Ingin Menjalani Hidup yang Lebih Sehat? Simak 10 Tips Berikut Ini!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: picjumbo_com

Anda mungkin mulai merasa kurang bergairah dalam melakukan aktivitas harian. Atau Anda mulai merasa kehilangan arah dan tidak memiliki tujuan apapun yang ingin Anda capai. Hal-hal semacam ini pada akhirnya akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan dan kebahagiaan hidup Anda. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengubah gaya hidup yang merusak dan tetapkan tujuan hidup Anda agar hidup menjadi lebih bermakna dan Anda pun menjadi lebih bergairah dalam menjalaninya. Berikut ini adalah beberapa tips hidup sehat yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia. Sebagai catatan, sehat di sini bukan hanya sehat secara fisik, namun juga sehat secara psikis. Karena kesehatan fisik dan psikis juga saling berkaitan.

1. Tetapkan Tujuan Hidup


Source: Snufkin

Anda bisa jadi merasa perjalanan karir Anda buntu. Atau barangkali Anda sudah berhasil mencapai beberapa target yang pernah Anda buat dan kemudian merasa tidak perlu mencapai apapun lagi. Padahal ini adalah pola hidup yang salah. Setiap saat, Anda harus tahu apa tujuan hidup Anda. Setiap saat Anda harus punya target agar hidup menjadi lebih bermakna dan dijalani dengan lebih bersemangat. Buat target-target sederhana seperti menabung untuk mengganti meja makan baru di rumah atau sekolah ke luar negri. Dengan begini, Anda akan lebih berhasrat dalam menyambut hari baru setiap pagi. Orang-orang yang menjalani hidup dengan semangat akan hidup dengan lebih sehat.

2. Bersyukur

ThankfulSource: jasicaJaew

Setiap kali Anda ingin mengeluh, ingatlah bahwa selalu ada orang yang berada di bawah Anda atau nasibnya tidak seberuntung Anda. Dengan begini, Anda tidak akan merasa bahwa ketidakberuntungan yang Anda alami adalah yang terburuk sehingga pantas untuk Anda syukuri. Orang yang lebih banyak bersyukur juga akan menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia karena terlalu sering mengeluh akan mengakibatkan stress yang jumlahnya bisa bertambah jika tidak Anda kendalikan. Stress juga bisa menjadi pemicu beberapa penyakit, bahkan penyakit yang mematikan. Jadi, syukuri apapun yang Anda miliki dan bagaimana pun kondisi Anda saat ini agar hidup terasa lebih ringan dan nyaman.

3. Rutin Berolahraga


Source: skeeze

Olahraga selain terbukti dapat menyehatkan tubuh, juga dapat menyehatkan pikiran dan hati. Olahraga dipercaya mampu memicu hormon endorphin atau yang lebih dikenal dengan hormon kebahagiaan. Itulah mengapa Anda akan merasa lebih ceria setelah melakukan aktifitas olahraga. Oleh sebab itu, lakukan olahraga secara rutin setiap hari agar tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih sehat. Tidak perlu olahraga yang berat dan membutuhkan waktu yang lama. Anda cukup melakukan olahraga yoga atau skipping misalnya, yang mana bisa Anda lakukan di dalam rumah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

4. Makan Makanan yang Menyehatkan


Source: Einladung_zum_Essen

Coba perhatikan makanan yang biasa Anda makan sehari-hari. Apakah mengandung micin atau MSG? Apakah mengandung bahan pengawet dan zat-zat pewarna buatan yang cukup berbahaya? Apakah Anda rajin memakan buah-buahan? Ketahuilah bahwa asupan makanan merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Apa yang Anda makan akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Jadi jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat, makanlah makanan yang sehat seperti makan-makanan yang kaya nutrisi dan jauh dari zat-zat berbahaya seperti micin dan pengawet. Dengan memperbaiki kebiasaan makan Anda, maka kesehatan badan pun akan semakin terjaga dan Anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Batasi Pergaulan


Source: fabiennefrancis

Memiliki banyak teman itu baik, namun bukan berarti berteman dengan siapa saja tanpa ada filter itu juga baik. Tidak semua orang akan memberikan dampak positif dalam kehidupan Anda. Jadi, sebaiknya batasi pergaulan Anda. Hindari bergaul dengan orang-orang yang banyak membuat masalah dan sering menyusahkan Anda atau orang-orang di sekitar mereka. Lebih banyaklah bergaul dengan orang-orang yang mampu memancarkan energi positif ke lingkungan sekitar, misalnya teman-teman kantor yang aktif melakukan kegiatan sosial. Dengan begini, Anda akan lebih menghargai hidup dan akan merasa lebih nyaman dan bahagia.

