10 Tips Ibu Hamil Muda Ini Harus Kamu Ketahui Dengan Baik ya, Moms!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

PregnantSource: redgular

Menjalani masa-masa kehamilan adalah salah satu momen yang sangat menakjubkan bagi setiap wanita. ada saja hal yang akan membuat wanita merasa bahagia sekaligus cemas menanti kelahiran buah hatinya terutama para ibu muda yang belum banyak berpengalaman. Meskipun saat ini kita bisa mengetahui berbagai macam info mengenai kehamilan, tidak ada salahnya jika kamu, para ibu muda yang sedang hamil menyimak tips berikut ini.

1. Makan Sedikit Tapi Sering

EatingSource: skeeze

Sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupan gizinya. Saat memasuki trimester pertama biasanya ibu hamil akan merasa mual dan tidak enak makan akibat gejala morning sickness atau karena ngidam. Untuk mengatasi hal ini makanlah dalam porsi sedikit tapi sering misalnya lima hingga enam kali sehari.  Makan sering dalam porsi kecil akan membuatmu tetap bertenaga dan jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan sehat agar nutrisi tercukupi.

2. Jangan Membaca Buku Atau Artikel Yang Membuatmu Cemas

Source: Zerocool

Ada banyak artikel dan informasi mengenai kehamilan yang bisa ditemukan baik diinternet maupun dibuku-buku kehamilan. Untuk menghindari kecemasan berlebih akibat rasa ingin tahu akan perkembangan bayi, sebaiknya jangan terlalu sering membaca hal-hal yang membuatmu cemas. Jika mengalami masalah sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan atau bidan terdekat, ya Mom’s!

3. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Source: Xusenru

Saat hamil jangan memaksakan diri untuk tampil modis karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan saat kamu mencoba untuk mengenakan pakaian tertentu bisa sangat menggangu kehamilan. Gunakan pakaian longgar yang akan terasa nyaman saat digunakan atau jika ingin menggunakan celana, gunakan celana dengan bahan yang ringan dan sejuk serta pilihlah celana dengan karet pada bagian pinggang.

4. Latihan Olahraga Ringan

Source: Xusenru

Berolahraga ringan saat hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda. Tidak perlu berpikir untuk melakukan aktifitas olahraga yang melelahkan, berjalan selama 15 menit dipagi hari cukup untuk melatih otot atau kamu juga bisa berenang maupun melakukan yoga ringan untuk menghilangkan rasa cemas dan stress saat kehamilan.

5. Jagalah Berat Badan

Source: Terovesalainen

Jangan berpikir bahwa disaat kehamilan kamu boleh makan apa saja dan sebanyak apapun hingga beratmu naik berlebihan. Ada kisaran berat badan yang normal pada ibu hamil dan kelebihan berat badan yang timbul pada saat kehamilan justru akan menimbulkan masalah lainnya, perlu diketahui bahwa obesitas selama kehamilan dapat menyebabkan hiperaktifitas pada anak, lho!

6. Menabung Untuk Persiapan Melahirkan

Source: Andibreit

Satu hal yang penting dilakukan saat hamil adalah menabung dan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan bayi ketika ia lahir nanti. Siapkan tabunganmu utnuk membeli segala peralatan bayi dan juga untuk biaya persalinanmu sendiri terutama jika nantinya kamu harus melahirkan secara Caesar.

7. Jangan Takut Bercinta Dengan Pasangan

Source: Estebantroncosofoto

Banyak wanita yang tidak mau bercinta saat hamil karena takut penetrasi yang dilakukan pada saat berhubungan seksual bisa mengganggu kehamilannya. Faktanya, jika kehamilan berlangsung normal dan tanpa ada gangguan yang berarti, kamu tetap bisa berhubungan dengan pasanganmu tanpa perlu takut organ intim pasangan menyentuh bayi dalam kandunganmu. Meskipun demikian, saat hamil sebaiknya lakukan seks dengan hati-hati dan dengan posisi senyaman mungkin.

8. Tidurlah Sesering Mungkin

Source: Mvorocha

Ibu hamil muda setidaknya membutuhkan waktu tidur delapan jam semalam dan ia juga harus beristirahat disiang hari. Sempatkan untuk tidur sejam atau dua jam setelah beraktifitas disiang hari dan bersantailah sebisa mungkin.

9. Konsultasi Dengan Dokter Sebelum Mengkonsumsi Obat

Source: AKutsova

Sebelum mengkonsumsi obat-obatan kimia, herbal maupun vitamin tertentu jangan lupa untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada bidan maupun dokter kandungan. Obat-obatan dan makanan lain yang kamu konsumsi pastinya akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janinmu. jadi, hati-hati ya, moms!

10. Gunakan Safety Belt Saat Berkendara

Source: Pexels

Satu hal yang tidak kalah penting adalah aturan berkendara untuk ibu hamil muda. Saat berkendara dalam mobil sebaiknya gunakan sabuk pengaman dan atur posisi duduk senyaman mungkin serta sedikit menjauhi dashboard. Ibu hamil muda boleh saja mengendarai motor tapi sebaiknya dihindari terutama jika usia kandungan semakin tua.

Itulah beberapa tips simple yang bisa dipraktekkan oleh ibu hamil muda yang masih belum mengerti betul tentang kehamilannya. Jangan terlalu khawatir akan kehamilanmu dan nikmati saja saat-saat menyenangkan bersama janin dalam rahimmu. “Enjoy your pregnancy and don’t be stressful”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy