Lagi Jalan-Jalan Ke Malaysia? 10 Makanan Malaysia Ini Wajib Kamu Coba!

By |2018-11-07T20:13:48+00:00February 4th, 2017|Culinary|Comments Off on Lagi Jalan-Jalan Ke Malaysia? 10 Makanan Malaysia Ini Wajib Kamu Coba!

MalaysiaSource: Alpha

Saat mengunjungi sebuah tempat wisata baik di luar maupun di dalam negeri, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi masakan khas dari tempat tersebut. Malaysian salah satunya, negara yang masih serumpun dengan negara tercinta kita Indonesia ini juga memiliki makanan lezat yang cukup populer diantara para wisatawan. Karena masih serumpun, makanan Malyasia pun memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan makanan khas Indonesia. Berikut diantaranya 10 makanan Malaysia yang wajib kamu cicipi.

1. Sambal Udang


Source: Stu_pivack

Seperti namanya makanan Malaysia yang satu ini merupakan olahan dari udang yang dicampurkan dengan sambal yang terbuat dari belacan atau sering disebut terasi oleh orang Indonesia. Rasa pedas khas sambal dengan aroma belacan sangat mendominasi makanan Malaysia ini.  Hidangan satu ini sangat cocok jika di makan dengan nasi putih hangat, hingga pastinya akan susah buat kamu berhenti makan.

2. Roti Canai


Source: D Coetzee

Makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu ini dibuat setipis mungkin kemudian di panggang dalam tungku khusus dan biasanya di hidangkan bersama dengan kari. Makanan ini dibawa oleh orang-orang India yang menetap di Malaysia sehingga begitu terkenal dan akhirnya menjadi salah satu makanan Malaysia yang cukup digemari. Roti canai sendiri bisa dinikmati kapan pun, baik pagi siang sore bahkan malam.

3. Teh Tarik


Source: Sharonang

Minuman hangat yang terbuat dari teh hitam yang dengan campuran susu ini juga cukup familiar di Indonesia, keunikan minuman ini berada di bagaimana caranya minuman ini dibuat. Meski begitu tentu menikmati di negara asalnya pasti akan meninggalkan kesan dan rasa yang berbeda. Makanan malaysia ini bisa kita temui dimana saja terutama di pinggir jalan karena cukup populer di tengah masyarakat Malaysia sendiri.

4. Mee Siam

MeeSiamSource: wikipedia

Mee siam merupakan salah satu makanan Malaysia yang masih orisinal dengan kata lain belum terpengaruh dengan budaya lain yang juga berkembang di Malaysia. Makanya makanan yang satu ini di sebut-sebut sebagai The Trully Malaysia. Makanan Malaysia ini terbuat dari bihun yang dimasak dengan kuah santan kental hingga mengering dengan rasa gurih yang khas. Dengan tambahan aneka sayuran seperti tauge dan udang, telur atau daging serta taburan daun bawang dan sedikit perasan jeruk nipis yang akan memberikan rasa segar.

5. Nasi Lemak


Source: Sham Hardy

Nasi lemak di Malaysia sudah seperti nasi uduk atau nasi pecel kalau di Indonesia, sebegitu populernya makanan Malaysia yang satu ini bisa dikatakan sebagai makanan nasional Malaysia. Nasinya yang dimasak dengan santan persis nasi uduk, dengan tambahan lauk pauk yang cukup lengkap. Seperti ayam yang dimasak dengan bumbu lengkap, telur rebus tambahan sambal. Rasa Makanan Malaysia ini tak jauh beda dengan Indonesia, dan pastinya bener-bener cocok dilidah.

6. Rojak


Source: Stu_pivack

Rojak memang memiliki sebutan yang hampir mirip dengan rujak di Indonesia, dan di Malaysia sendiri rojak memiliki makna campuran. Makanan ini terbuat dari beragam campuran banyak bahan, seperti tauge, sayuran hijau, mentimun, tahu dan juga sotong dengan di siram dengan bumbu gula merah dan ditaburi dengan kacang tanah yang ditumbuk kasar. Salah satu makanan Malaysia ini sangat populer karena rasanya yang khas dan juga menyehatkan.

7. Char Kuey Tiaw


Source: Malaysia Kitchen

Kalau di Indonesia populer mungkin makanan Malaysia ini seperti kue tiaw, sejenis mi pipih yang dimasak dengan tambahan sayuran, tauge, udang telur dengan kecap asin dan juga bumbu-bumbu lainya. Dahulunya salah satu makanan Malaysia yang cukuppopuler ini dimasak dengan menggunakan minyak babi. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan juga penduduk Malaysia sendiri yang juga mayoritas muslim, saat ini minyak yang digunakan telah di ganti dengan minyak biasa.

8. Nasi Ayam Hainan


Source: Naotake Murayama

Makanan yang satu ini di seperti namanya memang asalnya dari daerah Hainan di China, dibawa oleh orang cina yang pergi merantau. Rasa dari nasi ayam hainan ini sendiri telah banyak di pengaruhi oleh lidah orang Malaysia, sehingga rasanya akan sedikit berbeda dari nasi ayam hainan yang ada di China atau daerah lainnya. Salah satu makanan Malaysia ini juga wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Malaysia nanti.

9. Kari Laksa


Source: Alpha

Seperti kebanyakan makanan Malaysia lain yang dipengaruhi budaya adat masyarakatnya yang kental, kari laksa ini kental dengan bumbu rempah karinya yang kuat. Seperti halnya makanan Malaysia dari keluarga laksa, kari laksa ini dimasak dengan kuah kari yang kental dengan tambahan toping yang cukup beragam, seperti potongan ayam, telur rebus sayur-sayuran juga tambahan sambal belacan yang tak pernah ketinggalan.

10.Pasembur


Source: Fitri Agung

Pasembur merupakan makanan yang diperkenalkan oleh orang muslim India yang tinggal dan menetap di Malaysia, makanan Malaysia ini sering dijajakan dipinggir jalan. Makanan Malaysiayang satu ini dibuat dari kentang rebus, dan beragam seafood goreng seperti udang dan juga kepiting yang telah dipotong-potong dengan ditambah dengas kuah bumbu yang terbuat dari kacang tanah dengan rasa manis yang khas.

Beberapa makanan Malaysia memiliki tampilan, nama dan bahkan rasa yang hampir sama dengan makanan di Indonesia, ini karena Malaysia dan Indonesia negara yang masih serumpun. Meski begitu, saat berkunjung ke suatu tempat tentu selain lokasinya tentu makanan juga akan memberi kesan tempat yang kita kunjungi. Jadi nikmatilah makanan Malaysia saat berkunjung ke sana!

Enjoy your holiday, Ladies!