10 Fakta Janin 38 Minggu Yang Perlu Diketahui Oleh Calon Ibu

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

38 WeeksSource: PublicDomainPictures

Selamat datang diminggu-minggu terakhir kehamilanmu.  Wah pastinya Anda sudah tidak sabar menunggu kelahiran buah hati diminggu terakhir ini, Ya! Walaupun sudah punya banyak persiapan menjelang kelahiran sikecil, Bunda tentunya ingin lebih tahu apa sih yang terjadi pada janin dalam minggu terakhir ini? Berikut cintaihidup.com merangkumkan sepuluh fakta mengenai janin 38 yang penting untuk diketahui.

1. Ukuran Sepanjang Tangkai Daun Bawang

Source : Pumuki111

Ingin tahu sebesar dan sepanjang apa ukuran janin diperut Anda saat usia kehamilan 38 minggu? Perlu diketahui bahwa ukuran bayi Anda kini telah sepanjang tangkai daun bawang. Berat janin telah mencapai sekitar 3,2 kilogram dan panjangnya telah mencapai sekitar 60cm. rahim Anda sudah tak punya banyak ruang untuknya sehingga kakinya dan tangannya akan melipat didalamnya.

2. Otak Sudah Terkoneksi Sempurna

Source : Geralt

Menjelang hari kelahiran, janin berusia 38 minggu telah memiliki otak yang sempurna artinya otak sang jani n telah terkoneksi pada semua sistem saraf dalam tubuh dan mampu mengatur kerja organ-organnya sendiri. Jika bayi dilahirkan pada minggu ini maka ia sudah mampu hidup dengan baik diluar tubuh ibunya.

3. Pigmen Mata Masih Dapat Berubah

Source : Public Domain Pictures

Fakta menarik yang bisa diketahui diminggu ke 38 ini adalah warna iris mata bayi yang belum sempurna dan masih bisa berubah setelah ia lahir nanti. Jika bayi Anda lahir dengan mata berwarna abu-abu atau biru jangan heran dulu karena memang mata bayi masih kekurangan pigmen pada saat itu. Setelah beberapa bulan warna mata bayi akan berubah menjadi biru gelap, coklat maupun hijau namun warnanya tidak akan menjadi lebih terang.

4. Paru-paru Menghasilkan Lebih Banyak Surfaktan

Source : Open Clipart Vectors

Paru-paru bayi yang berusia 38 minggu sudah terbentuk dengan sempurna dan itu akan membuatnya mampu bernafas dalam rahim Anda. Dalam minggu terakhir kehamilan, paru-paru bayi akan menghasilkan lebih banyak surfaktan atau zat yang mencegah paru-paru saling menempel didalam rongga dada. Zat surfaktan inilah yang juga akan membantu bayi bernafas ketika ia baru dilahirkan nanti.

5. Membuatmu Susah Tidur

Source : Pedro Serapio

Janin yang ada dalam rahim Bunda kini akan membuatmu sedikit kesulitan untuk tidur dimalam hari. Hal ini banyak disebabkan karena banyak faktor mulai dari berat bayi yang semakin berat, gerakannya yang semakin aktif dan perasaan cemas sang ibu mengingat dirinya bisa melahirkan kapan saja. Cobalah untuk sedikit tenang dimalam hari dan jika sulit tertidur mintalah seseorang untuk memijat tubuhmu sebelum tidur.

6. Kebocoran Kolostrum

Source : Zerocool

Hal yang sering terjadi diminggu terakhir kehamilan terutama diminggu ke 38 adalah kebocoran kolostrum. Kolostrum sendiri adalah cairan yang berwarna kekuningan yang keluar dari payudara calon ibu sebagai tanda bahwa kini payudaranya telah berisi air susu. Kolostrum ini kaya akan protein, sedikit lemak dan gula serta mengandung banyak senyawa immunoglobulin atau komponen kekebalan tubuh yang akan sangat bermanfaat bagi bayi jika ia lahir nanti. Jika mengalami kebocoran kolostrum, gunakan bra yang memiliki pad atau busa agar tidak membasahi pakaian Anda.

7. Gerakan Sangat Terasa Dan Aktif

Source : Raineer Maiores

Bersiaplah untuk menerima tendangan dan respon aktif dari sang bayi menjelang masa kehamilannya. Tangan dan kakinya yang telah kuat kini mampu memberikan Anda tendangan yang cukup mengejutkan. Gerakan bayi yang semakin aktif adalah tanda bahwa janin Anda dalam kondisi normal. Sebaliknya jika bayi tidak banyak bergerak dan cenderung terlalu pasif sebaiknya segera periksakan ke dokter karena bisa jadi terjadi masalah pada kandungan Anda.

8. Bisa lahir Kapan Saja

Source : Jakobking85

Bayi atau janin yang Anda kandung saat ini bisa lahir kapan saja diantara rentang waktu 38 hingga 42 minggu. Jadi sebaiknya diminggu terakhir ini Bunda lebih mempersiapkan diri menjelang kelahiran dan mintalah keluarga untuk tetap waspada saat menjaga Anda. Posisi janin dalam rahim Bunda saat ini juga sudah berada diperut bagian bawah dan ia hanya sedang menunggu waktu untuk keluar dari rahim secepatnya.

9. Detak Jantung Cukup Tinggi

Source : Medical Prudens

Detak jantung bayi mulai usia 38 minggu cukup tinggi yakni 120 hingga 160 detak jantung permenitnya. Hal ini bisa diketahui dari pemeriksaan kandungan rutin maupun penampakan pada USG. Jadi jangan bingung dan panik jika mengetahui jantung bayi Anda berdetak lebih kencang dari jantung Anda sendiri.

10. Janin Cegukan

Source : Fred Aquino

Janin yang ada dalam kandungan Bunda saat ini sudah bisa cegukan, lho! Setalah usianya mencapai 38 minggu, ia akan semakin banyak berlatih bernafas dan apabila ia tak sengaja menghirup cairan amnion atau ketuban, ia akan mengalami cegukan untuk pertama kalinya. Menariknya lagi, Bunda juga bisa merasakannya juga saat bayi sedang cegukan didalam perut.

Itulah fakta-fakta yang bisa diketahui dari bayi yang ada dalam kandungan usia 38 minggu. Jika kandungan Bunda sudah mencapai usia ini sebaiknya lebih waspada dan bersiap sebelum kelahirannya, Ya! “Don’t be afraid dan just enjoy Your Last Week Of Pregnancy, Mom!”

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Pregnancy