Inilah 10 Makanan Daerah di Indonesia yang Bisa Buat Kamu Ketagihan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: sorcel

Apakah kamu penyuka kuliner? Pastinya tidak akan melewatkan makanan lezat yang kamu temukan saat kamu traveling. Negara tercinta kita ini memang dikenal memiliki banyak sekali kuliner yang lezat terlebih setiap daerah di Indonesia memiliki makanan daerahnya masing-masing. Makanan daerah di Indonesia memang identik dengan banyak bumbu di dalamnya, namun orang Indonesia memang sangat menyukai hidangan yang dibuat dengan banyak bumbu. Kelebihan ini juga yang membuat makanan Indonesia memiliki cita rasa dan karakteristik yang berbeda dengan makanan dari negara lain. Bahkan salah satu makanan daerah Indonesia pernah dikategorikan sebagai makanan terenak nomor 1 di dunia, hebat bukan? Berikut adalah daftar 10 makanan daerah di Indonesia yang bisa membuat kamu ketagihan:

1. Kerak Telor

Makanan daerah ini sangat populer namanya di Indonesia sebagai makanan tradisional dari daerah Jakarta. Namun belum tentu semua orang yang mengetahui namanya pernah mencoba makanan unik ini, karena makanan ini jarang ditemukan diluar kota Jakarta. Makanan tradisional ini memiliki cita rasa yang khas dan berasa lezat. Sambil menunggu pesanan kerak telor kita, kita juga bisa menyaksikan pembuatan makanan daerah ini yang dimasak dengan cara yang unik. Ya memasak kerak telor memang dikenal sangat unik. Para penjual kerak telor akan membalikkan adonan ke tungku api secara langsung untuk membakar bagian atas dari kerak telor. Makanan ini bercita rasa khas sehingga bisa membuatmu ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

2. Surabi Bandung

Walaupun surabi merupakan kue tradisional hasil kreasi dari kue tradisional asal Belanda, namun di Indonesia surabi dikenal sebagai makanan daerah Bandung yang sangat disukai. Makanan ini biasanya banyak di jual di daerah Bandung di pagi hari yang dimasak menggunakan tungku dan cetakan dari tanah liat. Hal inilah yang membuat rasa surabi semakin nikmat ketika disantap. Seiring berkembangnya kuliner di Bandung, kini toping pada surabi tidak hanya berupa tempe atau oncom yang ditaburi di atasnya. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan kedai-kedai yang menjual surabi dengan berbagai toping modern seperti coklat, keju, stroberi, durian, dan banyak lagi. Walaupun makanan ini terbilang sangat tradisional namun cita rasanya bisa membuat kamu memakannya lebih dari satu.

3. Daging Rendang

Daging rendang pernah menjadi sangat peopuler sebagai makanan terenak di dunia yang di rilis oleh CNN. Makanan daerah ini adalah salah satu masakan Padang yang sangat populer di Indonesia. Teknik memasak daging rendang membutuhkan waktu yang lama sehingga menghasilkan daging rendang yang empuk dan meleleh dilidah. Selain itu bumbu untuk memasak daging rendang juga sangat banyak dan membuat daging rendang menjadi teman makan nasi yang sempurna di siang hari. Jangan lupa untuk memakannya bersama dengan bumbu daging rendang, dijamin makanan derah ini akan membuat kamu menambah porsi makanan dalam piring kamu.

4. Rawon

Rawon adalah makanan yang terbuat dari daging. Rawon merupakan makanan daerah khas Jawa Timur yang cukup populer. Keistimewaan makanan ini adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat yang merendam irisan daging lezat yang empuk. Walaupun kuahnya berwarna hitam pekat, ketika kamu mencobanya rasanya akan luar biasa enak menari-menari di lidah. Warna hitam berasal dari bumbu alami yang digunakan pada masakan rawon ini yaitu biji kluwak. Kuahnya sendiri memiliki cita rasa yang kuat dengan rasa dari berbagai bahan alami seperti jahe, lengkuas, dan kemiri yang akan terasa hangat di badan kamu.

 5. Pempek Palembang

Seperti namanya makanan daerah ini berasal dari Palembang. Makan ini sangat disukai karena rasanya yang asam dan juga pedas yang berasal dari kuah asam sebagai saus dari pempek. Makanan ini sangat mudah ditemukan diluar pulau Palembang sekalipun. Banyak sekali jenis pempek yang bisa kamu pilih sperti pempek lenjer, pempek lenggang, ataupun pempek kapal selam yang bentuknya lebih besar. Bahan untuk membuat adonan pempek berasal dari daging ikan yang digiling ditambah dengan telur di bagian dalamnya. Bisanya makanan ini disajikan dengen irisan bonteng dan juga mie kuning sebagai topingnya.

