Lakukan 10 Hal Ini Untuk Mendukung Anak Sekolah

By |2018-11-08T02:00:00+00:00January 26th, 2017|Family|Comments Off on Lakukan 10 Hal Ini Untuk Mendukung Anak Sekolah

Source : janeb13

Punya anak yang masih duduk di bangku sekolah? Artinya anak sedang dalam proses belajar dan berkembang menjadi orang yang berpendidikan. Untuk mendukung kegiatan anak sekolah, sebagai orangtua Anda seharusnya melakukan 10 hal berikut :

1. Bangun Hubungan Dengan Gurunya

Source : jsoto

Guru merupakan orangtua anak di sekolah, karena anak bisa menghabiskan hingga seperempat harinya di sekolah. Tanpa adanya guru, tidak ada yang mendidik anak sekolah. Cobalah untuk paling tidak membangun hubungan baik dengan wali kelas anak di sekolah. Tanyakan berbagai program yang disediakan sekolah serta berbagai aturan yang harus dituruti. Hadiri setiap pertemuan orangtua sehingga Anda tidak ketinggalan berbagai informasi.

2. Kenali Bagian Sekolah Anak

Source : tpsdave

Jika Anda berkesempatan datang ke sekolah anak, cobalah memperhatikan detail-detail letak ruangan seperti kelas anak, kantin, lapangan olahraga, aula, ruang guru, dan UKS sehingga ketika anak memiliki cerita untuk dibagikan di rumah, Anda sudah bisa membayangkan latar tempat cerita anak. Beberapa sekolah kini juga sudah memiliki website tersendiri untuk menginfokan berbagai jadwal penting seperti waktu pembagian rapot, ujian, atau pertemuan orang tua. Cobalah untuk secara rutin mengecek website sehingga tidak tertinggal info.

3. Ciptakan Suasana Kondusif Belajar di Rumah

Source : White77

Anak sekolah tentunya memiliki pekerjaan rumah yang harus dikerjakannya hampir setiap hari. Untuk itu, cobalah untuk menciptakan suasana kondusif untuk anak belajar di rumah. Coba perhatikan apakah ruang belajar anak cukup terang dan nyaman. Dukung pula anak mengerjakan pekerjaan rumahnya hingga selesai secara teratur. Jangan bantu anak mengerjakan Prnya jika ia belum berusaha dengan maksimal.

4. Berangkat Sekolah Siap Belajar

Source : keulefm

Untuk mendukung aktivitas anak di sekolah, selalu pastikan anak berangkat ke sekolah dengan kondisi sudah siap untuk belajar. Di pagi hari usahakan selalu menyiapkan sarapan untuk anak. Anak yang rajin sarapan akan memiliki energi yang cukup untuk menerima pelajaran. Jangan lupa untuk menyiapkan menu sarapan yang sehat sebelum anak sekolah, sehingga nutrisi anak pun tercukupi untuk belajar.

5. Ajari Anak Sekolah Memanajemen Waktunya

Source : DariuszSankowski

Waktu bersekolah adalah waktu untuk belajar memanajemen waktu. Jika anak sudah bisa pandai mengorganisir waktunya, maka ia akan lebih pandai mengatur waktu untuk bermain dan belajar. Cobalah ajarkan anak untuk memiliki agenda sendiri untuk mencatat berbagai macam tugasnya, sehingga ia tidak lupa dan selalu mengingat apa-apa yang harus dikerjakannya.

6. Luangkan Waktu Mengobrol dengan Anak

Source : tookapic

Anak menghabiskan waktunya sekitar seperempat hari berada di sekolah. Tentunya untuk waktu selama itu, anak memiliki bermacam-macam cerita tentang pelajaran, guru, dan teman-temannya, serta mengenai hal-hal menarik yang ia temui di sekolah. Untuk itu cobalah untuk meluangkan waktu sebentar untuk mengobrol dengan anak sekolah  tentang pelajaran apa yang ia sukai, siapa guru favoritnya, dan siapa teman dekatnya.

7. Jangan Sampai Absen

Source : sasint

Walaupun tubuh tidak mungkin 100% fit sepanjang tahun, namun baiknya Anda menghindari agar jangan sampai anak tidak masuk sekolah tanpa keterangan atau absen. Walaupun masih usia sekolah, beberapa kali absen akan membuat anak kesulitan mengejar ketertinggalan pelajaran, ketinggalan info mengenai pekerjaan rumah, ujian, dan sebagainya, sehingga cukup berpengaruh bagi nilainya kelak. Cobalah telisik lebih jauh jika anak enggan berangkat ke sekolah, apakah ada masalah dengan teman-temannya, atau tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik.

8. Menjadi Orangtua Yang Aktif di Sekolah

Source : Miloslav_Ofukany

Untuk memantau anak sekolah, Anda bisa juga ikut serta aktif di sekolah anak untuk membentuk kelompok orangtua yang anaknya satu sekolah dengan anak Anda. Cobalah untuk membentuk kegiatan khusus seperti arisan atau membuka koperasi di sekolah, sehingga Anda juga bisa lebih sering melihat anak sekolah serta dikenal oleh semua guru di sekolah.

9. Pahami Aturan Sekolah

Source : sasint

Setiap sekolah tentunya memiliki berbagai aturan yang harus ditaati oleh semua penghuni sekolah. Tuntun anak untuk memahami aturan sekolah, sehingga ia tidak melakukan pelanggaran yang dapat membuatnya terkena masalah dari mulai hukuman hingga skorsing. Cermati pula apakh sekolah memiliki aturan ketat mengenai bullying yang sering terjadi oleh para senior-senior anak sekolah.

10. Ajarkan Anak Belajar Efektif

Source : MasterStudio

Anak sekolah biasanya masih terbagi pikirannya antara belajar dan bermain. Oleh karena itu, cobalah untuk mengajarkan anak untuk belajar efektif dan membagi waktunya dengan baik, terutama ketika belajar dengan ujian. Ajarkan anak cara mencatat yang efektif sehingga ia bisa mengulangi pelajaran di rumah. Ajarkan pula bagaimana cara bekerja kelompok dengan baik.

Demikianlah 10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung anak sekolah. Selamat menjadi orangtua terbaik anak sekolah!