Menakjubkan!! Inilah 10 Manfaat Wudhu yang Harus Kamu Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Drop waterSource: Pixabay

Wudhu adalah salah satu jenis ritual yang sering dilakukan oleh umat muslim sebelum mereka melakukan ibadah keagamaan seperti sholat atupun membaca Al-Quran. Air merupakan salah satu media yang digunakan oleh umat muslim untuk berwudhu namun ada beberapa jenis air yang juga diperbolehkan dipakai untuk berwudhu diantaranya air hujan, air sumur, air laut, air kolam, dan juga air lelehan salju. Artinya Air yang dianggap suci dan terbebas dari najis bisa dipakai untuk berwudhu. Ternyata kegiatan berwudhu ini bisa memberikan manfaat bagi kita mulai dari tata caranya yang menyehatkan dan juga gerakannya yang bisa menghindarkan kita dari berbagai jenis kuman dan penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat wudhu yang harus kamu ketahui:

1. Membersikan Kotoran


Source: vargazs

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat wudhu salah satunya adalah sebagai penyucian badan kita dari kotoran yang berasal dari aktivitas kita di dunia luar. Beberapa aktivitas manusia tanpa disadari banyak melibatkan polusi mulai dari udara dan juga kuman-kuman penyakit yang tidak terlihat. Wudhu bisa menjadi sarana yang sehat untuk menyucikan tubuh kita dari aktivitas–aktivitas kita sehari-hari. Hal itu juga yang menjadi alasan utama mengapa wudhu diharuskan sebelum kita berdoa agar kita  keadaan suci.

2. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

refresh waterSource: Fancycrave

Aktivitas wudhu yang berhubungan dengan air sebagai media menyucikan dan membersihkan beberapa bagian tubuh dalam gerakan wudhu, ternyata memang memiliki manfaat terhadap pikiran kita. Manfaat wudhu salah satunya adalah bisa menyegarkan pikiran kita sehingga membuat kita lebih bersemangat, berkonsentrasi, dan dapat menghindarkan kita dari rasa kantuk. Dengan pikiran yang lebih tenang dan segar akan membuat kita lebih berkonsentrasi dan juga bisa mengambil keputusan dengan lebih bijak lagi.

3. Menjaga Kebersihan Tangan

Wash handsSource: Unsplash

Manfaat wudhu selanjutnya adalah bisa menjadi sebuah media pembersihan tangan yang efektif agar kita terhindar dari segala jenis bakteri dan penyakit. Dalam berwudhu kita melakukan salah satu gerakan yaitu membersihkan tangan secara menyeluruh meliputi jari-jari tangan, kuku, telapak tangan, punggung tangan, lengan bawah, dan lengan atas. Cara pembersihan tangan dalam kegiatan berwudhu sangat sempurna untuk membersihkan tangan kita dari segala kuman yang melekat akibat aktivitas kita sehari-hari.

4. Mencerahkan Wajah


Source: 821764

Akibat aktivitas kita diluar rumah ataupun dirumah seharian bisa menyebabkan wajah kita terkena debu dan kotoran yang tanpa kita sadari membuat kita kusam dan terlihat tidak menarik. Manfaat berwudhu salah satunya adalah bisa mencerahkan wajah. Dengan mengusapkan air sebanyak tiga kali ke seluruh permukaan wajah mampu membuat wajah menjadi lebih bersih dan lebih cerah. Kamu pun akan semakin terlihat segar dan semangat setelah melakukan wudhu, untuk itu jika kamu merasa bosan atau lelah berwudhulah agar kamu bisa mengembalikan semangatmu dan juga mendapatkan wajah yang cerah berseri.

5. Menjaga Kesehatan Mulut


Source: Giuliamar

Bagian anggota tubuh yang tidak pernah dilupakan sebagai bagian dari gerakan wudhu adalah berkumur sebanyak tiga kali. Hal ini merupakan manfaat wudhu yang sudah teruji mampu menghilangkan kuman dan bakteri dalam mulut kita. Terkadang kita memakan makanan yang bisa meninggalkan sisa dimulut dan menjadi biang penyakit yang akan menyerang kesehatan mulut kita. Orang yang rajin berwudhu akan terhindar dari masalah kesehatan mulut ini. Selain itu juga berkumur saat berwudhu bisa membuat nafas kita menjadi lebih segar karena keadaan mulut yang bersih sehingga kamu bisa lebih percaya diri.