 6. Bakso

Makanan daerah Indonesia yang bisa membuat kamu ketagihan adalah bakso. Sepertinya makanan yang satu ini sangat mudah sekali ditemukan karena dijual diseluruh wilayah Indonesia. Di negara lain makanan ini disebut dengan meatball, namun di Indonesia sendiri makanan ini terkenal dengan nama bakso. Tentu saja bakso khas Indonesia akan memiliki cita rasa berbeda dengan bakso di negara lain. Kuah yang merupakan campuran dari berbagai bmbu dan juga kaldu daging sangat sempurna sebagai kuah daging bakso yang lezat.

7. Gado-gado

Makanan daerah yang juga berasal dari daerah Jakarta ini merupakan makanan yang sehat, karena terdiri dari berbagai jenis sayuran yang direbus dan dihidangkan dengan lontong. Bumbu yang digunakan gado-gado adalah bumbu kacang yang bisa kamu pilih tingkat kepedasannya. Makanan ini terbilang sebagai makanan tradisional yang sudah ada sejak lama, namun kepopuleran gado-gado sebagai makanan yang nikmat tetap ada sampai sekarang.

8. Gudeg Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang terkenal dengen kelezatan berbagai kulinernya, salah satunya adalah makanan daerah gudeg yang sangat terkenal. Makanan daerah ini bahkan dapat ditemui bukan hanya di Yogyakarta namun juga di berbagai daerah di Indonesia. Gudeg adalah makanan tradisional khas Yogya yang terbuat dari buah nangka yang masih muda di tambah dengan campuran bumbu dapur dan juga gula merah yang memberikan rasa manis dan juga warna coklat pada gudeg. Rasa khas gudeg yaitu manis bercampur dengan rasa dari daging buah nangka muda yang lezat. Makanan ini sangat cocok di nikmati dengan opor ayam dan nasi hangat.

9. Sate Lilit Bali

View this post on Instagram

🌸Sate Lilit Bali Denpasar Moon🌸 🍡Kualitas jempolan 🍡Fresh 🍡Enaknya nampol 🍡Lain daripada yang lain 🍡KHAS BALI For Order ⚠MOHON DIPERHATIKAN⚠ : ▶ Silakan hubungi CP yang tertera di bio (salah satu saja ❌ no double chat) ▶ Order sesuai format yang tersedia ▶ Minimal Order 30 tusuk ▶ PO H-2 dari tanggal yang dikehendaki ▶ Made by order ▶ Harga per tusuk : IDR 8k FORMAT ORDER Nama : Alamat Lengkap : No HP : Jumlah Orderan : … tusuk BON APPETIT 🍴 #satelilitbali #khasbali #satebali #bali #paradise #explorebali #exploreindonesia #food #satay #indonesia #jualan #jualansist #olshop #delicious #kuliner #foodporn #foodie #kulinernusantara #balinesefood

A post shared by Sate Lilit Bali Denpasar Moon (@satelilitbali) on

Selain ayam betutu, Bali juga terkenal dengan makanan kulinernya yang unik yaitu sate lilit. Perbedaan sate lilit dengan sate biasa yang ada di Indonesia adalah bentuk dan tekstur dagingnya, daging sate lilit sudah digiling dan dilekatkan pada batang sereh ataupun bambu kemudian di bakar. Untuk menikmati makanan daerah ini juga tidak diperlukan bumbu tambahan karena bumbu sudah tercampur rata dengan daging ayam giling dalam sate lilit. Dijamin sate lilit bisa membuat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

10. Nasi Goreng


Source: takedahrs

Nasi goreng adalah salah satu makanan daerah Indonesia yang sangat mudah ditemukan di kedai ataupun di restauran-restauran Indonesia. Makanan ini bisa dibilang mewakili cita rasa yang disukai oleh orang Indonesia yaitu memiliki banyak bumbu di dalamnya. Walaupun bahan utamanya adalah sepiring nasi putih namun setelah menjadi nasi goreng spesial anda akan merasa ketagihan untuk menikmatinya. Makanan ini juga sangat mudah dibuat di rumah dengan berbagai variasi tambahan sesuai selera seperti tambahan daging, sosis, ataupun sambal.

Itulah makanan daerah di Indonesia yang terkenal lezat sehingga bisa membuat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Beberapa makanan daerah tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh kota di Indonesia namun ada beberapa makanan yang harus kamu beli di dserah aslinya. Makanan derah khas Indonesia adalah bagian dari budaya Indonesia yang harus tetap dilestarikan ditengah terciptanya kuliner yang lebih modern. Walau begitu makanan derah tersebut memang terbukti berhasil bertahan karena kenikmatannya walaupun makanan modern mulai mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfat bagi kamu sebagai informasi mengenai makanan daerah khas Indonesia.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Culinary