati makanan yang kamu makan. Makan dengan terburu-buru juga akan membuat kamu merasa makanan yang kamu makan sedikit sehingga menimbulkan keinginan untuk menambah makanan lagi. Menurut penelitian makan dengan lambat bisa merangsang otak bahwa kamu sudah kenyang dan kamu akan berhenti makan. Walaupun makan dengan porsi kecil tetapi dengan perlahan-lahan kamu akan tetap bisa merasa kenyang dan bisa menikmati makanan yang kamu makan.

6. Bergerak Lebih Banyak


Source: Marina Moraitou

Jangan berpikir bahwa kamu sedang diet maka kamu harus menghemat energi kamu. Itu adalah pemikiran yang keliru. Malah sebaliknya kamu harus lebih banyak bergerak dengan melakukan beberapa aktivitas diluar rumah atau melakukan tugas-tugas rumah. Dalam berdiet memang sebaiknya kamu lebih banyak bergerak agar lemak dalam tubuhmu terpakai sebagai energimu dalam melakukan aktivitas. Dijamin berat badanmu akan turun lebih cepat karena pengeluaran energimu lebih banyak dibanding dengan konsumsi makananmu. Jadi ingat walau sedang diet, bukan berarti kamu harus bermalas-malasan untuk menghemat energi.

7. Pilih Cemilan Tinggi Protein dan Serat


Source: Michael Stern

Kata siapa saat diet tidak boleh makan cemilan? Jika kamu merasa lapar diluar jam makan, kamu boleh memakan cemilan asalkan cemilan yang kamu makan harus mengandung lebih banyak protein dan juga serat. Usahan jangan memakan cemilan yang mengandung lemak seperti gorengan ataupun cemilan berkarbohidrat. Kamu bisa makan cemilan yang mengandung protein hewani maupun dari tumbuhan seperti kacang-kacangan, telur rebus, buah-buahan dan sayuran hijau. Kebiasaan ini selain bisa menurunkan berat badan, kamu juga bisa memiliki tubuh yang sehat karena mengkonsumsi makanan yang sehat.

8. Sering Menimbang Berat Badan


Source: Hamza Butt

Seringlah menimbang berat badan kamu untuk terus mengontrol berat badanmu secara berkala.. Hal ini juga akan memberi evaluasi dan gambaran apakah berat badanmu turun ataukah naik, sehingga kamu bisa membatasi dirimu sendiri untuk tidak memakanan makanan sembarangan lagi. Berdasarkan penelitian juga dibuktikan bahwa seseorang yang sedang diet yang rajin menimbang berat badan setiap hari menunjukkan penurunan berat badan lebih cepat dari pada yang tidak pernah mengontrol berat badan mereka. Dengan mengetahui berat badanmu secara teratur akan memberi motivasi kamu dalam berdiet. Kamu akan selalu waspada karena berat badanmu terkontrol secara berkala dengan cara menimbang berat badan setidaknya setiap hari sekali.

9. Mendengarkan Musik Lembut


Source: Amy Claxton

Habiskanlah waktu luang kamu dengan mendengarkan beberapa musik yang beralunan lembut. Kegiatan ini akan mengalihkanmu sehingga memikirkan tentang makanan. Ini juga akan mengurangi keinginan kamu untuk mengemil ataupun merasa lapar diluar jam makan. Musik juga akan membuat kamu mengurangi konsumsi gula secara berlebih. Hal ini karena musik lembut dapat mengelabui otakmu. Kamu bisa mendengarkan beberapa musik klasik atau musik beralunan lembut kesukaanmu. Jika kebiasaan ini sering dilakukan dapat dipastikan berat badanmu akan turun sesuai harapan.

10. Jangan Pernah Melewatkan Sarapan

Sarapan
Source: Lisa Pinehill

Sarapan adalah asupan terpenting bagi kamu sebelum memulai aktivitas. Sarapan bisa dibilang sebagai sumber energi utama yang memang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Jika kamu meninggalkannya kamu akan terpacu untuk makan lebih banyak dan ngemil sembarangan. Kamu juga akan lebih cepat merasa lapar sebelum jam makan siang. Melewatkan sarapan juga bisa menyebabkan resiko obesitas 4,5 kali lebih mudah gemuk dibandingkan dengan orang yang tidak pernah melewatkan sarapan. Itu artinya sarapan sekalipun kamu sedang diet tetaplah penting.

Itulah beberapa tips mudah berdiet tanpa olahraga yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa cara diet tanpa olahraga diatas membuktikan bahwa diet tidaklah selalu identik dengan olahraga, kamu juga bisa berdiet dngan melakukan perubahan dalam gaya hidupmu menjadi semaki sehat. Tips tersebut bisa mengubah pola hidupmu menjadi semakin baik, kamu tidak hanya akan memiliki tubuh yang langsing namun juga tubuh yang sehat. Hakikatnya dalam berdiet adalah menjaga dan mengatur pola makanmu. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat berdiet!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health