10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Hingga ke Akarnya

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : cuncon

Jerawat dapat timbul karena berbagai penyebab, terutama pada wanita yang sedang mengalami perubahan hormon seperti pada masa ovulasi. Jerawat sebtulnya cukup normal, namun jika seseorang mengalami jerawat, tentunya cukup menyebalkan karena akan mengganggu penampilan. Apalagi jerawat berbentuk cukup besar, berwarna merah, dan merah warnanya, yang sering disebut dengan jerawat batu. Ini dia 10 kiat menghilangkan jerawat batu paling ampuh yang dilakukan dengan bahan alami.

1. Bawang Putih

Source : PublicDomainPictures

Bawang putih bekerja dengan cara mengeringkan jerawat batu, kemudian jerawat yang telah kering bisa mengelupas dengan mudah dari kulit. Selain itu, terdapat sifat antiseptik di dalam bawang putih yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakan bawang putih, haluskan 3-4 siung bawang putih, kemudian bawang putih yang telah lunak digunakan untuk menutupi bagian jerawat bati. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air panas.

2. Kentang

Source : tibari

Daging kentang yang mentah ternyata juga cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat batu. Anda hanya membutuhkan satu buah kentang segar, kemudian cuci dan kupas kulitnya. Iris-iris kentang sedikit tebal untuk ditempelkan menutupi daerah jerawat batu. Anda bisa juga membuat masker kentang dengan cara menghaluskannya menggunakan blender dan menggunakan cairannya untuk digunakan sebagai masker jerawat batu. Apapun cara yang Anda pilih, diamkan kentang menutupi jerawat hingga 30 menit sehingga jerawat batu mengempis.

3. Jeruk Nipis + Kunyit + Madu

Source : Meditations

Madu memiliki kandungan antibakteri yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat batu yang kebanyakan disebabkan oleh bakteri. Jeruk nipis akan menciptakan suasana asam yang tidak disukai bakteri, sementara kunyit juga cukup baik untuk melembutkan kulit. Cara membuat campuran ini mudah saja, gabungkan bubuk kunyit, perasan jeruk nipis, dan madu dalam perbandingan 1:1:1, kemudian aplikasikan untuk menutupi jerawat batu. Pastikan lakukan dengan lembut dan tidak perlu digosok. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

4. Tomat

Source : Couleur

Tomat mengandung vitamin E yang cukup baik untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek pada kulit termasuk jerawat batu. Untuk menggunakan tomat, pilihlah tomat berukuran sedang, kemudian iris-iris tomat. Irisan tomat kemudian digunakan untuk menggosok-gosok jerawat batu yang membandel selama kurang lebih 30 menit. Basuh dengan air setelahnya dan rasakan hasilnya.

5. Mengkudu

Source : strecosa

Mengkudu atau yang di beberapa daerah dikenal dengan nama pace ternyata juga sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu. Kandungan kalium di dalamnya mampu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh, sehingga baik untuk menghilangkan kerawat batu. Pilihlah buah mengkudu yang relatif sudah matang, biasanya ditandai dengan warnanya yang menguning dan daging yang lunak. Kemudian haluskan dan campur dengan gula. Saring dengan menggunakan kain perca dan didihkan air perasannya. Konsumsi jus mengkudu ini minimal 3 kali dalam seminggu untuk penghilangan jerawat batu secara cepat.

6. Putih Telur dan Madu

Source : Pezibear

Telur sangat kaya akan kandungan protein yang dapat mengecilkan pori-pori sehingga mengeluarkan bakteri dan minyak penyebab jerawat. Sementara madu sudah tidak asing lagi manfaatnya bagi kulit. Untuk mengobati jerawat batu, ambil satu butir telur dan pisahkan bagian putihnya, campurkan dengan 3 sdm madu, kemudian  gunakan campuran ini untuk dioleskan pada jerawat batu setelah selesai mandi, hingga bagian kulit di sekitarnya terasa kaku. Bilas dengan air hangat hingga bersih dan nikmati kulit bebas jerawat Anda.

7. Mahkota Dewa

Source : Josch13

Mahkota dewa merupakan salah satu tumbuhan herbal yang biasa ditanam sebagai apotek hidup. Daun mahkota dewa juga sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat batu yang membengkak, karena mengandung zat anti peradangan pada seluruh bagiannya termasuk daun dan akar. Untuk memakai daun mahkota dewa, haluskan 5-6 helau daun dan gunakan pasta daun mahkota dewa untuk menutupi bagian jerawat batu setelah mandi selama kira-kira setengah jam.

8. Baking Soda

Source : evitaochel

Tidak hanya bermanfaat untuk memasak kue, baking soda juga cukup ampuh untuk kulit terutama jika Anda menderita jerawat batu. Bahkan penggunaan baking soda juga akan mencegah jerawat menyebar dan mengurangi rasa nyeri akibat pembengkakan jerwat. Campurkan 2 sdm baking soda dengan air hangat hingga berbuih. Kemudian gunakan campuran ini untuk dioleskan ke daerah jerawat batu dan didiamkan hingga 15 menit. Bilas menggunakan air dingin dan rasakan perubahan jerawat batu yang semakin menyusut.

9. Lidah Buaya

Source : Pixeleye

Lidah buaya memang tidak ada habisnya memiliki manfaat bagi rambut dan kulit pada tubuh. Salah satu manfaat lidah buaya adalah dapat menghilangkan jerawat batu. Cara menggunakannya cukup sederhana, Anda tinggal mengambil satu buah lidah buaya, dan ambil gelnya kemudian dioleskan pada bagian jerawat batu. Lakukan selama 15 menit di pagi dan sore hari, jerawat akan mengering setelah hari ke 3 tanpa meninggalkan bekas.

10. Masker Tanah Liat

Source : Pexels

Satu bahan ini juga cukup baik untuk menghilangkan jerawat batu. Dengan mengenakan masker lumpur, kotoran akan lebih mudah tertarik pada kandungan tanah liat, sehingga membuat jerawat cepat kering dan menghilang. Cara membuat masker tanah liat adalah dengan membeli tanah liat untuk perawatan yang banyak dijual di counter kecantikan, kemudian tambahkan sedikit air hangat hingga membentuk adonan yang dapat digunakan untuk memaskeri jerawat.

Demikianlah 10 cara untuk menghilangkan jerawat batu secara alami yang aman serta mudah bagi siapapun yang baru mencobanya.

Jerawat hilang, semua pandangan siap mengarah padamu!

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Beauty, Health