Inilah 10 Tips Menabung yang Efektif yang Bisa Anda Praktekkan Mulai Besok

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Maklay62

Anda sering merasa lebih besar pasak dari pada tiang? Anda sudah berusaha berhemat dan irit pengeluaran namun hasilnya tetap saja kebobolan? Mungkin strategi menabung Anda salah dan perlu diperbaiki. Berikut ini adalah 10 tips menekan pengeluaran agar Anda bisa menabung lebih banyak dan lakukanlah cara-cara ini mulai besok karena semakin cepat Anda memperbaiki cara menabung Anda, maka akan semakin cepat pula uang di tabungan Anda terselamatkan.

1. Pertimbangkan setiap pengeluaran


Source: nosheep

Sering kali Anda merasa bahwa cara Anda dalam mengeluarkan uang sudah yang paling irit. Padahal belum tentu kenyataannya begitu. Misalnya untuk pergi ke kantor, Anda biasanya menggunakan ojek online setiap hari padahal Anda bisa menggunakan angkot yang biayanya jelas-jelas lebih murah. Memang menggunakan ojek akan menghemat waktu perjalanan dan akan menghindari Anda dari macet. Namun jika Anda memang sedang tidak terburu-buru, tidak ada salahnya Anda memilih menggunakan angkot untuk menghemat pengeluaran.

2. Perbaiki gaya hidup.


Source: Pexels

Bersosialisasi memang perlu, tapi bukan berarti Anda harus ke cafe setiap pulang kantor dengan teman-teman dan membeli makanan serta minuman yang sudah bisa ditebak harganya. Hiburan memang penting, apalagi jika tekanan pekerjaan Anda cukup menyita pikiran. Tapi bukan berarti Anda merasa perlu untuk menonton di bioskop setiap akhir pekan dengan pasangan. Kumpul dengan teman-teman bisa dilakukan tiap akhir pekan saja dan cobalah buat acara kumpul-kumpul di rumah agar lebih irit. Akan lebih seru jika Anda memasak dengan teman-teman Anda di rumah. Dan lebih baik menonton di bioskop di saat filmnya memang benar-benar bagus untuk ditonton di bioskop demi menekan pengeluaran.

3. Jangan remehkan uang receh!


Source: 422737

Sering kali kita meremehkan keberadaan uang receh yang memenuhi dompet. Biasanya kita akan mengeluarkannya dari dalam dompet karena keberadaannya cukup mengganggu (membuat dompet penuh dan membuat dompet menjadi terasa berat) lalu meletakkannya di sembarang tempat. Padahal jika kita mengumpulkan uang-uang receh tersebut, sesungguhnya jumlahnya cukup banyak. Anda bisa mengumpulkan semua uang receh yang Anda miliki dan menukarkannya ke mini market terdekat karena saat ini sudah banyak mini market yang bersedia menukarnya. Jadi, simpanlah dengan baik uang receh Anda dan tukarkan ketika jumlahnya sudah cukup banyak. Anda akan kaget ketika menyadari jumlahnya.

4. Belajar masak.


Source: JESHOOTS

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Jadi, pengeluaran untuk makan merupakan pengeluaran yang rutin Anda keluarkan setiap hari. Tahukah Anda bahwa memasak sendiri makanan Anda mampu menghemat pengeluaran? Khususnya jika Anda bekerja di gedung kantor yang elit. Sudah pasti harga makanan akan dijual cukup mahal di sana. Ada baiknya Anda belajar memasak dan membiasakan diri untuk membawa bekal ke kantor. Ini akan menekan pengeluaran Anda secara signifikan.

5. Hindari sering-sering membuka onlineshop.


Source: 422737

Sering kali kita membeli barang yang sesungguhnya tidak kita butuhkan. Dan hal ini semakin sering terjadi sejak semakin banyaknya onlineshop dan marketplace bermunculan. Kemudahan mengakses katalog produk dan praktisnya metode pembayaran serta pengiriman barang yang menjadi faktor utamanya. Jadi, hindarilah sering-sering membuka onlineshop atau marketplace di saat Anda memang tidak benar-benar butuh berbelanja karena Anda akan selalu tergoda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan, yang mana katalognya terpajang dengan sangat cantik di depan mata Anda.

