10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Kehamilan 3 Bulan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Ariane Hunter

Memasuki usia kehamilan 3 bulan, perubahan fisik ibu hamil akan semakin jelas terlihat dan perkembangan janin pun semakin pesat. Berikut ini 10 hal yang perlu Anda ketahui saat usia kehamilan 3 bulan.

1. Perut Anda mulai tampak membesar


Source: ecooper99

Perut ibu hamil akan mulai tampak membesar di usia kehamilan 3 bulan. Akan tetapi, ukuran perut ibu hamil yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda. Ukuran perut ibu hamil dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya berat badan ibu hamil dan kehamilan anak yang ke berapa. Bahkan pada beberapa wanita, pada usia kehamilan 3 bulan perubahan ukuran perut belum terlihat.

2. Janin Anda berkembang dengan sangat cepat


Source: Thomas Widmann

Di awal bulan ketiga kehamilan, berat bayi dalam kandungan Anda sekitar 23 gram dan panjangnya sekitar 7,2 cm. Janin Anda berkembang dengan sangat cepat pada kehamilan 3 bulan ini. Pada minggu ke-4 dari bulan ketiga kehamilan, berat janin akan menjadi sekitar 100 gram dengan panjang sekitar 10 cm.

3. Mulailah perdengarkan musik pada janin Anda


Source: Matthew Hoelscher

Mulai bulan ketiga kehamilan, janin telah dapat mendengarkan suara. Bayi Anda sudah dapat mendengarkan suara Anda atau pun bunyi-bunyian lainnya dari luar perut ibu hamil. Jadi, jika Anda berniat untuk memperdengarkan musik pada bayi Anda, saat ini lah yang tepat untuk memulainya.

4. Morning sickness sudah mulai berkurang


Source: Daniel Lobo

Umumnya, keluhan mual dan muntah atau morning sickness yang mulai dialami ibu hamil pada awal kehamilan sudah mulai mereda pada kehamilan 3 bulan. Level hormon di dalam tubuh ibu hamil pada bulan ketiga ini telah mencapai batas maksimumnya. Pada usia kehamilan 3 bulan ini, ibu hamil akan merasa lebih sehat dari bulan sebelumnya.

5. Gairah seksual kembali normal


Source: jennykarinaflores

Gairah seksual yang mungkin turun pada awal kehamilan akan mulai kembali normal pada kehamilan 3 bulan. Sebenarnya berhubungan seksual pada bulan ketiga kehamilan tidak perlu dihindari, karena ada cairan ketuban yang melindungi bayi Anda saat Anda berhubungan seksual. Namun, pada kondisi tertentu hal ini sebaiknya dihindari, misalnya jika cairan ketuban pecah atau terjadi pendarahan yang sering pada ibu hamil.

6. Ganti pakaian Anda dengan yang lebih longgar


Source: acheron0

Perut dan payudara yang mulai semakin membesar di bulan ketiga kehamilan, membuat Anda menjadi kurang nyaman memakai pakaian yang ketat. Meskipun belum perlu memakai baju hamil, Anda perlu mengganti ukuran pakaian Anda dengan yang lebih longgar dan nyaman.

7. Atasi stretchmark sejak dini


Source: myllissa

Stretchmark atau garis-garis halus pada kulit mulai tampak pada beberapa bagian tubuh seperti perut bagian atas, payudara, paha, dan bokong. Atasi dengan berolahraga ringan untuk menjaga elastisitas kulit, dan dengan mengoleskan losion yang mengandung vitamin E dan AHA.

8. Makanan yang perlu dihindari


Source: Edsel Little

Memasuki usia kehamilan 3 bulan, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu perut kembung, seperti kol, bawang, goreng-gorengan, dan gula. Jika Anda mengalami sakit kepala, hindari mengkonsumsi cokelat, keju, dan kopi.

9. Dapat muncul flek hitam pada wajah


Source: *razee*

Pada usia kehamilan 3 bulan, beberapa ibu hamil mengalami masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah munculnya flek hitam. Biasanya flek yang muncul pada saat hamil akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Rawat kulit Anda dengan menghindari paparan langsung dari sinar matahari.

10. Yang perlu Anda perhatikan saat periksa kehamilan


Source: Daniel Lobo
Pemeriksaan kehamilan 3 bulan biasanya meliputi pengecekan berat badan dan tekanan darah serta pemeriksaan perut untuk mengetahui berat dan ukuran janin. Konsultasikan keluhan Anda, misalnya jika mual dan muntah anda tidak juga berkurang, sakit kepala, atau jika Anda mengalami pendarahan.

Menuju trisemester kedua dari kehamilan, tubuh Anda dapat semakin mengalami kelelahan. Jangan memaksakan pekerjaan yang menguras aktivitas fisik atau memicu stress. Mintalah bantuan kepada pasangan untuk membantu Anda melakukan pekerjaan yang berat.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health