10 Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: nyphotographic

Kolesterol adalah lemak steroid yang ditemukan di dalam darah yang berfungsi menjalankan membran sel. Tubuh secara alami memproduksi kolesterol yang kita butuhkan. Konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging merah berarti membawa kolesterol dari luar. Kelebihan kolestero dapat mendatangkan serangan jantung. Nah, itulah mengapa penting selalu mengonsumsi makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol agar pola makan tetap seimbang. Apa saja makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol? Simak 10 makanan untuk penderita kolesterol berikut ini:

1. Alpukat


Source: Meditations

Alpukat adalah makanan tinggi lemak, bahkan 77 persen kalori di dalamnya berasal dari lemak. Hal ini menjadikan alpukat sebagai makanan nabati yang paling banyak mengandung lemak. Namun, alpukat hanya mengandung asam lemak tak jenuh yang dikenal sebagai asam oleat. Dengan mengonsumsi alpukat, kamu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 18 persen.

2. Minyak zaitun


Source: stevepb

Sama seperti alpukat, minyak zaitun juga mengandung asam oleat yang tinggi yang bertanggungjawab menurunkan kolesterol LDL (lipoprotein densitas rendah). Bahkan, bahkan makanan yang kerap dijadikan sebagai campuran salad ini disebut-sebut mengandung 12,9 persen asam lemak tak jenuh. Minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol hingga 20 persen. Gunakan selalu minyak zaitun sebagai campuran saladmu.

3. Bawang putih


Source: stevepb

Studi membuktikan mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 9-12 persen. Bawang putih dapat melawan infeksi dan bersifat anti radang (inflamasi) sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu bisa mendapatkan manfaat bawang putih dengan menaburkan potongan-potongan bawang putih mentah ke sup, sandwich atau salad.

4. Kacang almond


Source: stevepb

Sejumlah studi menemukan mengonsumsi setengah cangkir almond setara dengan penurunan kadar kolesterol hingga 10 persen. Yang perlu diperhatikan, almond adalah makanan berkalori tinggi sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi lebih dari setengah cangkir kecil per hari. Almond biasanya dikonsumsi sebagai camilan atau tambahan sarapan pagi yang bisa dicampurkan dengan bubur oatmeal. Almond juga dapat digunakan sebagai makanan diet yang membantu mengurangi lemak di perut.

5. Tomat


Source: ImageParty

Tomat mengandung banyak likopen yang dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 10-17 persen. Likopen adalah pigmen karotenoid yang membuat sayuran dan buah-buahan berwarna merah. Selain ditemukan pada tomat, likopen juga banyak terdapat pada semangka. Ekstrak tomat terbukti dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. Tomat juga terbukti dapat mengurangi penggumpalan sel-sel platelet (trombosit) di dalam darah sehingga bermanfaat juga bagi kesehatan jantung.

6. Coklat


Source: AlexanderStein

Coklat kaya akan sterol dan flavanol yang dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 2-5 persen. Sterol juga ditemukan pada minyak tumbuhan seperti minyak jagung dan minyak kedelai yang dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 16 persen. Yang harus diperhatikan, coklat yang memiliki efek penurunkan kolesterol adalah coklat yang bebas dari gula dan susu (dark chocolate)

7. Teh hijau


Source: gadost0

Teh hijau telah menjadi salah satu minuman utama bagi orang-orang di Asia Timur karena diyakini dapat membuang lemak dari dalam tubuh. Faktanya, teh hijau memang dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 2-5 persen. Sangat disarankan untuk mengonsumsi teh hijau tanpa gula karena bebas kalori. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau membantu melawan polusi dan radikal bebas.

8. Biji rami


Source: pezibear

Biji rami sebanyak 50 gram terbukti dapat menurukan kadar kolesterol pada orang dewasa normal hingga 8 persen. Sementara, 38 gram biji rami dapat menurunkan kadar kolesterol 14 persen pada orang dengan kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia). Biji rami panggang dapat dimakan sebagai camilan atau ditambahkan ke dalam bubur sereal. Manfaat biji rami dalam menurunkan kadar kolesterol dihubungkan dengan kandungannya yang kaya serat.

9. Biji gandum utuh


Source: Pexels

Biji-bijian utuh seperti biji gandum utuh yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat sereal dan roti terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. Itulah sebabnya mengapa makanan sereal oat kerap dijadikan sebagai bahan baku sereal yang dipromosikan sehat bagi jantung. Selain gandum, beras merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol karena tidak seperti beras putih, beras merah tidak melalui proses pemutihan yang mengurangi kadar serat dan gizinya.

10. Jelai


Source: congerdesign

Jelai atau yang dikenal sebagai barley adalah bahan baku sereal yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat roti, malt, bir maupun pakan ternak. Kandungan seratnya menjadikan makanan ini baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Jelai kaya akan kalium, serat, karbohidrat dan kalsium menjadikan makanan ini sebagai sumber kalori yang baik bagi tubuh.

Demikianlah 10 makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang bisa kamu masukkan secara bervariasi ke dalam menu makananmu. Variasi menu makanan sangat penting untuk mendapatkan beragam nutrisi dan menghindari penumpukan nutrisi di dalam tubuh.

Tetap sehat dan jaga selalu pola makanmu, ya.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary, Health