Inilah 10 Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

By |2018-11-08T16:44:08+00:00March 27th, 2017|Knowledge|Comments Off on Inilah 10 Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa Anda Lakukan di Rumah


Source : Tina Franklin

Ketika pulang dari kantor dan kelelahan mulai menghinggapi tubuh, tak jarang Anda berpikir untuk berhenti bekerja. Tapi kalau berhenti kerja, dapat penghasilan dari mana? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang muncul di benak Anda. Namun sadarkah Anda, kalau penghasilan tidak hanya didapat dari bekerja di kantor. Anda juga bisa mendapat penghasilan besar dengan melakukan bisnis di rumah. Prospek bisnis rumahan ini tak kalah menjanjikannya dengan pekerjaan yang dilakukan di luar rumah.

Mau tahu apa saja bisnis yang bisa dilakukan di rumah? Yuk langsung saja intip dibawah ini!

1. Bisnis Kue


Source : sharonang

Bisnis kue seakan tidak pernah ada habisnya karena selalu muncul inovasi-inovasi baru. Selain itu, bisnis kue tak pernah sepi peminat karena banyak orang yang menyukai berbagai penganan disamping makanan utama. Jika Anda berminat menggeluti bisnis ini, penting untuk menciptakan berbagai kreasi baru supaya produk Anda tidak monoton. Kreasi baru juga akan lebih menarik perhatian orang, yang mana mereka akan merasa penasaran dan tertarik untuk mencoba.

2. Bisnis Katering


Source : Heinrich-Böll-Stiftung

Bisnis katering memiliki prospek yang menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Anda dapat menawarkan jasa katering di sekolah yang memiliki jam pelajaran sampai sore karena anak-anak pasti membutuhkan makan siang. Jasa katering juga dapat Anda tawarkan pada area perkantoran untuk makan siang atau makan malam ketika lembur. Bisnis ini mungkin awalnya kecil dan ditawarkan melalui relasi, namun jika Anda terus giat dan menekuninya maka tidak menutup kemungkinan bisnis akan menjadi besar. Bisa saja nantinya Anda memiliki perusahaan katering sendiri yang memiliki banyak cabang.

3. Jasa Laundry


Source : CDA

Kesibukan aktivitas sehari-hari membuat orang tidak sempat untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci dan menyetrika. Terlebih lagi di kondisi cuaca yang sering tak menentu akhir-akhir ini, yang tahu-tahu hujan setelah panas seharian dan membuat cucian tidak kunjung kering. Jasa laundry kiloan menjadi jawaban bagi orang-orang yang mengalami hal tersebut. Untuk membuka jasa ini pun tidak begitu sulit dan tak butuh banyak modal. Anda bisa membukanya di rumah, dengan menggunakan mesin cuci dan setrika milik Anda sendiri. Tentunya kalau usaha ini semakin besar, Anda membutuhkan peralatan yang lebih memadai lagi, ya.

4. Membuka Warnet dan Rental Playstation


Source : jarmoluk

Warnet dan rental Playstation (PS) merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Jika Anda perhatikan, warnet yang menyediakan game online dan rental PS tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan tak sedikit warnet yang buka 24 jam. Anda dapat menangkap peluang ini dengan membuka warnet di rumah tanpa modal besar. Yang Anda perlukan hanya beberapa perangkat PC berikut jaringan internet. Dalam menjalankan bisnis ini, sebaiknya Anda memilih jasa internet service provider yang menyediakan internet stabil dan cepat supaya pengunjung selalu betah.

5. Membuka Kursus Keterampilan


Source : nikolabelopitov

Jangan biarkan keterampilan Anda terbuang sia-sia tanpa dimanfaatkan. Di rumah, Anda bisa membuka kursus sesuai dengan keterampilan Anda. Seperti kemampuan bahasa asing, musik, atau pelajaran sekolah. Anda juga bisa membuka kursus keterampilan seperti menjahit dan menenun yang kemudian dapat diberdayakan untuk membuat produk sendiri. Misalnya produk pakaian, tas, bros, dan lain sebagainya.

6. Konter Pulsa


Source : Tumisu

Jika rumah Anda terletak di pinggir jalan yang cukup besar, membuka konter pulsa dapat menjadi pilihan usaha. Pulsa dibutuhkan oleh semua orang yang membuat resiko kerugian lebih kecil. Anda juga dapat menambahkan jasa tambahan pada konter Anda, seperti penjualan token listrik, agen pembayaran tagihan telepon, agen penjualan tiket pesawat dan kereta. Jasa tambahan ini selain menambah keuntungan bagi Anda, juga membuat pengunjung memilih mendatangi konter Anda karena menyediakan berbagai jasa.

7. Bisnis Pakaian


Source : Unsplash

Bisnis pakaian termasuk salah satu bisnis yang tak pernah sepi dan selalu menarik minat orang, terlebih lagi jika ada model pakaian terbaru. Selain itu, pakaian bukanlah barang yang akan membusuk atau basi jika tidak segera dipakai sehingga jangka waktunya lebih panjang. Jika Anda berminat menggeluti bisnis ini, sebaiknya Anda menentukan akan berfokus pada bisnis pakaian apa. Misalnya khusus pakaian muslim dan jilbab, atau pakaian anak-anak. Menjual berbagai jenis pakaian sekaligus tidak selalu baik karena justru akan membuat Anda kerepotan dan tidak fokus.

8. Membuka Salon Kecantikan


Source : Positive_Images

Jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang tata rias dan perawatan wajah, mungkin bisnis satu ini bisa menjadi piliihan. Anda dapat membuka salon kecantikan di rumah yang menyediakan jasa perawatan wajah dan make up. Selain itu, Anda juga bisa meluaskan bisnis Anda dengan mengadakan kelas make up bagi orang yang tertarik mempelajarinya. Dan jangan salah, bidang ini banyak peminatnya, lho!

9. Bisnis Budidaya Tanaman


Source : Skitterphoto

Kalau Anda suka bercocok tanam dan menghias halaman rumah Anda, mengapa tidak menjadikannya sebagai bisnis. Anda dapat memilih tanaman tertentu untuk dikembangkan dan dibudidayakan untuk kemudian dijual. Sekarang juga banyak tempat yang menyediakan bibit tanaman sekaligus mengajarkan cara membudidayakannya, sehingga Anda dapat mengembangkan sendiri. Jadi selain sebagai hobi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari budidaya tanaman itu. Menyenangkan, bukan?

10. Membuka Tempat Penitipan Anak


Source : Mark Baylor

Banyaknya jumlah ibu yang bekerja membuat kebutuhan akan tempat penitipan anak meningkat. Mereka tidak selalu memiliki keluarga yang dapat dititipi anak ketika bekerja, atau menggaji babysitter. Anda dapat membuka tempat penitipan anak atau daycare yang dapat membantu permasalahan para ibu. Bagi Anda yang suka anak kecil, tentunya juga akan menjadi hiburan tersendiri bercengkrama dengan anak-anak yang lucu dan menggemaskan, bukan?

Itulah beberapa bisnis rumahan yang dapat Anda terapkan. Sebaiknya Anda memilih bisnis yang sesuai dengan minat agar lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis. Dan apapun bisnis yang Anda pilih, jangan lupa untuk terus bekerja keras dan membuat inovasi-inovasi baru dalam menjalankan bisnis. Keep going and stay creative!