Inilah 10 Manfaat Buah Carica Khas Dieng Untuk Cantik dan Sehatmu

By |2018-11-08T18:55:52+00:00March 19th, 2017|Beauty, Health|Comments Off on Inilah 10 Manfaat Buah Carica Khas Dieng Untuk Cantik dan Sehatmu


Source : Dick Culbert

Jika berkunjung ke daerah Dieng di Wonosobo, Anda tentu akan mendapati banyak oleh-oleh dari bahan dasar buah carica. Nama lain dari buah carica adalah pepaya gunung, dan bentuknya memang menyerupai pepaya. Buah carica merupakan tanaman khas dari Dieng karena tanaman ini cocok tinggal di dataran tinggi basah. Namun tahukah Anda, kalau buah ini selain dapat dioleh menjadi berbagai makanan juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan? Langsung saja kita bahas manfaatnya satu persatu.

1. Menghaluskan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini


Source : Tom Merton

Buah carica dapat menstimulus tubuh untuk membentuk kolagen lebih banyak, yang kita tahu bahwa kolagen sangat baik untuk kulit. Kolagen akan membuat kulit lebih halus dan kenyal, dan mencegah munculnya kerutan wajah. Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah carica dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV. Karena khasiatnya ini, buah carica banyak digunakan sebagai bahan kosmetik dan skin care, lho!

2. Pilihan Makanan Untuk Diet


Source : Public Domain Pictures

Jika Anda bosan dengan menu diet sehat yang itu-itu saja, Anda dapat memasukkan buah carica ke dalam menu Anda. Buah carica mengandung kalsium, vitamin A, dan vitamin C tinggi yang  bagus untuk kesehatan tubuh. Dan jangan lupa untuk mengimbangi diet sehat Anda dengan olahraga yang teratur dan tidur yang cukup di malam hari, ya!

3. Memperkuat dan Menyehatkan Tulang


Source : typographyimages

Kandungan kalsium pada buah carica akan memperkuat tulang Anda, dan menyehatkan dalam jangka panjang. Selain itu, kandungan enzim lisosm dan glicopeptidase B dapat membantu meredakan nyeri punggung, lho! Bagi Anda yang merasakan sakit punggung karena terlalu lama di meja kerja atau aktivitas lainnya, mungkin Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah carica untuk mengatasinya.

4. Mengobati Penyakit Kulit


Source : rhythmuswege

Buah carica ternyata dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Para ahli di Amerika sudah banyak yang mengolah buah carica menjadi obat untuk mengatasi penyakit kulit. Namun sayangnya, di Indonesia sendiri belum dilakukan pengolahan seperti itu dikarenakan teknologi yang masih terbatas. Semoga nantinya negara kita juga dapat memproduksi sendiri obat dari buah carica, ya!

5. Meningkatkan Imun Tubuh


Source : Tina Franklin

Kondisi cuaca dan iklim yang tak menentu membuat banyak penyakit bermunculan dan mengancam kesehatan kita. Yang paling sering menyerang adalah batuk, flu, dan demam. Meskipun bukan termasuk penyakit parah, namun ketiga penyakit itu sangat mengganggu aktivitas, bukan? Karena itu Anda perlu mengkonsumsi asupan bergizi yang dapat meningkatkan imun tubuh, salah satunya adalah buah carica. Kandungan gizi dalam buah carica dapat membantu untuk meningkatkan imun tubuh Anda.

6. Melancarkan Pencernaan


Source : bodymybody

Buah carica mengandung serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan kita. Serat berperan mengikat sisa-sisa makanan yang masuk ke dalam tubuh dan membuat organ pencernaan bekerja lebih baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir sisa makanan itu akan menumpuk di bagian-bagian tubuh tertentu. Anda dapat mengkonsumsi buah carica langsung, bukan yang sudah diolah, untuk mendapatkan manfaat serat yang lebih alami.

7. Mengatasi Sembelit


Source : Ayurvedic India

Jika Anda mengalami sembelit dan mencari pengobatan alami untuk mengatasinya, buah carica dapat menjadi solusi. Kandungan papain dalam buah carica berkhasiat untuk mengatasi sembelit yang menyerang. Selain itu, buah carica juga dapat membersihkan usus karena papain berpran menetralkan pH serta membunuh bakteri dalam usus.

8. Menyehatkan Mata


Source : Public Domain Pictures

Pernahkah Anda merasa mata Anda perih dan pandangan terlihat kurang jelas? Mungkin hal itu karena Anda sering menatap layar komputer atau ponsel, seperti sebagian besar orang masa kini. Sebelum kondisi mata Anda semakin memburuk, Anda perlu mengkonsumsi buah kaya vitamin A. Buah carica adalah salah satu buah yang mengandung vitamin A tinggi dan bagus untuk mata. Buah carica juga dapat mengatasi penyakit rabun senja, lho!

9. Mencegah Pembentukan Batu Empedu


Source : sweetmusic_27

Mungkin Anda sering mendengar tentang batu empedu, yang kerap dikeluhkan dengan sakit perut di bagian tengah. Batu empedu mengganjal saluran empedu dan menimbulkan peradangan yang menyebabkan perut terasa sakit dalam waktu lama, sekitar satu sampai lima jam. Untuk mencegah pembentukan batu empedu, Anda dapat mulai mengkonsumsi buah carica dari sekarang. Buah carica mengandung enzim violaksantin dan caricaksantin yang berperan menekan pembentukan batu empedu dalam tubuh.

10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh


Source : sasint

Buah carica memiliki kandungan vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, maka energi yang dihasilkan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari pun semakin besar. Selain itu, vitamin B kompleks dalam buah carica juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa manfaat buah carica untuk kecantikan dan kesehatan kita. Meski buah ini khas Dieng, tapi sudah banyak lho yang menjual buah carica dimana-mana. Atau mungkin Anda ingin sekalian jalan-jalan ke Dieng, jadi Anda bisa refreshing sekaligus mendapatkan buah carica yang menyehatkan. Selamat mencoba mengkonsumsi buah carica!