Ingin Tubuh Selalu Bugar? 10 Makanan Sehat Ini Wajib Anda Konsumsi

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : Army Medicine

Gaya hidup sehat kini selalu menjadi hal nomor satu yang diinginkan setiap orang. Hidup sehat harus dimulai dari muda. Anda harus mengonsumsi makanan sehat yang menjadi obat bagi jaringan di dalam tubuh, jika ingin menghindari obat sebagai makanan di usia lanjut. Ingin tahu apa saja makanan sehat yang aman untuk semua orang? Mari simak ulasan berikut:

1. Apel

Source : Carriagehouse2011

Dalam sebuah peribahasa, disebutkan bahwa satu buah apel dalam sehari akan menjauhkan Anda dari doker. Memang benar, karena buah yang kaya akan kandungan air ini juga mengandung serat, vitamin C, dan berbagai macam antioksidan yang diperlukan tubuh. Memakan buah apel juga cukup mengenyangkan, sehingga seringkali para wanita yang sedang menjalani program diet hanya memakan buah apel di malam hari.

2. Lemon

Source : Hans

Satu buah lemon dapat memenuhi kebutuhan vitamin C manusia dewasa dalam sehari. Dengan terpenuhinya vitamin C, maka kadar kolesterol baik dalam darah pun meningkat, juga tulang-tulang Anda akan menguat. Lemon juga mengandung zat flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan dapat berfungsi sebagai zat anti-peradangan. Tidak heran bahwa kebanyakan penyakit dapat disembuhkan dengan mengonsumsi perasan lemon.

3. Brokoli

Source : Meditations

Sayuran hijau yang satu ini sangat kaya akan vitamin K dan vitamin C. Siapa yang menyangka bahwa seporsi sayuran brokoli sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C dan K manusia. Kedua vitamin tersebut adalah vitamin yang sangat penting untuk membangun tulang yang kuat. Jadi jika tidak ingin terkena berbagai penyakit tulang, yuk rajin-rajin mengonsumsi brokoli.

4. Kentang

Source : Couleur

Sumber karbohidrat yang satu ini dapat mengandung sekitar 66 mg folat, zat yang berfungsi sebagai pembangun sel. Jumlah ini hampir setara dengan folat yang dikandung dalam bayam atau brokoli, sehingga mengonsumsi kentang pun sangat menyehatkan. Terdapat kiat khusus untuk mengonsumsi kentang, yaitu dengan membiarkannya dingin terlebih dahulu sebelum dimakan, karena berdasarkan beberapa penelitian hal tersebut dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sekitar 25%.

5. Salmon

Source : gesztenyes

Kandungan paling penting yang terdapat dalam ikan yang kerap menjadi bahan utama masakan Jepang ini adalah asam lemak omega-3, yang berhubungan erat untuk menguranfi resiko terkena penyakit kardiovaskular, jantung, depresi, dan kanker. Selain itu, dalam 3 ons salmon terkandung 50% kebutuhan harian seseorang akan niasin, yaitu zat yang membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer serta penurunan daya ingat.

6. Alpukat

Source : stevepb

Lebih dikenal dengan buah yang mengandung banyak lemak, namun jenis lemak yang terkandung di dalam alpukat adalah lemak yang membentuk kolesteril baik. Alpukat juga mengandung penuh kebutuhan serat harian yang dibutuhkan seseorang serta 40% kebutuhan folat harian seseorang, sehingga dapat dikonsumsi untuk mengurangi penyakit jantung. Memakan alpukat sebagai salad dapat meningkatkan penyerapan nutrisi utamanya seperti beta karoten.

7. Bawang Putih

Source : Gadini

Berbau khas ketika ditumis untuk berbagai masakan Indonesia, ternyata bawang putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bawang putih merupakan agen yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri merugikan, termasuk E.coli di dalam tubuh. Selain itu, bawang putih mengandung zat alisin yang bekerja sebagai zat anti peradangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah seseorang.

8. Bayam


Source : Semmel Hade

Sayuran berdaun hijau yang satu ini memang tidak diragukan lagi manfaatnya sebagai makanan sehat. Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan dua komponen penting yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut juga merupakan antioksidan yang meningkatkan sistem imun manusia. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bayam adalah salah satu makanan yang sangat baik dalam mencegah kanker.

9. Kacang-Kacangan

Source : Luciano Belviso

Kacang-kacangan mengandung berbagai mineral dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan empat kali saja dalam seminggu dapat membantu seseorang mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 22%. Semakin gelap warna kacang, maka diduga semakin banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya.

10. Dark Chocolate

Source : LongitudeLatitude

Dark chocolate merupakan cokelat yang dibuat tanpa campuran susu dan lemak nabati. Biasanya lemak yang digunakan adalah lemak dari biji cokelatnya langsung, sehingga harganya pun rata-rata lebih mahal. Dark chocolate juga sangat baik untuk kesehatan. Satu ons dark chocolate sehari dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu terkandung pula flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat.

Itulah tadi 10 macam makanan sehat yang mudah didapat dan dapat Anda konsumsi untuk tubuh yang lebih bugar.

Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Makanan