6. Hindari Begadang


Source: PublicDomainPictures

Sudah banyak ahli kesehatan yang membuktikan dampak buruk dari begadang. Memang terkadang begadang tidak bisa dihindari karena tuntutan pekerjaan atau tugas-tugas kuliah yang sudah terlanjur menumpuk. Namun, sebisa mungkin kurangilah kebiasaan begadang ini. Jika Anda sudah bisa berbaring di atas kasur, coba letakkan ponsel di atas meja yang cukup jauh dari jangkauan agar Anda tidak tergoda untuk mengutak-atik ponsel Anda di saat seharusnya Anda mulai tidur dan beristirahat. Karena saat ini, masalah begadang karena tergoda gadget merupakan masalah yang umum. Padahal dampaknya akan sangat buruk bagi kesehatan. Selain itu, hindari meminum kopi di saat yang tidak diperlukan di malam hari agar Anda tidak terjaga seanjang malam.

7. Jalan-jalan


Source: picjumbo_com

Jalan-jalan atau traveling mungkin memang bukan untuk semua orang karena tidak semua orang merasa nyaman di tempat asing. Namun jika Anda adalah penyuka traveling, lakukanlah hal ini secara rutin agar hidup Anda tidak terasa membosankan. Agendakan traveling minimal satu kali dalam setahun agar Anda lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Selalu kunjungi tempat-tempat baru agar Anda dapat melihat dan merasakan atmosfer yang berbeda karena hal tersebut sangat baik untuk kesehatan spiritual Anda. Ajaklah pasangan atau keluarga untuk traveling karena traveling juga dapat semakin mendekatkan hubungan Anda dengan keluarga.

8. Banyak Tertawa


Source: Pexels

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tertawa bisa memberikan dampak yang baik secara psikis maupun fisik seseorang. Karena di saat tertawa, otak kiri dan otak kanan Anda menjadi seimbang dan aliran darah akan mengalir dengan lancar. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa tertawa sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Dan apakah Anda percaya bahwa tertawa akan membuat usia Anda lebih panjang? Mungkin Anda tidak begitu mempercayainya. Tapi jika dengan tertawa saja tubuh Anda akan memberikan respon-respon positif yang menyehatkan, tidak heran jika banyak tertawa akan membuat umur Anda menjadi semakin panjang, bukan?

9. Memiliki Hewan Peliharaan


Source: Schmid-Reportagen

Apakah Anda pernah menyangka bahwa memelihara hewan di rumah akan berdampak positif bagi kesehatan Anda? Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan mampu mengurangi bahkan menghilangkan kadar stress yang mana bisa memberi efek buruk pada kesehatan. Selain itu, jika Anda memiliki seekor Anjing, maka Anda akan merasa perlu secara rutin berjalan-jalan dengan anjing peliharaan Anda, yang mana ini artinya juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda. Sebagai tambahan, penelitian juga membuktikan bahwa semakin sering Anda membelai hewan peliharaan Anda maka tekanan darah Anda akan semakin berkurang.

10. Tidak Menjaga Hubungan yang Buruk


Source: stevepb

Tanpa disadari, banyak orang yang sebenarnya masih menjaga hubungan yang buruk dengan orang lain seperti dengan kekasih, pasangan resmi (suami atau istri), atau bahkan orang tua. Jika Anda merasa hubungan yang Anda jalani dengan pasangan benar-benar sudah tidak bisa atau sulit diselamatkan lagi, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk tidak menjaga hubungan yang seperti itu. Mungkin Anda akan berat mengambil keputusan semacam ini, tapi percayalah. Tidak ada gunakan mempertahankan hubungan yang sudah tidak layak dipertahankan. Namun, jika Anda merasa hubungan tersebut masih bisa diperbaiki (dengan orang tua, misalnya), berusahalah memperbaikinya. Karena berada dalam hubungan yang buruk dalam jangka waktu yang lama akan berdampak juga pada kesehatan Anda baik secara fisik maupun psikis.

Itulah beberapa tips agar Anda bisa menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia. Mungkin memang sulit untuk mengubah kebiasaan dan membuat beberapa target yang perlu dicapai, namun percayalah. Ketika Anda sudah menjalaninya, segala sesuatunya akan terasa lebih mudah. Selamat mencoba!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Lifestyle