10 Manfaat Dan Efek Samping Folavit Untuk Kehamilan Dan Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: stevepb

Folavit adalah suplemen asam folat yang bermanfaat memenuhi kebutuhan asam folat untuk kesehatan tubuh. Asam folat ini pun sangat diperlukan untuk ibu yang tengah mengandung hingga banyak dokter yang menyarankan para ibu hamil untuk rutin mengkonsumsi asam folat baik dalam bentuk bahan makanan atau suplemen seperti pil Folavit. Beberapa khasiat asam folat Folavit antara lain ialah:

1. Manfaat Folavit: Menunjang Produksi Sel Darah Merah

Untuk membentuk sel darah merah tubuh tidak hanya membutuhkan zat besi dan cyanocobalamin (vitamin B12) namun tubuh juga membutuhkan asupan asam folat. Sel darah merah sendiri berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh, dan juga membawa karbondioksida ke paru-paru untuk dilepaskan melalui sistem pernapasan. Terpenuhinya produksi sel darah merah sangat vital bagi tubuh.

2. Manfaat Folavit: Meringankan Akibat Menstruasi

Source: AlexVan

Asam folat dalam Folavit membantu tubuh dalam menunjang produksi sel darah merah yang banyak berkurang dari wanita saat tengah menstruasi. Dengan manfaat ini kondisi tubuh wanita yang tengah mengalami haid tetap akan terjaga prima dan terhindar dari kelelahan. Jika Anda sering mengalami keluhan tersebut saat menstruasi maka dianjurkan untuk mengkonsumsi Folavit ketika masa haid mulai.

3. Manfaat Folavit: Memberi Nutrisi Otak

Source: gerald

Asam folat juga bermanfaat untuk memaksimalkan kerja otak. Senyawa asam folat akan meringankan gejala depresi maupun gangguan pola pikir yang lain. Untuk orang yang telah jompo atau lansia, manfaat Folavit ialah mencegah pikun serta penyusutan daya ingat otak. Jadi jika Anda merasa kinerja otak mulai terganggu, minumlah suplemen ini untuk menghindari keluhan yang tak diinginkan.

4. Manfaat Folavit: Mencegah Bayi Lahir Cacat

Source: PublicDomainPictures

Salah satu manfaat Folavit ialah karena konsumsi asam folat telah terbukti secara ilmiah mengurangi kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan (termasuk bibir sumbing). Penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil yang rutin mendapat asupan asam folat berisiko minimun melahirkan bayi cacat. Sedangkan ibu hamil yang tak mendapat cukup konsumsi asam folat berisiko 3 kali lebih besar.

5. Manfaat Folavit: Sangat Baik Untuk Wanita Hamil

Untuk kesehatan ibu dan janin, wanita yang tengah mengandung disarankan mengonsumsi asam folat. Saat hamil dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan asam folat hingga setidaknya 400 mcg sampai 600 mcg. Asam folat itu bisa didapatkan dari susu yang diproduksi khusus untuk wanita yang tengah mengandung atau dengan suplemen yang mengandung asam folat seperti Folavit.

6. Manfaat Folavit: Mengatasi Gejala Anemia

Source: Unsplash

Wanita yang tengah mengandung rawan terisiko anemia. Jika Anda mengalami gejala anemia, Anda bisa mengatasinya dengan manfaat Folavit yang kandungan asam folatnya baik untuk pembentukan sel darah merah. Selain kosumsi suplemen asam folat, pastikan konsumsi zat besi Anda juga cukup karena keduanya sama pentingnya untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

7. Manfaat Folavit: Menghindari Kelainan Jantung Pada Bayi

Source: pinsetti

Satu dari sekian banyak manfaat folavit yang paling penting untuk bayi dalam kandungan ialah menghindarkannya dari kelainan jantung bawaan. Cacat jantung sendiri tidak terlalu sering terjadi namun untuk menimalisasi risikonya konsumsi asam folat akan semakin mengecilkan kemungkinan bayi terlahir dengan kondisi demikian.Selain itu tentu saja imbangi dengan asupan nutrisi bergizi karena suplemen saja tidak cukup.

8. Manfaat Folavit: Mengoptimalkan Kecerdasan Bayi

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas dan memiliki otak yang cemerlang. Untuk membantu pertumbuhan otak bayi secara optimal dalam kandungan, sang ibu disarankan meminum suplemen asam folat yang bisa didapatkan dari manfaat Folavit. Padukanlah asupan asam folat dengan nutrisi kesehatan lain yang bagus untuk janin agar bayi cerdas sejak dalam kandungan.

9. Manfaat Folavit: Baik Untuk Menumbuhkan Rambut

Source: caiquefotografias

Manfaat folavit satu ini tidak hanya untuk menumbuhkan rambut pada wanita, namun juga digunakan sebagai terapi bagi mengatasi kebotakan pada pria. Asupan asam folat dapat membantu mengurangi rambut rontok maupun untuk menumbuhkan rambut pada kepala. Dengan mengonsumsi Folavit maka keluhan rambut rontok dan kebotakan bisa diatasi secara berangsur. Tak hanya Folavit, asam folat juga bisa didapatkan dari beragam bahan makanan seperti sayur, buah, dan sereal.

10. Efek Samping Folavit

Semangat Promil .. Hurraayyy #folavit #promil

Sebuah kiriman dibagikan oleh @wulanindrias (@wulanindrias) pada

Folavit hampir tidak pernah menimbulkan gejala efek samping yang membahayakan. Namun sebelum mengkonsumsinya ada baiknya Anda menyadari risiko yang bisa ditimbulkan dari konsumsi Folavit meskipun kejadiannya sangat lah jarang.

  • Gejala alergi : kulit gatal atau biduran. Ciri reaksi alergi berat adalah tekanan darah rendah, syok, mual, muntah, ruam kemerahan di kulit, dan sesak napas.
  • Efek samping untuk saluran cerna : perasaan mual, kembung, dan sakit pada abdomen.
  • Efek samping untuk sistem saraf pusat: insomnia, masalah konsentrasi, tak dapat mengendalikan emosi, gangguan kecemasan, depresi, bingung, dan gangguan nalar.

Untuk ibu hamil, manfaat Folavit bisa jadi tidak terasa karena yang mendapatkan manfaatnya ialah janin yang tengah dalam kandungan. Namun demikian meskipun Anda merasa sudah memenuhi kebutuhan asam folat, tak ada salahnya agar bayi lebih terjaga dari berbagai kelainan lahir, serta menunjang pertumbuhan jaringan dan otak. Tanyakan ke dokter kandungan Anda untuk anjuran konsumsi yang tepat.

Semoga lancar kehamilan dan persalinannya ya Bunda!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle