10 Tips Memutihkan Kulit Secara Alami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: AdinaVoicu

Tak bisa dipungkiri, standar kecantikan saat ini seakan mengatakan bahwa cantik itu harus putih. Wanita yang memiliki kulit putih mulus dianggap lebih menarik dibandingkan mereka yang berkulit sawo matang. Tak ayal, para produsen kosmetik pun berlomba-lomba meluncurkan produk skincare pemutih kulit.

Well, memang benar menggunakan skincare bisa membuat kulit kita jadi putih dalam beberapa hari. Tapi bagaimana dengan efek sampingnya? Mungkin kulit akan kembali menghitam saat pemakaian dihentikan. Dan tidak menutup kemungkinan juga, kulit menjadi iritasi karena adanya reaksi alergi terhadap bahan-bahan kimia sinstesis. Nah, daripada menggaransikan kulit Anda dengan produk pemutih buatan, lebih baik Anda mencoba bahan-bahan alami. Di bawah ini beberapa tips memutihkan kulit secara alami. Simak yuk!

1. Masker Yogurt

Source: Kamila211

Tips memutihkan kulit yang pertama adalah menggunakan yogurt. Produk yang diolah dari bahan dasar susu ini memiliki banyak nutrisi yang dapat membuat kulit lebih sehat. Yogurt juga mengandung asam laktat, dimana senyawa ini berperan penting dalam proses pemutihan kulit.

Apabila Anda hendak menggunakan yogurt untuk masker wajah, pilihlah jenis yogurt tanpa rasa (yogurt plain). Campurkan dengan sedikit madu, lalu oleskan pada kulit wajah dan leher. Setelah 15 menit, bilas dengan air sampai bersih.

2. Lemon

Source: Hans

Memutihkan kulit dengan lemon sudah menjadi salah satu perawatan yang cukup populer. Lemon memiliki kandungan asam cukup tinggi yang berperan sebagai agen pemutih kulit alami. Di samping itu, lemon juga kaya vitamin C sehingga dapat membantu mencerahkan kulit melalui proses pengangkatan sel-sel kulit mati, serta mampu menghilangkan jerawat.

Untuk menggunakan lemon sebagai masker wajah, Anda harus mencampurkan perasan lemon dan air putih dengan perbandingan volume 1:1. Kemudian, celupkan kapas ke dalam air lemon, lalu oleskan pada wajah. Setelah 15 menit, bilas dengan air sampai benar-benar bersih. Perawatan ini cukup dilakukan 1-2 kali dalam seminggu. Sebab jika terlalu sering bisa memicu alergi kulit.

3. Kulit Jeruk Kering

Source: Myriams

Apakah Anda penikmat buah jeruk? Mulai sekarang, jika Anda mengonsumsi buah jeruk, sisakan kulitnya untuk digunakan sebagai masker wajah. Kulit buah berwarna orange ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat memperlambat terjadinya pigmentasi sekaligus mencerahkan kulit.

Yang perlu Anda lakukan pertama adalah mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 2-3 hari. Setelah kulit jeruk kering, tumbuk hingga menjadi halus. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan sedikit yogurt plain. Lalu aduk dan terapkan pada wajah selama 20 menit. Terakhir, jangan lupa membilasnya ya!

4. Tepung Gram

Source: Alexas_Fotos

Sebagian dari kalian mungkin masih bertanya-tanya, apa sih tepung gram itu? Tepung gram (besan) adalah salah satu sumber karbohidrat yang berasal dari wilayah India. Tepung ini dibuat dari kacang chickpea dengan campuran tanah chana dal.

Tepung gram dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami pemutih kulit. Kandungan nutrisi dalam tepung gram berkhasiat membersihkan kotoran yang menempel pada kulit, mencerahkan, sekaligus melembutkan. Untuk membuat adonannya, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok tepung gram ke dalam semangkuk air putih. Aduk hingga menjadi pasta. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah dan leher. Setelah mengering, Anda bisa membilasnya dengan air.

5. Kentang

KentangSource: United Soybean Board

Tips memutihkan kulit selanjutnya adalah dengan kentang. Sayur yang sering digunakan sebagai campuran dalam sup ini kaya vitamin C, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pemutih kulit alami. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan jus kentang, lalu mengoleskannya pada kulit wajah dan leher. Tunggu selama 20 menit, terakhir bilas sampai bersih.

6. Gel Lidah Buaya

Source: ASSY

Lidah buaya dapat menjadi jawaban tepat untuk segala macam masalah kulit. Kandungan zat antioksidan dalam lidah buaya bisa membantu mencerahkan kulit, meringankan hiperpigmentasi, menganggakat sel-sel kulit yang rusak, menyembuhkan luka, dan menghilangkan flek hitam.

Penggunaanya, pertama siapkan satu buah daun lidah buaya. Lalu, potong menjadi 2 bagian hingga diperoleh gelnya. Selanjutnya, aplikasikan gel pada kulit selama 20 menit, lalu cuci wajah dengan air sampai bersih.

7. Beras Putih

White RaceSource: Itkannan4u

Sebagai orang Indonesia, pastinya Anda selalu menyediakan beras di rumah, kan? Nah, selain dikonsumsi, ternyata beras juga bisa dimanfaatkan untuk masker pemutih kulit loh. Beras kaya akan beragam nutrisi, salah satunya vitamin B dan vitamin E yang berpotensi mencerahkan kulit dan membantu produksi kolagen.

Untuk pemakaiannya, pertama rendam beras dalam air sekitar 1 jam. Kemudian buang airnya, sedangkan berasnya harus ditumbuk agar menjadi halus. Tambahkan sedikit susu segar, lalu aplikasikan masker tersebut pada wajah dan leher. Tunggu hingga mengering, terakhir cuci bersih wajah dengan air.

8. Susu Segar

Source: Congerdesign

Sepertinya kita tidak boleh melewatkan susu dari daftar bahan pemutih kulit alami. Yap, susu mengandung nutrisi lengkap yang dapat mencerahkan kulit sekaligus melembabkan. Anda bisa menggunakan susu sapi segar untuk dijadikan masker wajah. Agar hasilnya lebih optimal, jangan lupa menambahkan sedikit madu dan jus lemon. Perpaduan ketiga bahan tersebut dapat membuat kulit Anda putih alami dan tampak sehat.

9. Kunyit

Source: Ajale

Kunyit memiliki zat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat efek sinar UV. Kunyit juga mampu memperlambat hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit secara alami. Untuk pembuatan masker kunyit, pertama haluskan kunyit lalu tambahkan sedikit air susu. Oleskan ramuan pada kulit wajah, dan diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih.

10. Pepaya

Source: Stevepb

Tidak hanya memiliki rasa lezat, buah pepaya juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Contohnya kandungan asam alfa hidroksi dan enzim papain yang dapat membersihkan kotoran dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Cara pemakaian masker ini sangat mudah, Anda tinggal mengoleskan jus buah pepaya pada wajah selama 30 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Itulah guys beberapa tips memutihkan kulit secara alami. Efek dari penggunaan bahan-bahan alami ini memang tidak instan, tapi cenderung lebih aman dibandingkan produk-produk kosmetik di pasaran. Selamat mencoba!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty