10 Langkah Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Stevepb

Wajah adalah salah satu aset terpenting. Menjaga kesehatan kulit wajah adalah hal yang harus diutamakan. Berbagai perawatan hingga krim-krim kecantikan digunakan para kaum hawa. Tapi bagaimana jika jerawat tetap muncul, atau bahkan sulit disembuhkan? Biasanya, kita langsung benci dengan kulit wajah kita sendiri.

Selain kondisi kulit, perawatan, produk-produk kecantikan dan makeup bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jangan sembarangan memakai produk-produk kecantikan, rutin membersihkan wajah bisa menjadi cara mencegah tumbuhnya jerawat. Selain wajah, di beberapa bagian tubuh lainnya seperti pada punggung juga mengalami jerawatan.

Hati-hati dengan berbagai produk perawatan yang Anda pakai. Jangan sampai produk-produk tersebut justru malah menimbulkan efek samping yang memperparah kondisi jerawat. Bahan-bahan alami bisa menjadi alternatif untuk mengobati jerawat dan yang terpenting, tidak menimbulkan efek samping.

1. Gunakan Lemon


Source: Pompi

Beberapa tetes air lemon bisa membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat. Asam pada lemon akan menimbulkan sedikit rasa geli dan perih, namun proses tersebutlah yang akan membunuh bakteri-bakteri dalam jerawat.

Pilih buah lemon yang masih segar. Peras airnya, kemudian gunakan kapas dan masukan ke dalam air perasan lemon. Tempel-tempelkan ke bagian yang berjerawat. Lakukan langkah tersebut satu jam sebelum tidur. Biarkan semalaman. Pagi hari, bersihkan wajah dengan air hangat. Sayangnya, bagi Anda yang mengalami kulit sensitif, treatment ini perlu dihindari karena dapat menyebabkan iritasi.

2. Gunakan Campuran Madu dan Bubuk Kayu Manis


Source: Stevepb

Siapkan dua sendok makan bubuk kayu manis. Kemudian, campur dengan madu secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta. Sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu membersihkan wajah. Lalu, aplikasikan pasta bubuk kayu manis dan madu pada bagian yang berjerawat. Biarkan semalaman, agar Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal. Dan pagi hari, jangan lupa untuk mencuci muka. Lakukan secara rutin agar jerawat dapat kabur seketika.

3. Gunakan Bawang Putih


Source: Stevepb

Bawang putih dikenal mengandung banyak zat anti bakteri yang dapat berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat. Karenanya, bawang putih banyak digunakan sebagai bahan alami yang paling sering digunakan sebagai obat jerawat.

Menjadikan bawang putih sebagai bahan untuk mengusir jerawat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, ambil beberapa siung bawang putih. Haluskan. Ambil airnya. Kemudian, air bawang putih tersebut bisa langsung diaplikasikan ke jerawat. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mencampur air perasan bawang putih dengan sedikit air dingin sehingga pembengkakan jerawat bisa berkurang lebih cepat. Ketiga, Anda bisa mengkonsumsi langsung bawang putih setiap harinya, selain jerawat hilang, bawang putih juga sangat menyehatkan.

4. Gunakan Uap Panas


Source: Kboyd

Menggunakan uap panas sangat efektif untuk mengempiskan jerawat-jerawat membandel. Uap panas akan membuka pori-pori, memberi kesempatan pada kulit untuk bernafas. Selain itu, uap panas juga akan mengeluarkan kotoran-kotoran, minyak hingga bakteri yang terperangkap pada kulit.

Langkah pertama, siapkan wadah. Masukkan air panas. Arahkan wajah Anda ke uap panas dari air tersebut. Sebelum melakukan langkah tersebut, pastikan Anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu.

5. Gunakan Daun Peppermint


Source: Couleur

Daun peppermint mengandung zat anti bakteri dan anti virus yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab tumbuhnya jerawat. Daun yang biasa digunakan sebagai pelengkap minuman ini juga mengandung menthol yang menyejukkan dan mendinginkan. Sehingga, jika Anda mengaplikasikannya pada jerawat, dapat mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan mencegah timbulnya iritasi.

Untuk penggunaan daun peppermint sebagai obat jerawat, gunaka airnya. Caranya, ambil beberapa lembar daun. Cuci bersih. Kemudian remas-remas hingga keluar airnya. Setelah itu, aplikasikan air perasan tersebut pada jerawat. Biarkan selama 10 menit agar kandungan dalam peppermint dapat meresap dengan baik. Selanjutnya, Anda dapat membasuh wajah dengan air dingin.

6. Gunakan Timun


Source: Krzys16

Timun yang biasa kita konsumsi sebagai lalapan ternyata bisa digunakan untuk mengusir jerawat. Timun mengandung banyak mineral seperti potasium dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E.  Selain itu, salah satu jenis sayuran hijau ini juga memiliki efek menyejukkan yang berfungsi meredakan pembengkakan pada jerawat. Timun sangat recommended sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengiris timun menjadi beberapa bagian. Masukan irisan tersebut ke dalam air. Biarkan selama satu jam. Air tersebut bisa langsung Anda minum. Atau, Anda juga bisa menggunakannya untuk mencuci muka. Cara kedua, timun yang sudah diparut bisa digunakan sebagai masker wajah. Selain dapat menghilangkan jerawat, masker timun bisa melembabkan.

7. Gunakan Tea Tree Oil


Source: Deedster

Akhir-akhir ini, tea tree oil semakin populer sebagai perawatan untuk kulit wajah berminyak bahkan berjerawat. Yups! Tea tree oil memiliki kandungan anti bakteri dan anti fungi. Sehingga, jenis minyak ini sangat efektif untuk menyembuhkan jerawat.

Pengaplikasian tea tree oil sangat simpel. Pertama, bersihkan wajah. Keringkan. Kemudian, oleskan tea tree oil pada jerawat. Gunakan cotton bud atau kapas saat mengoleskan tea tree oil untuk menghindari masuknya bakteri ke jerawat.

8. Gunakan Putih Telur


Source: Baljeetmusiccomposer

Menggunakan putih telur juga ampuh untuk mengobati jerawat. Selain itu, putih terus juga bisa sekaligus mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah. Ambil satu butir telur. Pisahkan dari kuningnya. Lalu, gunakan cotton bud untuk mengoleskan putih telur tersebut pada jerawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus menunggu hingga satu jam agar putih telur dan kandungan di dalamnya meresap dengan sempurna.

9. Perbanyak Minum Air Putih


Source: Saramukitza

Meminum air putih mungkin terdengar sangat sangat sederhana. Tetapi jangan salah. Air putih sangat manjur untuk menghilangkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat. Air putih bisa mendetoksifikasi racun-racun dalam tubuh. Memperbanyak meminum air putih juga memperlancar metabolisme tubuh. Untuk itu, minum air putih sebanyak 10 hingga 12 gelas setiap hari. Selain mengobati, metode ini juga dapat mencegah jerawat datang kembali.

10. Gunakan Garam Laut


Source: Maxknoxvill

Membersihkan wajah tidak cukup hanya dengan membasuh dengan air dan menggunakan pembersih muka. Setiap minggu, eksfoliasi pada kulit wajah sangat diperlukan. Proses ini dapat mengangkat kulit-kulit mati, kotoran, dan bakteri yang menyumbat pori sehingga mencegah tumbuhnya jerawat dan membersihkan wajah secara menyeluruh.

Garam laut bisa digunakan sebagai scrub pada wajah. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dan tangan Anda terlebih dahulu. Pijat perlahan dengan garam laut. Lakukan scrub garama laut ini kurang lebih 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit wajah cerah, sehat, dan pastinya terhindar dari jerawat.

Good luck!

Lagi butuh make up artist? Yuk cobain di HelloBeauty.id aja, cool banget!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty