Makan Telur Bebek Yuk: Inilah 10 Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatanmu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Duck EggSource: Line-tOodLinGfc

Telur bebek biasa dikenal sebagai campuran untuk susu jahe ataupun untuk membuat martabak telur. Martabak telur yang dibuat dari telur bebek akan terasa lebih padat jika dibandingkan dengan martabak dari telur ayam. Sedangkan untuk susu jahe, campuran telur bebek digunakan sebagai penambah stamina. Tapi, apakah hanya itu saja manfaat dari telur bebek? Cek manfaat telur bebek untuk kesehatanmu di bawah ini:

1. Mata Lebih Sehat Dengan Telur Bebek

Source: David Long

Tubuh membutuhkan sekitar 5000 IU vitamin A per hari nya. 1 telur bebek mengandung sekitar 480 IU vitamin A. Artinya, konsumsi 1 telur bebek per hari akan memenuhi 10% kebutuhan vitamin A kamu. Jumlah ini sangat cukup untuk membantu tubuh memenuhi asupan vitamin A yang bisa ditunjang lagi dengan makanan lain yang tinggi vitamin A, misalnya wortel.

2. Memperkuat Imunitas


Source: Ilustrador / Web Designer

Masih berhubungan dengan vitamin A. Tak hanya meningkatkan kesehatan mata, vitamin A juga baik untuk meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas. Tercukupinya kebutuhan vitamin A akan membantu tubuh untuk memerangi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.

3. Lancarkan Sistem Metabolisme


Source: Richard Masoner / Cyclelicious

Di dalam sebutir telur bebek, terkandung vitamin E sebesar 3% dari kebutuhan vitamin E yang dianjurkan per harinya. Vitamin E yang tercukupi, memastikan sistem metabolisme kamu berjalan dengan lancar. Metabolisme yang lancar akan membuat gizi terserap maksimal dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

4. Menambah Stamina


Source: Michael Havens

Jika anda pernah minum STMJ (Susu Telur Madu Jahe), rata-rata menggunakan telur bebek, selain telur ayam kampung. Hal ini sudah teruji, campuran telur bebek yang ada akan menambah energi dan stamina tubuh karena telur bebek mengandung protein tinggi. Jika ingin mengindari bau amis, seduh telur dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.

5. Sumber Kalori Tinggi

Source: H

Sumber kalori yang ada pada telur bebek mencapai 50% lebih tinggi dari telur ayam. Artinya, dalam porsi yang mirip, telur bebek mampu memberikan asupan kalori yang lebih tinggi dari telur bebek. Tingginya kalori akan membuat tubuh memiliki bahan bakar lebih banyak. Maka dari itu, konsumsi telur bebek baiknya dibarengi dengan aktivitas yang sepadan supaya kalori yang diperoleh bisa diolah secara maksimal.

6. Membantu Kamu Lebih Berotot


Source: John Voo

Untuk kamu yang sedang rajin olahraga untuk membentuk tubuh, telur bebek adalah salah satu makanan yang wajib kamu konsumsi. Telur bebek kaya akan asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot ini lah yang sesungguhnya membentuk tubuh terlihat lebih padat dan kencang. Untuk para wanita, tak perlu khawatir akan jadi sekekar pria, tubuh kita sejatinya tidak akan jadi sekekar pria walau rajin olahraga, kecuali jika kita mengkonsumsi hormon tambahan.

7. Sehatkan Organ Reproduksi Pria dan Wanita

CoupleSource: takazart

Pada pria, kandungan selenium yang ada pada telur bebek akan meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Sedangkan pada wanita, vitamin E dan B12 dari telur bebek bantu seimbangkan hormon dan sehatkan ovum. Maka dari itu, konsumsi telur bebek cocok untuk pasutri yang sedang berusaha memiliki keturunan.

8. Dibuat Telur Asin Untuk Perbekalan yang Awet


Source: Franck Michel

Pernah naik gunung? Telur asin merupakan salah satu makanan yang memiliki kalori tinggi, memiliki rasa asin sehingga bisa enak hanya dimakan dengan nasi saja, dan praktis dibawa. Hanya telur bebek yang bisa dijadikan telur asin, karena pori-pori kulit telur bebek lebih mudah menyerap air dan garam. Selain itu kandungan lemak yang lebih tinggi, membuat telur bebek jika diasinkan akan memberikan citarasa yang lebih gurih dan creamy.

9. Telur Bebek Bikin Kamu Makin Pintar


Source: Hey Paul Studios

Telur bebek mengandung Omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Omega 3 bisa membantu meningkatkan daya ingat, dan pembentukan serta perkembangan memori pada anak dan mencegah pikun pada orang dewasa.

10. Tinggi Kolesterol, Manfaat atau Harus Hati-hati?


Source: Neeta Lind

Telur bebek memiliki 2x lebih tinggi kolesterol dibandingkan dengan telur ayam. Kolesterol sejatinya berfungsi untuk kelancaran metabolisme tubuh, penyerapan lemak dan kalsium, bantu proses biokimia dalam tubuh, hingga kurangi pembekuan darah. Namun, bagi orang dewasa dan para manula, kelebihan kolesterol dapat memicu penyakit jantung. Maka dari itu, untuk dewasa dan manula, batasi konsumsi telur bebek.

Telur bebek yang tak hanya kaya manfaat ini bisa kamu jadikan sebagai menu harian, bergantian dengan telur ayam, daging, dan makanan lainnya. Yang pasti, tak hanya memberikan rasa yang lezat 10 manfaat telur bebek untuk kesehatanmu ini bisa bantu tubuh memenuhi asupan gizi harian.

Yuk, masukkan telur bebek ke dalam menu makanmu hari ini!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health