10 Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Rihaij

Anda mungkin pernah mengalami, kulit tiba-tiba terasa gatal. Akan tetapi, Anda tidak tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih dalam tentang gatal-gatal pada kulit.

1. Gigitan Nyamuk


Source: FotoshopTofs

Penyebab paling umum gatal pada kulit, terutama di negara tropis seperti Indonesia, ialah gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk menyebabkan benjol/bengkak, dan ruam merah pada kulit yang teriritasi.

Gatal yang terjadi pada gigitan nyamuk sendiri sebenarnya bukan berasal dari gigitannya, namun karena reaksi imun tubuh terhadap protein yang ada pada air liur nyamuk.

Cara mengatasinya, bilas kulit yang yang gatal dengan air dingin tanpa menggunakan sabun. Atau, oleskan losion anti gatal pada bagian tubuh yang gatal.2

2. Kutu Hewan


Source: 3dman_eu

Gatal-gatal yang terjadi pada kulit bisa juga karena gigitan kutu. Kutu ini bisa berasal dari hewan peliharaan, atau hewan yang tidak sengaja berada di dekat Anda. Gigitan kutu biasanya terjadi kaki atau telapak kaki. Ciri gigitannya adalah adanya bekas titik kemerahan. Selain itu, tanda-tanda digigit kutu antara lain gatal, adanya ruam, serta bengkak di sekitar area gigitan.

Oleskan losion anti gatal di sekitar kulit yang terkena gigitan. Bila Anda memiliki hewan peliharaan yang berbulu, jaga kebersihannya dengan rutin membersihkan bulunya agar tidak berkutu.

3. Scabiec


Source: Laboratorio Diagnostica Ancona IZSUM

Scabiec adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau dapat menyusup ke bawah lapisan atas kulit manusia, memakan darah, dan bertelur. Scabiec dapat menyerang segala jenis kulit. Scabiec sangat rentan terjadi pada daerah yang padat penduduk, atau yang menggunakan air secara bersama-sama.

Ruam scabiec tampak seperti jerawat yang melepuh, benjolan-benjolan berisi cairan di dalamnya. Ruam scabies kadang-kadang tampak membentuk garis, meninggalkan bekas merah dan bersisik. Tungau dapat menyerang seluruh bagian kulit, terutama di sekitaran telapak tangan dan kaki, yang sangat-sangat gatal.

Scabiec sulit diobati secara mandiri. Pengobatan untuk scabiec biasanya melalui salep yang diberikan oleh dokter. Rasa gatal dapat berlangsung terus menerus, bahkan hingga berminggu-minggu, bahkan setelah diobati. Perhatikan jejak tungau di kulit. Bila masih saja muncul setelah diobati, mungkin Anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk perawatan lanjutan.

4. Kulit Terlalu Kering


 Source: IsaacFryxelius

Anda mungkin pernah merasakan, tiba-tiba saja kulit Anda terasa gatal. Setelah Anda perhatikan dengan seksama, tidak ada tanda ruam seperti habis digigit serangga, atau perubahan lain pada kulit. Gatal yang terjadi bisa saja karena kulit kering. Kulit kering dapat dipicu dari keadaan lingkungan, seperti penggunaan AC, terlalu lama mandi atau berenang, dan lain-lain. Cara mengatasinya, sering-seringlah menggunakan body lotion atau hand cream, terutama setelah mandi, dan bila Anda diharuskan berada di tempat ber-AC dalam waktu lama. Batasi waktu mandi, dan hindari penggunaan air hangat ketika mandi. Pastikan Anda minum cukup banyak air putih dalam sehari, agar tubuh dan kulit terhidrasi optimal.

5. Dermatitis Kontak


Source: Hamza Butt

Saat mencoba kosmetik atau produk perawatan kulit baru, ada kalanya kulit malah menjadi merah-merah dan teriritasi. Itulah yang dimaksud dengan dermatitis kontak, saat kulit terpapar zat asing, menjadikannya gatal, merah, dan iritasi. Kebanyakan kasus dermatitis tidaklah parah, tetapi sangat merepotkan.

Beberapa tanda dermatitis kontak antara lain kulit kering, bersisik, terkelupas, gatal-gatal, melepuh, kemerahan, kasar, dan menjadi sensitive pada sinar matahari. Hindari menggaruk kulit yang teriritasi karena akan membuatnya makin malah atau malah terinfeksi. Bersihkan kulit anda dengan air suam kuku untuk menghilangkan iritan. Cara mengatasi gatal lainnya adalah menggunakan losion anti gatal, atau krim hidrokortison yang bisa didapatkan di apotek-apotek. Bila iritasi semakin menjadi, segera konsultasikan pada dokter terdekat.

6. Kutu air

Kutu air (Juga dikenal sebagai Athlete’s foot/tinea pedis) merupakan infeksi jamur yang biasanya terjadi pada kulit di bagian kaki. Kutu air juga bisa menyebar ke bagian kuku kaki dan tangan. Kutu air ini dapat menular, terutama saat seseorang tidak mengenakan alas kaki di tempat umum, bergantian menggunakan kaos kaki dengan orang yang terinfeksi, dan lain-lain.

Ciri-cirinya kutu air antara lain kulit yang sangat gatal, rasa seperti disengat dan melepuh di telapak kaki yang gatal, perubahan warna dan kulit yang menebal, serta kulit yang mengelupas.

Kutu air dapat diobati dengan obat anti jamur/kutu air yang beredar di pasaran. Bila tidak mempan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan obat oles atau obat minum anti jamur yang lebih kuat. Dokter juga mungkin merekomendasikan perawatan yang dapat dilakukan di rumah untuk membersihkan infeksinya.

7. Panu

Panu merupakan jamur yang menyebabkan infeksi di permukaan kulit. Panu dapat terjadi di seluruh tubuh, terutama di daerah yang berlipat seperti ketiak dan selangkangan. Panu berkembang di daerah yang hangat, lembab, dan berkeringat.

Ciri-ciri panu ialah ruam putih atau merah di daerah yang terinfeksi, dan sangat gatal. Cara mengatasinya sebenarnya mudah. Anda dapat mengatasinya dengan salep anti panu yang beredar di pasaran. Namun, bila Anda memiliki masalah daya tahan tubuh, atau bila jamur candida telah menyebar hingga ke aliran darah, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin memberikan resep krim atau losion anti jamur yang dioleskan ke kulit yang terinfeksi. Dalam beberapa kasus, obat minum juga dapat diberikan.

8. Eksem Alergi

Eksim alergi terjadi ketika kulit Anda terpapar kontak dengan alergen. Eksim alergi biasanya tidak langsung memicu alergi. Gejalananya biasanya tidak langsung muncul, tetapi datang selama 24 sampai 48 jam setelah kontak dengan alergen. Pengobatan untuk eksim alergi dilakukan tergantung tingkat keparahan, gejala, dan penyebabnya. Kulit bisa memulihkan dirinya dalam waktu satu hingga tiga minggu. Dokter dapat meresepkan antihistamin pada penderita, dan krim atau losion untuk kulit yang sangat kering

9. Dyshidrotic Eczema

Dyshidrotic Eczema atau dyshidrosis adalah kondisi dimana kulit menjadi seperti melepuh, timbul benjolan-benjolan sekitar telapak tangan atau kaki. Kondisi kulit dapat juga menjadi bruntusan, dan terdapat cairan di dalamnya. Kulit biasanya sangat gatal. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar dua hingga empat minggu. Belum ada penyebab pasti akan kondisi ini, namun para ahli meyakini kondisi ini berkaitan alergi atau stress tinggi.

Pengobatan untuk dyshidrotic eczema bergantung pada tingkat keparahannya. Krim atau losion corticosteroid yang dioleskan pada kulit yang gatal dapat digunakan untuk mengurangi gatal. Untuk kasus yang lebih parah, dokter dapat memberikan resep corticosteroid ataupun dengan injeksi. Untuk meredakan gatal sendiri di rumah, Anda dapat mengompres kulit yang gatal dengan air dingin, lalu mengoleskan obat oles yang diresepkan dokter pada kulit sesaat setelah mengompres

10. Herpes Zoster

Source: AJ Cann

Gatal-gatal pada kulit juga dapat terjadi karena Herpes Zoster. Herpes zoster merupakan infeksi pada saraf dan kulit di sekitarnya. Herpes zoster dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. Meskipun begitu, ada juga orang tidak pernah mengalami gejala herpes meskipun ia memiliki virus herpes dalam tubuhnya (dorman).

Ciri-ciri herpes zoster adalah rasa sakit dan panas terbajar pada kulit, atau rasa seperti tertusuk. Ruam pada kulit akan muncul dan menjadi luka melepuh, dan muncul rasa gatal. Kulit yang melepuh akan mengering dalam beberapa hari, umumnya meninggalkan bekas. Gejala penyerta herpes zoster ialah demam, sakit kepala, tidak enak badan, dan sensistif terhadap cahaya.

Herpes zoster dapat sembuh sendiri setelah 14 hingga 28 hari. Namun, sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter untuk segera mendapatkan penanganan, terutama bila Anda pernah menderita cacar air sebelumnya untuk mengurangi resiko komplikasi.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health