LADIES: 10 Tips dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Cantik

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: typofi

Seringkali wanita dihantui perasaan tidak percaya diri karena kondisi tubuh dan berat badan. Banyak sekali panduan gaya hidup dan pola makan yang menyodorkan beragam cara menyehatkan tubuh dan menurunkan berat badan. Terkadang cara-cara tersebut punya banyaknya syarat yang harus diikuti. Ladies, berikut 10 tips dan manfaat diet cantik dengan jeruk nipis. Karena sesungguhnya, siapa yang punya banyak waktu untuk pusing memikirkan cara-cara yang ribet?

Peringatan: Hindari diet ketat yang dapat merusak kesehatanmu. Diet instan tanpa olahraga membahayakan jaringan otot tubuh kita, Ladies. Pilihlah cara yang lebih alami dan konsultasikan ke dokter apabila perlu. Diet cantik berarti kita harus memperhatikan asupan gizi dan kecantikan badan secara keseluruhan. Selamat membaca!

1. Kandungan Stimulan Alami Membantu Pencernaan


Source: Geo

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis menstimulasi sistem pencernaan secara natural. Tidak hanya merangsang otot yang mempermudah gerak usus, berbagai asam pencernaan juga dikeluarkan tubuh karena bantuan jeruk nipis. Asam natural jeruk nipis membantu mengurai lemak sehingga kerja organ tidak terlalu berat.

Mudah saja, jangan lupa pesan minuman jeruk nipis apabila kamu sedang makan. Perasan jeruk nipis juga bisa kamu tambahkan di makananmu, seperti soto atau bahkan spaghetti saus tomat! Sekarang kamu tahu, mengapa banyak kuliner Asia seperti di Indonesia atau India menyediakan jeruk nipis di atas meja makan? Ya, karena jeruk nipis adalah stimulan alami yang membantu pencernaan!

2. Isi ulang enzim dengan fermentasi jeruk nipis setiap pagi


Source: Seb Hughes

Kamu bisa membuat jus enzim jeruk nipis dengan resep mudah rasio 1 : 1,1 : 1. Potong kecil-kecil 1 kg jeruk nipis beserta kulitnya. Lalu campurkan potongan tersebut dengan 1,1 kg gula. Diamkan adonan di dalam wadah selama 1 minggu. Aduk setiap hari menggunakan tangan yang bersih. Campuran fermentasi jeruk tersebut bisa menutrisi tanganmu juga, lho.

Di hari terakhir, saring adonan untuk mendapatkan jus enzim. Sisa saringan bisa kamu gunakan untuk masker. Sementara dua sendok jus enzim bisa kamu campurkan dengan satu gelas air putih, dan diminum setiap pagi sebelum makan. Manusia terutama wanita berumur 30 tahun ke atas, sudah tidak bisa memproduksi enzim di dalam tubuh secara alami. Jus enzim ini tentu akan membantumu.

3. Detoksifikasi dan beri tubuh tenaga dengan jahe dan jeruk nipis


Source: Jan Schöne

Dengan rutinitas yang padat kita terjebak pada pola makan yang tidak sehat. Makanan yang kita pilih pun sangat berpengaruh pada energi yang kita dapat. Makanan cepat saji mungkin memberikan banyak kalori, tapi apakah membuatmu merasa segar dan bugar?

Atur asupan gizimu dan jangan lupa beri suplemen yang baik bagi badanmu. Suplemen tidak harus berbentuk pil yang mahal, Ladies! Peras satu jeruk nipis dan tambahkan 2 cm jahe ke dalam gelas. Rebus air hingga mendidih dan tuangkan ke dalam gelas. Tunggu lima menit dan minum sampai habis. Minuman ini membersihkan liver dan tentu jahe akan memberimu stamina. Good food, good energy!

4. Tidak ada waktu? Seduhan jeruk nipis pun cukup


Source: bohaynes

Tips paling mudah dan murah, seduhlah jeruk nipis dengan air hangat setiap hari. Tidak hanya untuk pencernaan, jeruk nipis dapat membantu menjaga pH tubuh sehingga badan lebih resistan terhadap penyakit. Bahkan apabila diminum sebelum makan. Ladies pasti membutuhkan immune boost untuk menjaga kelancaran aktivitas sehari-hari, kan?

