10 Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit


Source: Congerdesign

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar infused water? Minuman yang diolah dengan mencampurkan bahan-bahan alami (buah, sayur, dan herbal) ke dalam air mineral ini tidak hanya menyengarkan, tetapi juga digadang-gadang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Sehingga tak heran jika infused water menjadi menu favorit bagi para pecinta gaya hidup sehat. Nah, dibawah ini beberapa khasiat dari mengonsumsi infused water. Yuk simak!

1. Memberikan Nutrisi bagi Tubuh


Source: Maxmann

Dibandingkan air putih ataupun produk kemasan sari buah, infused water diklaim lebih banyak memberikan nutrisi bagi tubuh. Tak sekedar mencukupi kebutuhan cairan, tapi Anda juga akan memperoleh beragam manfaat dari kandungan yang ada didalamnya, seperti vitamin, antioksidan, mineral, dan fitonutrien. Umumnya infused water dijadikan pilihan menu harian bagi pelaku diet.

2. Memperkecil Risiko Timbulnya Berbagai Penyakit


Source: Ilmicrofono Oggiono

Perpaduan dari berbagai macam buah dalam infused water dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini dikarenakan sebagain besar buah-buahan kaya akan zat antioksidan yang berguna melawan radikal bebas.

3. Memperlambat Proses Penuaan Kulit


Source: SeaMedia

Dengan mencampurkan berbagai macam buah, seperti lemon, stroberi, atau delima ke dalam infused water dapat memberikan manfaat antioksidan yang jauh lebih besar. Tubuh akan semakin terlindungi dari efek radikal bebas dan produksi kolagen juga meningkat. Dengan demikian, proses penuaan kulit pun akan berjalan lambat. Kulit menjadi lebih halus, lembut dan tampak awet muda.

4. Mencerahkan Kulit


Source: cuncon

Bagi para perempuan yang mendambakan kulit cerah bersinar, infused water bisa menjadi jawaban tepat. Anda bisa memilih buah-buahan yang kaya vitamin C untuk dipadukan dalam infused water (seperti jeruk atau lemon), sehingga nantinya kulit akan ternutrisi dari dalam. Vitamin C berperan baik dalam membantu proses pencerahan kulit. Itulah mengapa vitamin C sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan serum pemutih wajah.

5. Meningkatkan Proses Metabolisme Tubuh


Source: WDnetStudio

Perpaduan air mineral dengan senyawa aktif yang terkadung dalam buah-buahan di infused water dipercaya dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh. Misalnya saja, lemon infused water, minuman ini dikenal efektif dalam membakar lemak dan kalori tubuh. Dengan rutin mengonsumsinya, Anda akan memperoleh tubuh yang sehat sekaligus langsing. Namun ingat, jangan berlebihan ya!

6. Mencegah Dehidrasi


Source: Melissa Hiller

Sebagaimana air putih, manfaat infused water yang paling utama tentu saja mencegah dehidrasi. Kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi sangat berbahaya karena bisa memicu beragam penyakit seperti gangguan pencernaan, ginjal, tekanan darah tinggi, dan sebagainya. Oleh karena itu, jika Anda memang tak terbiasa mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari, sebaiknya imbangi dengan mengonsumsi infused water.

7. Membantu Proses Detoksifikasi


Source: Glass Dharma

Selain menghidrasi tubuh, infused water juga mengoptimalkan detoksifikasi atau pengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sebut saja lemon, buah yang kaya vitamin C ini dikenal tinggi antioksidan dan dapat membantu proses pembersihan racun dari dalam organ hati. Buah lain yang bisa Anda campurkan dalam infused water untuk membantu proses detoks tubuh yakni apel, pir, nanas, dan buah bit.

8. Menyehatkan Pencernaan


Source: Congerdesign

Bagi Anda yang sering sakit perut, kram, atau susah BAB, minuman berisi potongan buah ini bisa membantu menyehatkan sekaligus melancarkan pencernaan. Anda bisa menambahkan jeruk, lemon, pepaya, apel atau jahe untuk membuat infused water yang berperan sebagai pelindung sistem pencernaan.

9. Menjaga Berat Badan Ideal


Source: Mojzagrebinfo

Infused water yang dibuat dari buah-buahan memiliki kandungan kadar gula dan kalori yang rendah. Sehingga efeknya, bisa membantu menekan nafsu makan. Anda akan merasakan kenyang lebih lama dan ngemil pun dapat terhindari. Dengan begitu, berat badan akan terkontrol secara baik.

10. Sumber Energi yang Sehat


Source: Jeffjuit

Daripada mengonsumsi produk-produk minuman benergi, lebih baik jika Anda mengonsumsi infused water. Minuman tinggi vitamin ini dapat memberikan ledakan energi dan memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh. Selain rasanya lebih enak, inflused water juga lebih aman.

Tips Membuat Infused Water

Membuat infused water sangatlah mudah dan tidak memerlukan biaya mahal. Anda hanya perlu menyediakan beberapa macam buah atau sayuran dan sebotol air mineral. Berikut ini tips membuat infused water yang bisa Anda coba!

  • Pertama, siapkan buah yang akan diolah menjadi Infused water
  • Misalnya disini Anda akan membuat Lemon-Orange-Infused Water, maka siapkan lemon dan jeruk nipis
  • Potong buah lemon tipis-tipis berserta jeruk nipisnya
  • Lalu rendam irisan buah dalam sebotol air putih
  • Simpan botol di lemari pendingin
  • Waktu penyimpanan yang disarankan antara 2-24 jam
  • Setelah itu, Anda bisa langsung mengonsumsinya

Oiya, selain memberikan manfaat, infused water juga bisa memberikan efek samping jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Misalnya saja, Anda mengonsumsi lemon-infused water setiap hari, hal ini tidak dianjurkan sebab kandungan asam dalam lemon dapat memicu rasa mulas dan kerusakan enamel gigi. Jadi jangan berlebihan ya! Semoga bermanfaat.

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Kecantikan, Kesehatan