Kamu Anak Sulung? 10 Fakta Menarik Ini Perlu Kamu Simak Baik-baik

By |2018-11-07T03:32:03+00:00January 12th, 2017|Family|Comments Off on Kamu Anak Sulung? 10 Fakta Menarik Ini Perlu Kamu Simak Baik-baik


Source: Profile

Sulung ialah sebutan untuk anak yang dilahirkan pertama di dalam sebuah keluarga. Begitu banyak hal menarik yang bisa dikulik mengenai anak sulung. Setiap orang tua pastinya sangat mendambakan memiliki anak yang penurut, pintar dan tidak nakal. Namun pada dasarnya setiap anak memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda apalagi bila berbicara mengenai anak sulung. Berikut beberapa fakta unik mengenai anak sulung yang mungkin saja salah satunya buat kamu bangga jadi anak sulung.

1. Kemandirian


Source: Nadeem1991

Kadang ada seseorang anak bisa begitu mandiri, yang bisa melakukan apa saja tanpa meminta bantuan orang lain. Mungkinkah ia seorang anak sulung? Pertanyaan yang hampir sering dilontarkan, sebab anak sulung identik dengan sifat kemandirian yang tak dimiliki oleh anak yang lahir berikutnya. Secara alami anak sulung yang memiliki adik akan tumbuh sifat kemandiriannya, namun ini pun tak lepas dari pengaruh dan cara didik orang tua.

2. Bossy


Source: Geralt

Hmm.. Dibalik sifat kemandiriannya, anak sulung pun memiliki sifat yang sedikit bossy. Ini karena anak merasa bahwa anak sulung boleh menyuruh maupun memerintah adik-adiknya seperti layaknya seorang bos. Memang banyak orang yang mengeluhkan sifat anak sulung ini, karena suka main perintah semaunya. Namun dibalik sifat anak sulung yang menjengkelkan ini, ternyata merupakan awal dari jiwa seorang pemimpin. Tentunya cara didik orang tua sangat berpengaruh pada sifat anak-anak.

3. Kreatif


Source: White77

Kreatifitas merupakan bakat alami yang dimiliki oleh setiap anak, namun anak sulung memiliki kreatifitas yang lebih dibandingkan yang lain. Ini karena anak sulung seringkali jadi tempat bertanya oleh adik-adiknya atas setiap masalah apapun, jadi mau tak mau membuat anak sulung berpikir lebih kreatif. Sifat ini pun tak jarang terbawa hingga anak sulung beranjak dewasa, tentunya ini perlu bimbingan orang tua agar anak tumbuh dengan kreatifitas yang tidak arah.

4. Mengayomi


Source: Seanakroll

Karena lahir pertama, tak jarang anak sulung pun juga memiliki sifat dan sikap mengayomi adik-adiknya. Sifat tersebut lekat dengan anak sulung, bahkan pada anak kembar sekalipun yang hanya berbeda lahir beberapa menit saja. Ini tak lepas dari sikap orang tua yang selalu mengajari anak sulung untuk menyayangi dan menjaga adik-adiknya. Sehingga sifat mengayomi ini tumbuh seiring waktu.

5. Mendapat Perhatian Lebih


Source: Lonznt

Anak sulung sering sekali mendapat perhatian yang lebih jika dibanding dengan adik-adiknya. Ini karena tak jarang banyak orang tua aatau pasangan menikah menunggu begitu lama untuk memiliki seorang anak, dan ketika anak lahir maka seluruh cinta dan perhatian semua tumpah untuk anak sulung ini. Bahkan setelah memiliki adik sekali pun, anak sulung tetap mendapat .perhatian yang lebih juga tanggung jawab tentunya.

6. Pemberani


Source: AdinaVoicu

Saat adik-adiknya di ganggu oleh anak-anak lain, anak sulung akan berada untuk selalu melindungi adik-adiknya. Naluri ini ada dalam diri anak sulung yang mungkin tak dimiliki anak lainnya. Anak sulung pun lebih berani untuk mengutarakan pendapatnya pada siapa saja, sehingga terkadang anak sulung menjadi sedikit cerewet dan banyak bicara. Ini jugalah yang menumbuhkan sikap berani dan seperti tak punya rasa takut yang dimiliki anak sulung.

7. Daya Tahan Tubuh Lemah


Source: Sasint

Banyak mitos yang mengatakan bahwa anak sulung mudah sekali sakit, ini bukan sepenuhnya mitos. Sebab menurut penelitian para ahli, anak sulung mendapat keadaan ini karena gen turunan dari kedua orang tuannya. Ini mengapa banyak anggapan bahwa merawat anak sulung itu sedikit sulit, karena daya tahan tubuh anak membuat anak sulung mudah sekali jatuh sakit. Namun dengan perhatian lebih dan perawatan yang maksimal tentunya akan merawat anak sulung bukanlah hal yang sulit.

8. Perasaannya Lebih Peka


Source: Unsplash

Karena memiliki adik membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang lebih, inilah sebabnya anak sulung mampu memberikan perhatian yang lebih pada orang-orang disekitarnya. Tak jarang karena sifatnya ini membuat anak sulung menjadi temapat curhat bagi adik-adiknya maupun bagi orang lain yang memerlukan perhatian dari si anak sulung tersebut. Anak sulung pun lebih bijak dalam memberikan nasihat kepada adik-adiknya karena ia memiliki pemikiran yang sedikit lebih dewasa.

9. Penuh Tanggung Jawab


Source: HaiRobe

Tanggung jawab adalah hal yang umum terlihat dimiliki dari anak sulung, sebab ia haus mampu menjaga adik-adiknya maupun bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Namun orang tualah yang sangat berperan untuk hal ini, sebab bila tida diawasi anak sulung cenderung mudah merasa stres dan tertekan. Tentu ini bukanlah hal yang  baik untuk tumbuh kembangnya di masa mendatang bukan? Tetap awasi dan jaga apapun kegiatan anak, supaya tetap aman dan terhindar dari hal buruk.

10. Mudah Belajar


Source: Sasint

Anak sulung merupakan seorang yang cepat sekali mempelajari sesuatu hal, hingga tak jarang ia menjadi lebih pintar dan pandai dari anak yang lain. Sifat ini secara alami dimiliki oleh anak sulung karena orang tua menjadi lebih fokus untuk mengajarinya karena belum memiliki adik. Ini juga yang membuat anak sulung selalu masuk dalam rangking 10 besar disekolahnya dan juga prestasi lainnya, disamping dari dukungan orang tua tentunya.

Anak sulung ataukah bukan, seharusnya tak membuat orangtua membedakan kasih sayang yang diberikan untuk anak-anaknya. Seperti apapun keadaannya anak tetaplah anugerah yang harus disyukuri dan dijaga agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dalam lingkungan.

Jadi, sayangi anak-anak ya, Bunda!