10 Fakta Cara Alami yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Memutihkan Selangkangan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Pexels

Selangkangan adalah bagian tubuh yang tidak terlihat dan sering luput dari perhatian kita. Selangkangan adalah daerah yang sangat sensitif kerena memiliki struktur kulit yang lebih tipis. Seringkali kita tidak terlalu memperdulikan kebersihan dan kesehatan kulit selangkangan karena bagian ini memang tidak terlihat dari luar. Jika tidak dijaga kesehatannya, bagian kulit ini akan menghitam dari daerah kulit yang lainnya. Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, daerah selangkangan tentu menjadi perhatian agar kamu merasa percaya diri didepan pasanganmu. Memutihkan daerah selangkangan sebenarnya tidak harus menggunakan obat atau berbagai alat medis yang mahal. Menghitamnya selangkangan juga bisa diputihkan kembali dengan berbagai bahan alami. Berikut adalah 10 fakta cara alami untuk memutihkan selangkangan:

 

1. Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis


Source: Pexels

Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Vitamin C dipercaya dapat mencerahkan kulit secara alami termasuk daerah selangkangan yang menghitam. Untuk itu banyak sekali produk kosmetik yang memanfaatkan jeruk nipis atau lemon untuk produk pemutih wajah. Caranya, belahlah  jeruk nipis atau lemon menjadi dua bagian, kemudian oleskan pada daerah selangkangan. Agar lebih efektif lakukanlah sebelum tidur minimal sehari sekali secara rutin, area selangkangan yang menghitam akan menjadi lebih cerah.

2. Pepaya Bisa Memutihkan Selangkangan


Source: Couleur

Tahukan kamu bahwa pepaya bisa memutihkan selangkangan? Ya, kandungan vitamin A dan C dalam pepaya mampu mencerah kulit secara alami. Kamu bisa memanfaatkan pepaya untuk memutihkan selangkanganmu yang menghitam akibat gesekan ataupun lecet dari pakaian yang kamu pakai. Cara memakainya adalah dengan menghaluskan pepaya yang sudah matang kemudian oleskan pada area selangkangan yang menghitam. Biarkan nutrisi dalam pepaya dapat menyerap dan bekerja untuk mencerahkan selangkanganmu. Perlu diingat jangan menggunakan pepaya yang belum matang, karena getah dalam pepaya yang belum matang bisa menimbulkan reaksi alergi.

3. Lidah Buaya Memperbaiki Area Kulit Selangkangan


Source: WandererCreative

Selain dikenal sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Lidah buaya banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kulit dan juga antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki dan membantu peremajaan kulit. Lidah buaya mampu mengurangi dan menghambat hiperpigmentasi pada area selangkangan, sehingga bisa mengembalikan warna asli kulit. Caranya adalah dengan membuat ekstrak lidah buaya yaitu dengan memerasnya sehingga menghasilkan gel murni. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada area selangkangan dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukanlah secara rutin setiap dua kali sehari untuk hasil yang lebih cepat.

4. Baking Soda Bisa Memutihkan Selangkangan


Source: Evitaochel

Kita hanya mengetahui kegunaan baking soda sebagai pengembang kue, Bukan? Padahal baking soda juga bisa bermanfaat untuk memutihkan selangkangan. Baking soda mangandung zat yang berfungsi sebagai exfoliator untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit selangkangan menghitam. Caranya campurkan satu sendok baking soda dengan susu murni atau air hingga membentuk pasta kemudian tambahkan sedikit madu. Oleskan pada area selangkangan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukanlah secara rutin dan area selangkangan akan menjadi lebih cerah.

5. Bubuk Kunyit Mencegah Iritasi Pada Area Selangkangan

Area selangkangan yang menghitam disebabkan karena iritasi dari luar tubuh kita. Biasanya terjadi karena gesekan antara pakaian dalam dengan area selangkangan sehingga menimbulkan kehitaman pada kulit. Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan bubuk kunyit yang mengandung vitamin C, B1, protein, lemak dan juga karbohidrat. Kunyit juga bisa berfungsi sebagai antiseptik untuk mencegah munculnya mikroba atau jamur di kulit selangkangan. Caranya campurkan bubuk kunyit dengan air jeruk nipis hingga terbentuk pasta. Oleskan pada area selangkangan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Minyak Zaitun Menutrisi Kulit


Source: Stevepb

Minyak zaitun dikenal sebagai minyak nabati yang lebih sehat daripada jenis minyak hewani atau nabati lainnya. Kandungan nutrisi minyak zaitun lebih banyak serta mangandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. Maka dari itu banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun untuk mencerahkan dan menutrisi kulit. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memutihkan area selangkangan. Caranya cukup mudah, cukup oleskan minyak zaitun pada area selangkangan yang menghitam. Biarkanlah selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin kulit selangkanganmu akan lebih putih dan cerah.

7. Mentimun Bisa Memutihkan Area Selangkangan


Source: Congerdesign

Sayur yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan ini juga bisa berguna memutihkan area selangkangan dengan efektif. Mentimun mengandung nutrisi yang bisa memutihkan dan mencerahkan area selangkangan. Mentimun mengandung zat yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit sehingga bisa mengatasi kehitaman pada kulit selangkangan. Caranya hancurkan mentimun dan ambil airnya saja, oleskan pada area selangkangan secara merata. Diamkanlah selama beberapa menit dan lakukanlah setiap satu kali sehari, niscaya kulit selangkangan kamu akan cerah kembali.

8. Kandungan Tawas Bisa Memutihkan Selangkangan

Tawas ternyata tidak hanya berfungsi untuk menjernihkan air saja, ternyata tawas bisa memberikan efek kesehatan kulit yang sangat berguna. Tawas merupakan hasil reaksi dari alumina dengan kalium sulfat. Tawas mengandung zat yang bisa mencerahkan kulit secara alami. Caranya masukan tawas ke dalam air hangat dan biarkan sampai tawas larut. Oleskan air tawas tersebut pada area selangkangan. Lakukanlah secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

9. Bengkoang Bisa Memutihkan Selangkangan

Bengkoang dikenal memiliki banyak manfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakannya sebagai krim atau lotion untuk kulit tubuh. Area selangkangan yang menghitam juga bisa diputihkan kembali dengan khasiat dari bengkoang ini. Caranya haluskan bengkoang dengan blender dengan sedikit air. Oleskan larutan bengkoang secara merata pada area selangkangan. Lakukanlah secara rutin setiap hari agar kulit selangkanganmu lebih cerah.

10. Menggunakan Susu dan Yogurt


Source: PublicDomainImages

Susu dan yogurt bukan hanya berguna sebagai cemilan sehat ketika kamu berdiet. Campuran dari keduanya bisa menghasilkan zat yang baik untuk kelembaban dan kesehatan kulit. Susu dan yogurt juga bisa mencerahkan kulit tubuh secara alami. Caranya campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan ke daerah selangkangan yang menghitam secara merata. Lakukan setiap hari setidaknya sehari sekali agar kulit selangkanganmu bisa cerah dan putih dengan cepat.

Itulah bahan-bahan alami yang mampu memutihkan kulit selangkangan dengan efektif. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan bahan alami tersebut di dapurmu dan tidak usah mengeluarkan banyak uang untuk memutihkan selangkangan. Bahan-bahan alami dari alam juga banyak yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit tubuh termasuk kulit selangkangan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat! Cintailah hidup sehat!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty