10 Fakta Kehamilan Usia 31 Minggu Yang Perlu Anda Ketahui

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source: Pixabay

Di usia kehamilan 31 minggu, secara umum otak bayi masih berkembang secara pesat. Dengan semakin besarnya janin, semakin besar juga perut ibu yang akan memberikan beberapa dampak fisik yang dialami oleh ibu hamil. Apa saja hal yang terjadi di usia kehamilan 31 minggu? Yuk, simak artikel ini untuk tetap dapat menjaga kehamilan yang sehat di hingga kelahiran!

1. Perkembangan Kelima Indera Bayi

Source: Pexels

Pada usia kehamilan 31 minggu, otak bayi mengembangkan triliun hubungan antar syaraf. Bayi mulai dapat memproses informasi di dalam otaknya; ia mulai dapat mendeteksi cahaya dan mulai dapat menerima informasi dari kelima inderanya. Karena kelima inderanya sudah mulai berfungsi, aroma tubuh ibunya-lah yang menjadi favoritnya karena ia sudah dapat menciumnya saat di dalam perut.

2. Bayi Mulai Dapat ‘Menendang’ dan Menghisap Jempolnya

Source: Pixabay

Di usia kehamilan 31 minggu, bayi telah mampu untuk bersendawa, menggerakkan tangan dan kakinya, serta menelan dan bernapas dengan organnya sendiri. Pada usia kehamilan ini, bayi juga sering menghisap jempol tangannya. Kemampuan menendang, menghisap, serta menelan ini sebenarnya dibutuhkan bayi untuk dapat beradaptasi di lingkungan luar janin setelah ia lahir nanti.

3. Anda Akan Mengalami Pernapasan yang Pendek

Source: Pixabay

Karena semakin membesarnya janin dan perut Anda, maka Anda akan mengalami sesak napas atau pun mengalami proses pernapasan yang pendek. Hal ini karena perut Anda yang membesar mulai mendorong organ tubuh Anda bagian atas sehingga sulit bagi Anda untuk bernapas. Pernapasan yang pendek ini akan berkurang saat kehamilan Anda mulai mendekati kelahiran.

4. Seringnya Frekuensi Buang Air Kecil

Source: Pexels

Pada usia kehamilan 31 minggu, Anda akan semakin sering melakukan buang air kecil karena rahim Anda yang membesar akan lebih menekan kantung urin. Walaupun lebih sering melakukan buang air kecil, jangan lupa untuk tetap sering minum air. Penting pula bagi Anda untuk tidak menahan kencing.

5. Seringnya Mengalami Sakit Kepala

Source: Pixabay

Di usia kehamilan 31 minggu, adalah normal jika Anda terkadang mengalami sakit kepala. Jika Anda mengalami sakit kepala, cobalah untuk beristirahat dari kegiatan yang sedang Anda lakukan dan istirahatkan kaki Anda dengan berbaring atau meluruskannya selama 15 menit.

6. Seringnya Mengalami Sakit Punggung

Source: Pixabay

Semakin besarnya perut Anda akan membuat Anda mengalami sakit punggung. Bagaimana cara mengatasinya? Cobalah olahraga Yoga khusus untuk ibu hamil dan lakukanlah dengan rutin. Olahraga Yoga yang memiliki fokus pada kegiatan stretching akan membuat otot Anda semakin relaks.

7. Sering Mengalami Clumsiness

Source: Pexels

Clumsiness atau kecerobohan yang sering Anda lakukan saat hamil di usia 31 minggu disebabkan karena adanya perubahan postur tubuh karena perut yang makin membesar dan menurunnya konsentrasi. Lebih berhati-hatilah saat berjalan di lantai yang licin atau di kamar mandi agar Anda tidak terjatuh.

8. Berkurangnya Volume Otak Pada Ibu

Source: Pixabay

Di trimester ketiga kehamilan Anda, Anda akan mengalami sulitnya mengingat dan menurunnya konsentrasi. Hal tersebut disebabkan karena berkurangnya volume otak Anda. Namun, tidak usah khawatir karena sel-sel otak Anda akan kembali normal setelah Anda melahirkan. Tulislah hal-hal penting di dalam agenda harian Anda untuk membantu Anda mengingat beberapa hal yang harus Anda lakukan sehari-hari.

9. Tidak Nyenyak Saat Tidur

Source: Pixabay

Kaki yang kram, seringnya buang air kecil, dan seringnya mengalami kecemasan akan membuat Anda tidak nyenyak saat tidur. Jika Anda mengalami masalah saat tidur, diskusikanlah dengan orang-orang terdekat Anda sehingga mereka dapat memahami dan membantu Anda mendapatkan solusi.

10. Meningkatnya Frekuensi Tidur Bayi

Source: Pixabay

Jika Anda mengalami tidur yang tidak nyenyak, maka berbeda dengan bayi yang justru mengalami perpanjangan periode tidur. Pada kehamilan di usia 31 minggu, selain berkembang pesatnya otak bayi, pola tidurnya pun meningkat. Mungkin, Anda menyadari bahwa pada masa ini bayi akan lebih sering diam karena ia lebih lama tertidur.

Dengan banyaknya perubahan yang terjadi secara fisik di usia kehamilan 31 minggu, maka siapkanlah diri Anda untuk menghadapinya. Perbanyaklah istirahat jika Anda merasa lelah dan jagalah pola makan dengan makanan yang sehat dan penuh nutrisi.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Health, Pregnancy