10 Manfaat Yoga Yang Wajib Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Pixabay

Salah satu olahraga menyenangkan di tengah sibuknya rutinitas adalah Yoga. Selain menyehatkan tubuh, Yoga dapat menjadi salah satu cara meditasi agar pikiran Anda menjadi tenang kembali. Yoga juga mudah dilakukan, termasuk di rumah. Nah, apa saja, sih, manfaat olahraga Yoga? Yuk, simak artikel ini!

1. Meningkatkan Body-awareness

Source: Pixabay 

Body-awareness atau kesiagaan tubuh adalah suatu perasaan di mana kita menyadari sepenuhnya apa yang terjadi pada tubuh kita; kita dapat menyadari setiap gerakan serta sensasi rasa pada setiap bagian tubuh. Yoga membantu kita meningkatkan perasaan sadar terhadap tubuh karena proses melakukan Yoga melibatkan ketenangan pikiran serta konsentrasi penuh terhadap tubuh kita. Dengan meningkatnya body-awareness, kita dapat mengontrol pergerakan tubuh kita sehingga dapat terhindar dari tindakan-tindakan ceroboh seperti tersandung atau menjatuhkan barang.

2. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Source: Pixabay 

Banyaknya pose Yoga yang didominasi oleh peregangan otot lama-lama akan membiasakan tubuh kita untuk menjadi lebih fleksibel. Memiliki tubuh yang fleksibel tentunya akan menghindari kita dari cedera otot saat melakukan kegiatan-kegiatan fisik, seperti mengangkat beban yang berat serta membersihkan rumah.

3. Menenangkan Pikiran

Source: Pixabay

Proses pernafasan yang dilakukan saat Yoga sangat membantu kita dalam menenangkan pikiran atau stress yang dirasakan. Proses pernafasan ini juga dapat melatih kita untuk terus melakukannya di situasi apa pun sehingga kita menjadi tidak mudah panik dan cemas terhadap sesuatu. Selain dari proses pernafasan, konsentrasi dalam melakukan Yoga juga dapat membantu kita untuk menjadi tenang. Hal tersebut karena pikiran kita menjadi terfokus hanya kepada satu hal saja.

4. Menurunkan Berat Badan

Source: Pixabay

Terdapat jenis-jenis Yoga tertentu yang gerakannya dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan, yaitu gerakan Sun salutation dan Kapal Bhati pranayama. Melakukan Yoga secara rutin juga dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap makanan apa saja yang kita konsumsi, sehingga secara sadar kita dapat membatasi makanan serta minuman yang seharusnya tidak kita konsumsi.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Source: Pixabay

Tidak hanya bermanfaat sebagai stress relief, proses pernafasan saat Yoga ternyata dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita juga, lho! Efek positif yang ditimbulkan dari pikiran yang tenang membuat tubuh lebih aktif dalam menjaga kita dari berbagai penyakit. Ketenangan pikiran yang diakibatkan dari proses meditasi Yoga juga dapat memberikan energi positif di setiap perilaku kita.

6. Meningkatkan Kepekaan Intuisi

Source: Pixabay 

Konsentrasi serta proses meditasi yang dilakukan saat Yoga juga membuat kita lebih sensitif atau peka terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Kita menjadi lebih menyimak hal-hal yang seharusnya dikerjakan serta kita dapat lebih mudah memprediksi kemungkinan-kemungkinan krusial pada hidup kita. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena dengan melakukan Yoga dengan rutin, kita dapat membiasakan diri untuk fokus terhadap suatu hal sehingga intuisi serta tebakan kita dapat menjadi masuk akal.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Source: Pixabay 

Proses relaksasi selama Yoga dapat membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hal tersebut membuat sel-sel kita mendapatkan banyak oksigen sehingga dapat berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, Yoga juga membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah yang dapat membawa oksigen ke dalam jaringan-jaringan tubuh.

8. Menurunkan Kemungkinan Sakit Jantung

Source: Pixabay

Yoga dapat meningkatkan cardiovascular conditioning atau kondisi di mana denyut jantung kita dilatih untuk menjadi aktif dan berdetak kencang. Selain itu, Yoga juga dapat meningkatkan jumlah maksimum oksigen yang kita dapatkan selama melakukan olahraga.

9. Meningkatkan Kemampuan Keseimbangan

Source: Pixabay

Banyaknya pose Yoga yang membutuhkan keseimbangan membuat kita terbiasa untuk melakukan segala kegiatan dengan postur yang ergonomis serta seimbang. Dengan meningkatnya keseimbangan tubuh, kita dapat mencegah melakukan berbagai kegiatan dengan postur yang dapat menyebabkan cedera otot atau yang paling sering adalah sakit punggung. Dengan rutin melakukan Yoga, kita terbiasa untuk memposisikan tulang punggung agar lurus sehingga posisi kita dalam berkegiatan adalah posisi yang benar dan sehat.

10. Membantu Kita Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Source: Pixabay

Yoga yang juga merupakan relaksasi dapat membantu kita dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal tersebut karena dengan rutin melakukan Yoga, pikiran kita menjadi lebih terkontrol dan kita dapat memisahkan apa saja yang harus dipikirkan sekarang atau nanti. Yoga membantu mengurai ‘benang kusut’ yang ada di pikiran kita, yang seringkali mencegah kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, proses pernafasan pada Yoga juga dapat dilakukan saat kita insomnia, sehingga ketenangan yang dirasakan akan mengantarkan kita untuk dapat tertidur.

Nah, banyak, kan’, manfaat dari melakukan Yoga? Yuk, mulai sekarang kita coba belajar melakukan Yoga. Semakin sering Yoga dilakukan, semakin banyak lagi manfaat yang didapatkan! Tidak hanya melakukan Yoga, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan serta gaya hidup sehat, ya! Pada akhirnya, tubuh sehat dimulai dari dirimu!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle