Inilah 10 Tips Aman tentang Sikat Gigi Bayi yang Perlu Anda Ketahui

By |2018-11-07T15:25:20+00:00February 18th, 2017|Family|Comments Off on Inilah 10 Tips Aman tentang Sikat Gigi Bayi yang Perlu Anda Ketahui

Baby teethSource: makelessnoise

Kebersihan mulut memang sangat mempengaruhi kesehatan setiap orang karena jika kebersihan mulut terjaga maka tidak akan ada kuman dan bakteri yang menempel di gigi kita. Sama halnya dengan bayi, gigi bayi juga perlu mendapat perhatian dari para Ibu. Tentu saja sikat gigi bayi tidaklah sama dengan sikat gigi yang digunakan oleh orang dewasa. Struktur gusi dan juga gigi yang belum tumbuh secara sempurna membutuhkan sikat gigi bayi yang lebih lembut tetapi mampu membersihkan gigi dan juga lidah bayi. Anda harus mulai membiasakan bayi anda untuk membersihkan giginya secara rutin setelah erupsi gigi terjadi bahkan saat bayi masih menyusui. Berikut adalah tips aman tentang sikat gigi bayi yang bisa anda gunakan untuk kebersihan gigi bayi anda:

1. Gunakan Finger Toothbrush

Finger toothbrush adalah sejenis sikat gigi bayi yang juga sering disebut dengan sikat gigi jari. Sikat ini terbuat dari bahan silicone yang super lembut sehingga sangat berguna untuk membersihkan gigi bayi yang baru tumbuh dan bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi lainnya. Sikat ini juga tidak akan menyakiti gusi dan mulut bayi karena memang aman digunakan dan mengikuti struktur jari Ibu saat menggunakannya. Selain digunakan sebagai sikat gigi bayi, finger toothbrush juga digunakan untuk membersihkan lidah bayi agar kebersihan mulut bayi selalu terjaga.

2. Menggunakan Kain Kasa

Alternatif lainnya dalam membersihkan gigi bayi adalah dengan kain kasa yang bisa berguna sebagai sikat gigi bayi sehari-harinya. Ingatlah untuk rutin membersihkan gigi bayi karena kebersihan dan kesehatan gigi bayi sejak dini menentukan pembentukan dan pertumbuhan gigi bayi saat dia sudah besar nanti. Kain kasa yang bertekstur lembut bisa anda gunakan untuk membersihkan gigi bayi anda, mungkin bayi anda akan menangis karena tidak terbiasa tetapi lama-kelamaan dia akan mulai terbiasa. Oleskan kain kasa dengan lembut keseluruh permukaan gigi dan gusi bayi, jangan terlalu bersemangat melakukannya, lakukanlah dengan halus agar bayi juga merasa nyaman.

3. Lakukan Secara Rutin Minimal 2 Kali Sehari


Source: tel13588006626

Pembersihan pada gigi bayi dilakukan secara rutin agar tidak menjadi sarang dari kuman dan bakteri dari minuman atau makanan yang masuk ke mulut bayi. Selain melakukan pembersihan gigi perlu juga membersihkan bagian lidah agar bersih dari sisa-sisa makanan yang menempel. Lakukanlah pembersihan gigi pada bayi minimal 2 kali sehari agar gigi bayi berpotensi tumbuh dengan sehat dan juga bersih. Hal ini juga berguna untuk mengajarkan bayi membiasakan diri membersihkan giginya setiap hari.

4. Membersihkan Gigi Bayi Sejak Berumur Di Bawah 6 Bulan


Source: 789083

Walaupun bayi pada umur 0-6 bulan belum mempunyai gigi yang tumbuh, tetapi anda tetap harus menjaga kebersihan mulut bayi dengan cara membersihkannya secara rutin. Lakukanlah setidaknya dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Pada saat bayi berumur di bawah 6 bulan  mungkin bayi hanya mengkonsumsi air susu Ibu atau susu sapi, tetapi tetap saja air susu bisa menjadi sarang kuman dan bakteri di mulut jika tidak dibersihkan. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan dan juga pertumbuhan gigi pada bayi nantinya.

5. Perawatan Gigi Bayi Umur 0-6 Bulan


Source: PublicDomainPictures

Ada perawatan gigi bayi yang khusus saat bayi masih berumus 0-6 bulan. Bayi cenderung belum memiliki gigi yang tumbuh oleh karena itu anda bisa menggunakan kain kasa yang bisa berfungsi sebagai sikat gigi bayi anda. Caranya adalah dengan mencelupkan kain kasa lembut ke dalam air matang kemudian peras, gosokan perlahan keseluruh bagian gigi bayi dan usapkan berulang apabila masih ada sisa makanan yang menempel di gigi bayi. Jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah bayi yang sering menjadi tempat banyak sisa makanan menempel.

6. Perawatan Gigi Bayi Umur >7 Bulan


Source: tooapic

Perawatan gigi untuk bayi berumur di atas 7 bulan berbeda dengan bayi 0-6 bulan. Pada umur 7 bulan ke atas gigi bayi mulai tumbuh gigi pertama dan diikuti dengan gigi susu yang lainnya. Pada masa ini anda juga harus rajin dalam merawat gigi bayi anda dengan tepat. Anda bisa menggunakan finger toothbrush atau kain kasa untuk membersihkan gigi bayi. Jangan khawatir karena toothbrush akan aman bila bersentuhan dengan gigi dan gusi bayi karena struktur sikatnya yang sangat lembut.

7. Mulailah Periksakan Bayi Anda ke Dokter Gigi


Source: PublicDomainPictures

Setelah gigi bayi anda mulai tumbuh secara keseruluhan terutama di bagian depan atas dan bawahnya. Mulai rutinlah untuk membawa bayi anda ke dokter gigi agar giginya terawat dan terkontrol dengan baik. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan pada gigi bayi dan juga bisa terdeteksi pertumbuhan gigi yang tidak baik, jadi dokter gigi akan memperingatkan sejak dini. Tetaplah lakukan pembersihan gigi menggunakan finger toothbrush atau kain kasa apalagi jika bayi anda mulai memakan banyak makanan selain susu.

8. Hindarilah Bayi Mengkonsumsi Makanan Manis Berlebihan


Source: stevepb

Hal yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang dikonsumsi oleh bayi anda, kontrollah asupan makanan mereka jangan sampai memakan makanan manis secara berlebihan. Hal ini akan berdampak pada kerusakan gigi sejak dini jika tidak diperhatikan, makanan manis bisa menyebabkan karies gigi yang akan mempengaruhi pertumbuhan giginya saat sudah besar nanti. Untuk itu jangan biasakan bayi anda memakan makanan manis seperti permen, gula, coklat, dan makanan manis lainnya secara berlebihan.

9. Bayi Akan Mulai Terbiasa Dengan Pembersihan Gigi


Source: PublicDomainPictures

Pembersihan gigi yang anda lakukan secara rutin pada gigi bayi anda dengan menggunakan sikat gigi bayi khusus seperti toothbrush ataupun kain kasa akan membentuk kebiasaan positif bayi nantinya. Mereka akan mengerti dengan sendirinya bahwa kebersihan gigi itu sangat penting dan penting juga untuk menghindari makanan yang manis secara berlebihan. Kebiasaan ini akan sangat berguna bagi perilakunya kelak untuk membangun sikap disiplin terhadap kerbersihan giginya sendiri.

10. Mulai Menggunakan Sikat Gigi Mini Pada Bayi

Jika bayi sudah berumur 2 tahun biasanya mulai akan mengerti untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu misalnya makan, minum, dan juga berjalan sendiri. Anda sudah mulai bisa mengajarinya bagaimana menggunakan sikat gigi mini dan juga pasta gigi yang khusus untuk anak. Ajaklah anak anda memilih warna sikat gigi dan rasa pasta gigi apa yang mereka inginkan, ajarilah cara menyikat gigi yang baik dan benar. Terapkan juga waktu kapan dia harus menyikat giginya setia pagi dan sebelum tidur agar mereka terbiasa dan terbawa sampai mereka dewasa nanti.

Itulah tips aman tentang sikat gigi bayi yang bisa anda lakukan pada bayi anda. Tips ini sangat berguna untuk anda para Ibu muda untuk selalu memperhatikan kebersihan gigi dan mulut bayi sejak dini agar kesehatan dan pertumbuhan gigi bayi tidak terganggu nantinya. Pada setiap umur bayi terdapat beberapa cara dalam merawat giginya dengan bebeda-beda. Hindari bayi anda untuk mengkonsumsi makanan manis secara berlebih yang akan berpengaruh pada kesehatan giginya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dalam memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara merawat gigi pada bayi. Selalu ingat untuk mencintai hidup sehat!