6. Menjaga Kebersihan Telinga


Source: aletuzzi

Bagian organ tubuh telinga juga dibersihkan dalam kegiatan berwudhu sebanyak tiga kali secara menyeluruh sehingga sangat efektif untuk membersihkan telinga kita. Pembersihan telinga dalam berwudhu juga bermanfaat untuk menghindarkan kita dari berbagai peradangan telinga, karena manfaat wudhu bisa menghilangkan berbagai kuman dan bakteri penyebab peradangan pada telinga. Selain itu juga berwudhu mampu menangkap kotoran yang menempel pada bagian telinga kita yang biasanya menyebabkan penyakit pada telinga.

7. Mampu Menangkal Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA)


Source: bykst

Manfaat wudhu selanjutnya terdapat pada salah satu gerakannya yaitu membersihkan bagian hidung dengan cara membasuh dan menghirup air dengan hidung kemudian mengeluarkannya. Gerakan ini sangat bermanfaat bagi kita untuk menangkal beberapa jenis penyakit pernapasan seperti Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), TBC, infeksi paru-paru, dan juga tenggorokan. Hal ini karena gerakan membasuh hidung dapat bermanfaat membersihkan kotoran yang kemungkinan besar kita hirup sehari-hari, gerakan dalam berwudhu ini adalah salah satu cara efektif untuk mengeluarkan kotoran dalam hidung kita dan membersihkannya.

8. Menjaga Kebersihan Kaki


Source: ashokorg0

Kaki adalah bagian tubuh yang sering terabaikan oleh kita, padahal dari sanalah biasanya kuman dan jamur bersarang yang bisa menyebabkan penyakit pada tubuh. Gerakan terakhir dalam berwudhu salah satunya adalah membersihkan bagian kaki mulai dari jari, punggung kaki, telapak kaki, dan juga bagian mata kaki. Gerakan membersihkan kaki ini sangat efektif untuk membersihkan kaki kita dari berbagai kuman penyebab penyakit dan juga jamur yang sering menempel di kaki kita. Selain itu juga gerakan berwudhu ini bisa menangkal berbagai jenis penyakit kulit pada kaki. Menakjubkan, bukan?

9. Relaksasi Tubuh yang Efektif


Source: PublicDomainPictures

Salah satu kegiatan yang bisa merelaksasi tubuh kita adalah berwudhu. Dengan berwudhu dengan mambasuhkan air ke bagian tubuh tertentu bisa menyegarkan ujung pembuluh darah, saraf, dan juga kelenjar yang dekat dengan permukaan kulit. Untuk itu manfaat wudhu bisa kita dapat untuk menyucikan tubuh dari luar dan juga dari dalam tubuh kita, sehingga kita bisa mendapatkan relaksasi tubuh yang sangat efektif untuk melenturkan otot-otot saraf kita yang tegang akibat kelelahan dalam melakukan aktivitas.

10. Bisa Mencegah Kanker Kulit


Source: MihaiParaschiv

Manfaat wudhu yang akan bisa kita dapatkan jika kita melakukannya secara rutin sebagai aktivitas sehari-hari kita sebelum melaksanakan sholat adalah bisa mencegah kanker kulit menyerang tubuh kita. Bagian-bagian tubuh yang dibasuh saat melakukan wudhu adalah bagian tubuh yang sangat rentan terkena polusi udara dari luar, untuk itu dengan rajin membersihakannya setiap hari dapat memberikan khasiat pada kita agar terhindar dari segala jenis penyakit kulit dan kanker kulit. Selain itu manfaat wudhu juga bisa berkhasiat untuk mencegah pencemaran internal dalam tubuh kita, misalnya keringat yang kotor.

Itulah beberapa manfaat wudhu yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Ternyata aktivitas spiritual yang sejak dulu memang dianggap sebagai mendia penyucian diri sebelum kita melaksanakan ibadah memiliki banyak manfaat yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Untuk itu rutinlah melakukan wudhu dengan baik dan benar sehingga kita bisa mendapatkan manfaat menakjubkan dari berwudhu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dalam memberikan informasi tentang manfaat wudhu.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health, Lifestyle