6. “Cicil” tabungan Anda.


Source: USA-Reiseblogger

Jika Anda ingin menabung sebesar 1 juta setiap bulan, maka artinya Anda harus menyimpan sekitar 34.000 setiap hari. Menyisakan uang sebesar 1 juta rupiah di akhir bulan akan terasa lebih berat dibanding jika Anda menyisihkan 34.000 setiap harinya. Tidak ada salahnya Anda menggunakan cara menabung konvensional dengan menggunakan celengan agar Anda bisa lebih disiplin dalam menyisihkan uang harian. Metode ini akan sangat efektif jika Anda bisa rutin melakukannya. Jadi, besok mulailah praktekkan cara menabung seperti ini karena hasilnya akan lebih terlihat.

7. Simpan Kartu Kredit.


Source: TheDigitalWay

Sesungguhnya penggunaan kartu kredit tidak selalu buruk. Khususnya jika Anda mengincar diskon produk yang bekerjasama dengan kartu kredit. Bukannya boros, ini justru akan memangkas pengeluaran Anda. Namun kebanyakan pengguna kartu kredit salah strategi dan malah menumpuk hutang. Jangan terlena dengan hutang dengan batas maksimal yang ditawarkan oleh kartu kredit. Dan jangan pernah tergoda untuk menaikkan limit kartu kredit Anda karena Anda akan semakin kesulitan membayarnya. Sebaiknya, simpan kartu kredit Anda di rumah dan gunakanlah hanya saat benar-benar diperlukan.

8. Manfaatkan diskon.


Source: geralt

Kini sudah saatnya Anda jeli dengan informasi-informasi diskon jika Anda ingin hidup dengan sedikit pengeluaran. Mungkin selama ini diskon kebutuhan harian yang ada di supermarket dan minimarket tidak cukup menarik perhatian Anda. Nah, kini saatnya Anda mengubah kebiasaan itu. Perhatikan diskon-diskon produk di bulan ini dan bandingkan harganya untuk mendapat harga terbaik (yang sekecil mungkin, tentunya). Dengan begini, uang yang Anda keluarkan akan lebih efisien.

9. Coba berinvestasi.


Source: Pexels

Menyimpan uang di tabungan konvensional kini sudah tidak nge-trend dan sudah terasa tidak efisien karena biaya administrasi bank serta laju inflasi yang terus bertambah sehingga nilai uang yang Anda miliki menjadi berkurang. Untuk mengakalinya, cobalah belajar berinvestasi. Membuat tabungan reksadana atau deposito, misalnya. Tabungan semacam ini akan lebih menguntungkan dan dapat menyelamatkan nilai uang Anda di masa depan. Namun ingatlah bahwa selalu ada kemungkinan resiko kerugian yang bisa Anda dapat dengan berinvestasi. Oleh sebab itu, tabunglah uang Anda dengan menggunakan beberapa jenis investasi untuk meminimalisir kerugian.

10. Tegas pada diri sendiri.


Source: ToNic-Pics

Semua tips di atas tidak akan berhasil jika Anda tidak bisa tegas pada diri sendiri dalam menekan pengeluaran. Yakinkan diri Anda bahwa Anda memang perlu menabung untuk masa depan yang lebih baik. Jika Anda tidak melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya tidak akan maksimal. Percayalah segala usaha dan pengorbanan Anda demi menabung di awal akan membuahkan hasil yang manis di belakang. Jadi, tetap semangat, ya!

Itulah 10 tips menabung yang efektif yang mungkin sebagian di antaranya belum pernah terpikirkan oleh Anda. Nah, mulai besok ubahlah semua kebiasaan buruk Anda dan cobalah praktekkan beberapa tips di atas. Selamat menabung!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle