10 Manfaat Cengkeh Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Abuyotam

Cengkeh, rempah yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena sejak zaman dahulu negara kita memang dikenal sebagai negara asal tanaman cengkeh. Cengkeh sendiri sebenarnya adalah bunga tanaman Syzygium aromaticum yang termasuk dalam family tumbuhan Myrtaceae. Tanaman cengkeh banyak tumbuh di Maluku dan telah diperdagangkan sejak abad ke 13 ke negara-negara lain seperti India dan China. Cengkeh yang memiliki banyak khasiat ini jugalah yang menyebabkan para penjajah datang ke Maluku. Lantas, apa saja manfaat mengkonsumsi cengkeh dan adakah efek samping yang ditimbulkannya? Simak ulasannya berikut.

1. Mencegah Infeksi Bakteri

Source: Geralt

Sejumlah penelitian telah berhasil membuktikan bahwa cengkeh mengandung senyawa anti bakteri yang mampu mencegah dan mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Karachi, Pakistan pada tahun 2008 bahkan menyebutkan bahwa cengkeh mampu mengatasi infeksi bakteri gram negatif seperti bakteri kolera yang bersifat mematikan.

2. Menyembuhkan Kanker Stadium Dini

 

Source: Comfreak

Efek positif yang ditimbulkan oleh cengkeh juga menarik perhatian para ahli medis, pasalnya jenis rempah yang satu ini memiliki efek kemoterapi atau mampu menyembuhkan kanker terutama kanker paru-paru maupun kanker organ pernafasan yang disebabkan oleh radikal bebas dan asap rokok pada stadium dini.

3. Melindungi Organ Hati

Source: Bruceblaus

Selain mengandung senyawa anti bakteri dan anti kanker, cengkeh juga kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki sifat hepatoprotektif atau senyawa yang mampu melindungi organ hati, mengkonsumsi minyak cengkeh secara teratur telah terbukti mampu mengatasi masalah dan memperkuat fungsi organ hati secara signifikan.

4. Menjaga Kepadatan Tulang

Source: IAOM-US

Cengkeh mengandung senyawa turunan alkohol atau hidro alkohol seperti Eugene, isoflavon dan flavonoid yang dapat mempertahankan kepadatan mineral dalam tulang sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis atau gangguan tulang akibat kehilangan massanya.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Source: National Institute of Health

Bunga cengkeh yang dikeringkan telah lama digunakan dalam pengobatan khas India yakni pengobatan ayurveda karena zat atau senyawa yang terkandung didalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Cengkeh telah terbukti mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang merupakan komponen penting sistem kekebalan tubuh.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Source : Elionas2

Flatulensi adalah gangguan pencernaan dalam tubuh yang biasanya ditandai dengan seringnya buang gas dan perut yang terasa tidak nyaman. Mengkonsumsi teh yang dicampur cengkeh dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada pencernaan dan mengatasi gejala flatulensi.

7. Mencegah Peradangan

Source: Aedrodza

Masalah peradangan kerap terjadi dalam tubuh dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun pengaruh radikal bebas. Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang mampu berfungsi sebagai zat anti peradangan dan penghilang nyeri. Jika Anda punya masalah dengan peradangan, Anda bisa mengkonsumsi minyak cengkeh atau teh herbal yang dicampur bubuk cengkeh.

8. Meningkatkan Gairah Seksual

Source : Clker Free Vector Images

Sejak zaman dahulu, cengkeh telah dikenal sebagai salah satu jenis aprodisiak atau tanaman yang mampu meningkatkan gairah seksual. Berdasarkan penelitian, kandungan zat aktif dalam cengkeh memiliki efek positif yang hampir sama dengan obat-obatan perangsang yang terbuat dari bahan kimia.

9. Mengontrol Diabetes

Source : Stevepb

Diabetes adalah salah satu penyakit degeneratif yang kini banyak diderita oleh masyarakat. Penyakit ini disebabkan karena organ pankreas tidak mampu menghasilkan hormone insulin, hormon pengatur gula darah dalam tubuh secara normal. Berdasarkan studi para ilmuwan, ekstrak cengkeh mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh secara efektif dan dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes.

10. Mengobati Sakit Gigi

Source : Rgerber

Karena mengandung senyawa anti bakteri, cengkeh juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi atau masalah mulut lainnya yang disebabkan oleh bakteri. Pantas saja ya kita bisa menemukan rempah yang satu ini sebagai campuran pasta gigi atau obat kumur.

Selain memiliki manfaat diatas, cengkeh memiliki efek samping yang harus diketahui terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama. Senyawa eugenol dalam cengkeh dikenal sebagai salah satu senyawa yang mencegah pembekuan darah dalam tubuh sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam pengobatan hipertensi dan mengidap penyakit hemophilia. Selain itu, cengkeh juga bisa menyebabkan alergi, kesulitan bernafas, dan hilangnya kepekaan kulit. Untuk itu, minyak cengkeh tidak boleh digunakan secara langsung pada bagian yang sakit melainkan harus dicairkan terlebih dahulu dalam air atau larutan lainnya. “Be smart and know the risk always, guys”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health