5. Sumber vitamin dan phytonutrient untuk tubuh


Source: Benis Arapovic

Masih ragu mengapa kita sebaiknya mengkonsumsi jeruk nipis? Jeruk nipis memang memiliki kandungan phytonutrient yang unik. Selain itu, tentu saja jeruk nipis adalah sumber vitamin C, antioksidan paling penting di alam. Dalam 1 buah jeruk nipis, terkandung 19.5 mg vitamin C. Selain itu kandungan nutrisi dalam 1 buah jeruk nipis adalah: gula alami sebesar 1 gr, serat pangan sebanyak 2gr, vitamin A, kalsium, besi, dan sodium. So Ladies, go grab one!

6. Atur gula darah dengan serat larut di jeruk nipis


Source: Seb Creane

Bagi kamu yang bermasalah dengan gula darah, jeruk nipis dapat membantumu. Saat berat badan terus bertambah, tubuh kita semakin tidak sensitif terhadap insulin. Apabila kamu ada di kondisi ini, kamu harus mengatur asupan gula dan makanan, Ladies. Jangan makan makanan yang sudah diproses berlebih, tinggi karbohidrat dan lemak tidak sehat.

Salah satu tips adalah dengan memperbanyak asupan serat. Serat larut atau soluble fiber pada jeruk nipis dapat membantu menstabilkan level glukosa di dalam darah. Serat larut akan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Jadi, jangan lupa masukan jeruk nipis di dalam pola makanmu sehari-hari.

7. Memperindah rambut: jeruk nipis mencegah rambut rontok dan ketombe


Source: pat

Jangan sampai usaha diet cantikmu membuatmu merasa lelah dan habis energi. Kunci terlihat cantik ada pada rasa percaya diri. Apakah kamu sudah menjaga higienitas tubuh? Apabila Ladies memiliki masalah ketombe atau rambut berminyak, pilihlah shampo yang sesuai. Lalu pada pembilasan terakhir, ladies bisa menambahkan perasan jeruk nipis, lho.

Mengapa? Keasaman jeruk nipis bisa membantu meluruhkan sisa-sisa kotoran di kulit kepala yang tidak terjangkau oleh shampo. Jeruk nipis membantu menetralkan pH di kulit kepala. Kulit kepala pun lebih bersih dan jauh dari masalah ketombe dan rambut rontok. Sifat mencerahkan jeruk nipis juga dapat menyegarkan batang rambutmu, Ladies!

8. Membersihkan komedo membandel dengan jeruk nipis


Source: Bram van Dijk

Jeruk nipis juga dapat membersihkan kulit wajah. Kotoran dan minyak pada kulit wajah sering mengganggu apabila tidak dibersihkan secara regular. Kotoran yang terjebak pada pori-pori akan menjadi komedo. Mudah saja, bersihkan wajahmu lalu bilas dengan air segar. Siapkan satu buah jeruk nipis lalu potong menjadi dua. Oleskan ke kulit wajah selama lima menit. Berikan pijatan lembut selama agar aliran darah lancar, kulit wajah rileks, dan jeruk nipis meresap. Berikan perhatian di area hidung. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

Keasaman jeruk nipis membantu meluruhkan minyak dan kotoran. Vitamin C jeruk nipis pun dapat mencerahkan wajah, Ladies. Jeruk nipis juga akan mengecilkan pori-pori, sehingga wajah terlihat lebih muda.

9. Spa cantik di rumah dengan jeruk nipis


Source: yenhoon

Ternyata banyak resep mudah untuk do-it-yourself spa di rumahmu, Ladies. Salah satu resep mudah adalah merendam kakimu di air panas atau hangat dengan perasan jeruk nipis, garam laut, dan parutan jahe. Konon kaki memiliki titik-titik sensitif yang dapat menstimulasi seluruh tubuh. Kaki yang bersih dan segar pasti akan membuatmu merasa segar pula! Rendamlah hingga kaki terasa lembut. Keringkan dengan handuk dan kamu bisa memulai ritual merapikan kuku atau mengeksfoliasi kulit mati dengan foot file.

10. Scrub jeruk nipis, gula, dan minyak kelapa


Source: Levent Sadik

Diet cantik tidak hanya terkait asupan tapi juga stimulasi dari luar tubuh, Ladies. Jeruk nipis pun dapat dijadikan scrub alami untuk tubuhmu. Pijatan lembut yang melancarkan aliran darah dan efek membersihkan scrub tentu patut dicoba. Campurkan 1 cangkir gula dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Lalu tambahkan perasan satu butir jeruk nipis.

Tunggu apa lagi? Mari gunakan jeruk nipis untuk diet cantik!

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Lifestyle