10 Riasan Ala Pengantin India Ini Bisa Anda Tiru

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Public Domain Picture

Pesta pernikahan sebagai salah satu upacara yang sakral dan diharapkan semua orang hanya terjadi satu kali saja dalam hidupnya. Oleh karena pentingnya acara ini, banyak orang sudah mempersiapkan bertahun-tahun sebelumnya dengan berbagai adat dan kebudayaan. Salah satu contoh pernikahan yang paling meriah adalah pesta milik pengantin India. Contek gaya pernikahan ala pengantin India di bawah ini :

1. Mengenakan Pacar Hena

Source : Unsplash

Para pengantin India wanita biasanya memakai hiasan berupa pacar hena yang diukirkan di pergelangan tangan sehingga membentuk garis-garis lengkung yang berpadu dengan indah. Di Indonesia sendiri sebetulnya sudah banyak yang menirukan hal ini. Bahkan yang tadinya pacar hena hanya berwarna merah dan kecokelatan, kini ada pula yang berwarna putih, sehingga dapat menyesuaikan dengan gaun pernikahan.

2. Baju Berwarna Cerah

Source : Parekh Cards

India memang salah satu produsen kain terbaik di dunia. Tidak heran jika para pengantin India selalu memilih gaun yang cerah warnanya demi menunjukkan keindahan bahan yang dimiliki. Warna yang cerah dan terang juga biasanya mengandung makna kebahagiaan, sehingga diharapkan kedua mempelai akan selalu berbahagia menjalani hidup berdua.

3. Kalung Bunga Raksasa

Source : Shashank Masawade

Hal yang paling menonjol lainnya dari para pengantin India adalah kalung rangkaian bunga yang sangat besar. Jika di dalam adat jawa para pengantin memakai rangkaian melati, serupa halnya dengan para pengantin India, namun bunga yang digunakan adalah bunga yang ukurannya sedang relatif besar, seperti mawar. Rangkaian bunga juga biasanya diserasikan dengan gaun yang dikenakan.

4. Puluhan Gelang Tangan

Source : शशांक म्हसवडे

5. Diutamakan Berwarna Merah

Source : Parekh Cards

Walaupun warna apapun sebenarnya baik, namun warna yang paling utama dan paling banyak digunakan para pengantin India adalah warna merah. Dalam agama Hindu, warna merah diibaratkan sebagai kesuburan serta kemakmuran, sehingga para pengantin India yang mengenakannya diharapkan akan mendapatkan kedua hal tersebut.

6. Kalung Berukuran Besar

Source : kennadyraj

Selain mengenakan puluhan gelang, wanita India yang menikah juga biasanya akan mengenakan kalung yang cukup besar. Kalung ini biasanya berwarna keemasan yang sangat cocok dipadu padankan dengan warna sari pengantin India yang dominan merah.

7. Hiasan Kepala dan Dahi

Source : शशांक म्हसवडे

Salah satu yang tidak pernah lepas dari bayangan akan pengantin India adalah hiasan di dahinya. Para pengantin wanita India biasanya tidak merias rambutnya dengan begitu rumit, sederhana tertutup dengan kain sari, namun dengan menonjolkan hiasan di kepala dan dahinya.

8. Selendang Kain Panjang

Source : Vincent La Conte

Jika di Indonesia hiasan kepala untuk para pengantin wanita sangat beragam, lain halnya dengan pengantin India yang selalu menutup kepalanya dari bagian tengah ke belakang dengan menggunakan kain panjang yang mirip dengan kerudung.

9. Menggunakan Celak Mata

Source : Nicu Buculei

Hampir setiap pengantin wanita India akan menggunakan celak mata cukup tebal di bagian atas mata. Bahkan sebagian lainnya juga menggunakannya di bawah mata. Hal ini memiliki maksud tersendiri. Orang India percaya bahwa dengan menggunakan celak, penglihatan dapat bertambah tajam dan diri terhindar dari nasib buruk.

10. Turban Untuk Pria

Source : Jatinderjith Singh

Para pria India akan menikah dengan pakaian yang cukup sederhana bernama dhoti, namun yang paling khas adalah biasanya mereka akan menggunaan turban yang dapat dibentuk dengan berbagai cara. Memang dengan memakai turban ini para lelaki India akan terlihat lebih bersinar dan lebih tampan. Bagaimana, sudah tertarik mengambil ide dari para pengantin India? Selamat mencoba!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Love