10 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

HoneySource: pexel

Madu memang dikenal punya beragam khasiat untuk kesehatan dan hal tersebut telah terbukti secara ilmiah. Madu mengandung banyak senyawa dan nutrisi yang bermanfaat tidak hanya untuk mereka yang dalam kondisi normal tetapi juga untuk wanita yang sedang hamil. Meskipun wanita atau ibu yang sedang hamil harus bisa menjaga pola makan dan memilih makanan yang tepat, madu tetap bisa jadi salah satu makanan aman dan sehat yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan. Lantas,  apa saja manfaat madu yang bisa didapat oleh ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Reaksi Alergi

Source: Cenczi

Alergi adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu dan bisa menjadi fatal apabila reaksi yang ditimbulkannya cukup berat. Reaksi alergi juga bisa menyerang organ mana saja dalam tubuh baik kulit, saluran pernafasan, dan lain sebagainya. Mengkonsumi madu secara rutin selama kehamilan bisa mencegah terjadinya reaksi alergi terutama jika sang ibu punya riwayat alergi dan sensitive terhadap zat pemicu alergi tertentu.

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Source: Geralt

Madu telah terbukti mengandung senyawa antibiotik atau antibakteri alami yang bisa menangkan serangan atau infeksi bakteri tertentu seperti E coli atau bakteri lainnya. Ibu yang sedang hamil pastinya akan sangat beresiko jika mengkonsumsi obat-obatan antibiootik kimia, oleh sebab itu madu bisa jadi alternatif yang tepatdan aman untuk mengatasi masalah infeksi bakteri tersebut.

3. Mencegah Radang Lambung

Source: Tasha

Masalah radang lambung atau maag juga kerap mengganggu bagi ibu hamil terutama bagi mereka yang memang punya masalah dengan organ pencernaan yang satu ini. Salah satu penyebab masalah infeksi atau radang pada lambung adalah bakteri H pylory. Bakteri ini kerap menyebabkan infeksi berat pada saluran pencernaan dan mengganggu proses kehamilan. Madu mengandung senyawa antibiotik alami yang bisa mengurangi infeksi bakteri pylori pada wanita hamil sekaligus membantu menghilangkan gejala yang ditimbulkannya.

4. Mengatasi Morning Sickness

Source: Fressstocks

Morning sickenss atau rasa mual dan ingin muntah yang dialami ibu hamil terutama dipagi hari pastinya sangat menyebalkan dan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Madu mengandung senyawa dan nutrisi yang bisa menekan hormon pemicu rasa mual dalam tubuh. Oelh sebab itu mengkonsumsi madu yang dicampur susu hangat bisa membantu ibu hamil mengurangi mual dan muntah selama kehamilan. Coba saja ya!

5. Membantu Mengontrol Berat Badan

Source: Terovesalainen

Meskipun kenaikan berat bada selama kehamilan adalah sesuatu yang normal, ibu hamil tetap harus mengontrol berat badan dan kenaikan bobot yang normal karena obesitas selama kehamilan juga akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Mengkonsumsi madu saat hamil bisa membantu mengontrol asupan gula dalam tubuh terutama jika ibu suka makan makanan yang manis. Selain itu madu juga bisa mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh yang menyebabkan diabetes sementara saat masa kehamilan.

6. Mengurangi Sensasi Heartburn

Source: Arutina

Heartburn atau sensasi dada terbakar biasanya terjadi akibat naiknya asam lambung kebagian atas saluran cerna dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Heartburn biasanya disebabkan karena masalah dalam organ lambung terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Mengkonsumsi madu secara rutin bisa membantu mengurangi fluktuasi atau naiknya asam lambung dalam tubuh yang menyebabkan reaksi heartburn. Untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi susu hangat yang diberi tambahan madu dan diminum secara perlahan.

7. Mengatasi Batuk

Source: Stevpb

Saat hamil ibu tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan pereda batuk  sembarangan jadi akan lebih baik jika ibu hamil menggunakan bahan alami untuk meredakan batuk seperti madu. Saat mengalami masalah batuk, minumlah satu sendok makan madu kemudian minumlah air hangat. Zat antibakteri dan antiinflamasi dalam madu akan membantu meringankan gejala batuk sekaligus melegakan saluran pernafasan.

8. Menghilangkan Radang Tenggorokan

Source: Stocksnap

Selain mengobati batuk, madu juga bisa membantu mengatasi masalah tenggorokan pada ibu hamil yang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dapat mempengaruhi kesehatan janin. Sama seperti mengobati batuk, ibu hamil bisa mengkonsumsi satu sendok makan madu secara langsung untuk mengatasi gatal atau radang pada tenggorokan. Senyawa antibakteri dan antiinflamasi dalam madulah yang diyakini berkhasiat untuk menghilangkan masalah pada tenggorokan.

9. Mencegah Flu

Source: Myriams Fotos

Ibu hamil cenderung memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuhnya sehingga ia bisa mudah terpapar virus influenza yang menyebabkan demam dan influenza. Untuk mengatasi masalah kekebalan tubuh yang menurun, ibu hamil bisa mengkonsumsi madu secara rutin karena madu mengandung senyawa alami yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Jika terserang flu, cobalah untuk mengkonsumsi satu sendok makan madu dua hingga tiga kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

10. Mengatasi Masalah Kulit

Source: Kjerstin Michaela

Selain menunjang kesehatan ibu hamil, madu juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi masalah kulit. Jika ibu hamil mengalami masalah jerawat, luka bakar, luka akibat iritasi atau infeksi kulit lainnya, ibu bisa mengoleskan madu pada bagian yang terluka. Senyawa antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu telah terbukti secara efektif mampu menenangkan kulit yang terluka sekaligus merangsang terbentuknya sel kulit yang baru.

Itulah beberapa manfaat madu untuk ibu hamil yang bisa kamu ketahui.

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Pregnancy